banner-detik

ancient of beauty

Batimung, Ritual Pernikahan Adat Banjar yang Bikin Pengantin Tampil Cantik!

seo-img-article

Sekarang, saatnya main ke Kalimantan Selatan! Ada ritual pernikahan batimung yang bikin penganting Banjar tampil makin cantik saat menikah!

Biasanya, calon pengantin selalu punya ritual yang dilakukan sebelumnya, nggak terkecuali para pengantin Banjar, Kalimantan Selatan. Salah satu ritual kecantikan yang sering dilakukan pengantin Banjar adalah batimung. Kalau penasaran, seperti apa ritualnya? Simak terus artikel ini, ya!

Baca juga: Cengkih, Tanaman Asal Maluku Utara yang Bagus untuk Merawat Kulit!

Apa sih ritual pernikahan batimung?

Batimung ini merupakan sebuah prosesi mengeluarkan keringat dari badan, dengan cara diasapi menggunakan air rebusan. Air rebusan tersebut berisi bunga-bunga dan rempah-rempah khas Banjar. Nah, pengantin akan duduk di sebuah kursi kecil dengan hanya mengenakan sarung, tanpa menggunakan celana dalam. Dengan begitu, seluruh tubuh pengantin akan terkena uap dan mengeluarkan keringat sehat. Ritual ini juga dianggap dapat mengharumkan tubuh, karena memang uap tersebut memiliki wangi bunga dan rempah.

Baca juga: Mengenal Boh Gaca, Tradisi Kecantikan Aceh untuk Pengantin Perempuan sebelum Menikah!

Memiliki filosofi yang dalam

Bukan hanya sekadar prosesi pra-nikah, batimung punya arti yang lebih dari itu. Ternyata, tujuan para calon pengantin melakukan batimung supaya mereka wangi, nggak bau badan, dan tampak segar ketika hari pernikahan. Selain itu, hal ini dilakukan agar nggak ada kendala ketika prosesi pernikahan diselenggarakan.

Baca juga: Mengenal Dukun Manten dan Ritual Sakralnya pada Pernikahan Adat Jawa!

Yes, itu dia salah satu ritual kecantikan yang dilakukan pengantin adat Banjar. Biasanya, ritual ini dilakukan 1-3 hari sebelum pernikahan agar sang pengantin tampil prima! Gimana, menarik banget kan ritualnya?

 

Image: Weddingku

Slow Down

Please wait a moment to post another comment