banner-detik

ancient of beauty

Beautypedia: Buah Merah, Rahasia Awet Muda Perempuan Papua

seo-img-article

 

Kalau perempuan Jawa punya kunyit dan bengkoang untuk ramuan kecantikan khasnya, perempuan di Papua punya buah merah untuk tampil awet muda lebih lama. Apa manfaatnya?

 

Memiliki nama latin Pandanus conoidus, buah merah merupakan superfruit asal Papua yang menjadi kebanggaan dan andalan masyarakat di sana. Buah yang bentuknya mirip nangka tapi lebih panjang dan berwarna merah ini, sangat kaya akan antioksidan. Untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, masyarakat Papua mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi bahan campuran masakan. Mengingat cuaca di pegunungan Papua sangat ekstrem, mereka juga sering mengoleskan pasta buah merah ke kulitnya sebagai pelindung dan pelembap agar kulit mereka tetap segar dan tampak awet muda. 

 

Manfaat Buah Merah untuk Kecantikan

manfaat buah merah Papua untuk awet muda

Sebenarnya pertemuan pertama saya dengan buah merah ini baru terjadi akhir Oktober lalu di peluncuran brand skincare From This Island. Waktu itu Patricia Davina selaku co-founder, memperkenalkan buah eksotis ini sebagai salah satu star ingredient dari produknya. Yup, that’s how this fruit got me curious

manfaat awet muda buah merah Papua

Kamu tau kan kalau green tea itu terkenal tinggi antioksidan? Ternyata, level antioksidan pada buah merah 128x lebih tinggi dibandingkan yang ada pada green tea! Ini membuatnya efektif dalam melindungi kulit dari peradangan dan efek buruk radikal bebas. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin E dan C, serta asam lemak esensial yang membantu menjaga kelembapan kulit. 

Baca juga: Jadi Simbol Kecantikan, Inilah Fakta Tradisi Kerik Gigi di Mentawai!

Di Papua, pasta buah merah termasuk salah satu “first aid” yang diandalkan untuk melindungi kulit dari panasnya sengatan matahari, sampai untuk membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala. 

 

Skincare dengan Kandungan Buah Merah

Excited sekali menyambut From This Island yang menghadirkan inovasi terbaru dalam dunia skincare dengan menggabungkan ilmu pengetahuan dan warisan alam Indonesia. Fakta menariknya lagi, selain Patricia Davina, founder dari brand ini adalah Maudy Ayunda. And yes, kamu bisa menemukan manfaat buah merah di dalam salah satu produknya, yaitu Papua Red Fruit Plumping Cream.

From This Island Papua Red Fruit Plumping Cream

LUMERA™️ Red Fruit Extract, bio-ingredient paten dalam produk ini, diperoleh dari ekstraksi buah merah yang dilakukan secara khusus. From This Island berkolaborasi dengan institusi riset di Jerman yang sudah meneliti bahan ini selama 10 tahun. 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by From This Island (@fromthisisland)

Hasilnya, collagen-boosting cream ini diklaim dapat membantu memperlambat munculnya tanda penuaan dini, meningkatkan elastisitas kulit, dan mennyamarkan tampilan kerutan pada wajah. Recommended buat kamu yang lagi cari moisturizer untuk bikin kulit plumpy dan terlihat awet muda! 

 

Kenapa patut coba From This Island?

Pada debut-nya, brand ini memperkenalkan empat produk pertama. Selain Papua Red Fruit Plumping Cream, ada Java Black Tea Soothing Gel Cleanser, Mangosteen Brightening Serum, dan Tropical Guava Barrier Moisture Gel. Kalau kamu perhatikan, semua produknya menggunakan bahan alami khas Indonesia. Dan berdasarkan konsepnya yang berpadu dengan sains, tiap produk tersebut pun diperkaya skincare ingredient inovatif lainnya.

skincare From This Island untuk tampil awet muda

“From This Island berawal dari refleksi diri – kenapa perawatan kulit Indonesia belum banyak terdengar di dunia? Sudah banyak cerita perawatan kulit Korea dan Barat, tapi bagaimana dengan cerita perawatan kulit Indonesia?” papar  Maudy Ayunda, Co-Founder From This Island. 

Baca juga: Intip 3 Rahasia Kecantikan Putri Keraton Sejak Dahulu Kala!

“Bagi kami, Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki cerita dan kearifan seputar kecantikan dan perawatan kulit yang patut untuk diceritakan. Sudah saatnya perawatan kulit Indonesia bersinar dan mendunia. Dengan From This Island, kami berusaha untuk mengungkap keindahan yang tersembunyi, rahasia kecantikan tradisional, dan keajaiban alam Indonesia.” tambah Maudy.

Maudy Ayunda dan Patricia Davina

Selain filosofi bermakna dan inovasi yang canggih, proses pembuatan produk-produknya ikut memberdayakan masyarakat lokal sekitar. Semua produknya juga tersertifikasi vegan dan cruelty-free. Congrats untuk peluncurannya From This Island! Siapa nih yang penasaran coba produknya? Tulis di comment yaa!

 

 

Images: Dok. Instagram/@fromthisisland, Dok. Female Daily

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment