banner-detik

ancient of beauty

Cengkih, Tanaman Asal Maluku Utara yang Bagus untuk Merawat Kulit!

seo-img-article

Selain bisa diandalkan sebagai bumbu masakan, ternyata cengkih juga bisa bantu merawat kulit kamu, lho!

Indonesia memang punya banyak kekayaan alam yang bisa diolah jadi hal yang bermanfaat. Salah satu yang nggak disangka-sangka bisa bermanfaat untuk banyak hal adalah tumbuhan cengkih. Yup, cengkih merupakan tanaman khas Maluku Utara yang sering dipakai sebagai bumbu masakan. Namun, nggak hanya itu, cengkih juga ternyata bagus untuk merawat kulit, lho. Penasaran kan, sebenarnya apa saja manfaat cengkih dan gimana sejarahnya? Yuk, simak artikel ini!

Baca juga: Lebih dari Sekadar Kota, Yogyakarta Punya Budaya dan Tradisi Kecantikan yang Menarik!

Sejarah cengkih

cengkih untuk merawat kulit

Tahu nggak sih, ternyata cengkih adalah salah satu rempah asli Indonesia yang sangat diinginkan oleh bangsa Eropa. Itu karena cengkih punya sederet manfaat, mulai dari menjadi bumbu untuk masakan, hingga digunakan sebagai obat. Nah, cengkih sendiri memang berasal dari Kepulauan Maluku, tepatnya di Maluku Utara. Pohon cengkih tertua di dunia pun berada di Kepulauan Maluku, lho.

Sebelum marak digunakan untuk skincare maupun bumbu masakan, cengkih pertama kali dijadikan penyegar napas. Kemudian, setelah itu cengkih diandalkan sebagai obat untuk menghangatkan tubuh, antiseptik, hingga melancarkan pencernaan. Bahkan, cengkih juga dijadikan salep untuk mengatasi rasa gatal.

Baca juga: Mengenal Boh Gaca, Tradisi Kecantikan Aceh untuk Pengantin Perempuan sebelum Menikah!

Ini dia manfaatnya untuk kulit!

cengkih untuk merawat kulit

Satu hal yang istimewa dari cengkih adalah seluruh bagian tanamannya bisa menghasilkan minyak yang bermanfaat, salah satunya untuk kulit. Pada bagian bunganya, terdapat senyawa eugenol yang kaya akan antioksidan. Dengan begitu, cengkih dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya buat kulit dan bisa bantu mengurangi tanda-tanda penuan, seperti kerutan dan garis halus.

Selain itu, cengkih juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, sehingga bisa menenangkan jerawat dan bantu melawan bakteri penyebab jerawat. Biasanya, skincare dengan kandungan cengkih ini berupa oil yang bisa kamu oleskan di beberapa spot yang terdapat jerawat. Oh iya, buat pemilik kulit kering pun bisa banget mengandalkan karena minyak cengkih bisa bantu melembapkan kulit kering.

Baca juga: Intip Fakta tentang Tengkawang! Tumbuhan asal Kalimantan yang Bikin Tampilan Awet Muda!

Itu dia sejarah dan manfaat cengkih untuk kulit! Ternyata, nggak cuma bisa dipakai sebagai bumbu masakan dan obat, cengkih juga bisa bantu merawat kulit. Gimana nih, kamu tertarik untuk cobain produk yang mengandung cengkih, nggak? Comment, ya!

 

Image: iStock

Slow Down

Please wait a moment to post another comment