banner-detik

ancient of beauty

Intip 3 Rahasia Kecantikan Putri Keraton Sejak Dahulu Kala!

seo-img-article

Sejak dulu, para putri keraton sudah terkenal dengan ritual kecantikan yang dilakukan. Kalau kamu belum tahu apa saja rahasia kecantikannya, simak di sini!

Kalau melihat putri keraton, pasti kalimat yang terbersit di pikiran kamu adalah ‘cantik dan anggun’, kan? Yup, para putri keraton memang selalu punya pesona tersendiri yang nggak pernah hilang sejak dahulu. Nggak hanya tata krama-nya saja yang membuat mereka memiliki ‘aura’, tetapi parasnya yang cantik juga melengkapi penampilan para putri keraton. Hal itu juga didukung dengan sederet rahasia kecantikan yang mereka terapkan, lho. Bahkan, ritual kecantikan tersebut sudah dilakukan sejak dahulu kala dan diwariskan kepada para penerus di keraton. Penasaran kan, apa saja rahasia kecantikan para putri keraton? Yuk, intip!

Baca juga: Bongkar Ritual Kecantikan Pengantin Bali sebelum Menikah!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GKR Hayu (@gkrhayu)

Memakai kosmetik berbahan dasar kepompong emas

Yup, ini adalah salah satu rahasia kecantikan para putri keraton. Nah, sebenarnya kenapa sih para putri keraton menggunakan kosmetik yang terbuat dari kepompong emas? Itu karena kepompong emas punya kandungan asam amino sericin yang dinilai bisa berperan sebagai anti-aging agent. Selain itu, asam amino sericin juga punya kemampuan untuk menghambat proses melanogenesis yang merupakan proses pembentukan melanin di kulit. Wah, ternyata menarik juga ya rahasia kecantikan yang satu ini?

Baca juga: Punya Wangi Melati yang Mistis, Ini Dia Parfum Kunticore yang Bisa Dicoba!

Minum jamu untuk menjaga kesehatan tubuh

rahasia kecantikan putri keraton

Siapa yang nggak kenal sih, sama minuman tradisional ini? Yes, jamu memang terkenal memiliki banyak khasiat, mulai dari menyehatkan tubuh, mengurangi peradangan, menghangatkan tubuh, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu juga nggak boleh dilewatkan oleh para putri keraton, nih. Selain merawat tubuh dari luar, mereka juga merawat tubuh dari dalam dengan mengonsumsi jamu. Dilansir dari detik.com, salah satu putri keraton yaitu GKR Hayu mengatakan kalau dirinya mengonsumsi jamu bersih darah supaya tubuh tetap sehat dan keringat nggak berbau ketika menstruasi. Selain itu, ada juga beberapa jamu yang dikonsumsi oleh putri keraton, seperti jamu kunyit asam, brotowali, dan lain-lain.

Baca juga: Siap-siap! Nicholas Saputra dan Putri Marino Bakal Adu Akting di Film ‘The Architecture of Love’

Melakukan ritual kecantikan ‘tapel’ setelah melahirkan

rahasia kecantikan putri keraton Yogyakarta

Selain menjaga penampilan wajah, putri keraton juga memerhatikan penampilan tubuhnya, lho. Nah, salah satu ritual kecantikan yang dilakukan adalah tapel. Tapel sendiri dipercayai punya manfaat untuk mengembalikan kekencangan kulit setelah putri keraton melahirkan. Nah, ramuan ini dibuat dengan tepung beras, kencur, jahe, kayu manis, dan beberapa rempah-rempah lain. Cara penggunaannya pun mudah, biasanya tapel akan dicampur dengan air, kemudian dibalurkan ke perut, lalu dibalut dengan bengkung.

Itulah beberapa rahasia kecantikan ala putri keraton untuk mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang sehat. Kamu tertarik mencobanya, nggak? Comment di bawah, ya!

 

Image: Instagram @gkrhayu @gkrbendara @kratonjogja

Slow Down

Please wait a moment to post another comment