banner-detik

beauty school

Mengenal Dukun Manten dan Ritual Sakralnya pada Pernikahan Adat Jawa!

seo-img-article

Pernah dengar soal dukun manten? Yup, sosok ini merupakan salah satu kuncian untuk melakukan ritual pernikahan adat Jawa!

Kalau sudah nonton serial ‘Gadis Kretek’, kamu pasti tahu tentang sebuah scene ketika Dasiyah memakai kebaya pernikahan berwarna hitam, lengkap dengan paes khas Jawa, kemudian ditiupi asap rokok di wajahnya oleh seorang perempuan. Sebagian dari kamu mungkin belum tahu kenapa ia ditiupkan asap rokok dan oleh siapa?

ritual dukun manten adat jawa

Nah, itu merupakan salah satu ritual sakral khas adat Jawa yang dilakukan oleh dukun manten. Yup, sosok perempuan yang meniupkan asap rokok ke arah Dasiyah adalah dukun manten yang berperan penting dalam pernikahan adat Jawa. Penasaran dengan ritual sakral apa saja yang dilakukan dukun manten? Simak artikelnya sampai akhir!

Baca juga: Intip 3 Rahasia Kecantikan Putri Keraton Sejak Dahulu Kala!

Apa itu dukun manten?

Dukun manten artinya adalah dukun pengantin yang bertugas untuk merias wajah pengantin saat menikah. Biasanya, dukun manten ini digunakan untuk pernikahan dengan adat Jawa. Nah, tugasnya apa saja, sih? Seperti yang saya bilang sebelumnya, dukun manten akan merias wajah pengantin dengan teknik yang berbeda dengan MUA pada umumnya. Dukun manten justru akan merias pengantin dengan riasan yang lebih tebal, terang, serta membuat pengantin tampil ‘manglingi’ dibandingkan penampilannya sehari-hari.

Baca juga: Bongkar Ritual Kecantikan Pengantin Bali sebelum Menikah!

Ritual sakral yang dilakukan oleh dukun manten

dukun manten adat jawa

Untuk membedakan dukun manten dengan penata rias pada umumnya, ada beberapa ritual yang memang harus dilakukan untuk pengantin. Ada apa saja, ya?

Berpuasa

Berpuasa menjadi salah satu ritual utama yang wajib dilakukan oleh seorang dukun manten. Hal ini dilakukan sesuai kepercayaan Jawa yaitu berpuasa untuk mewujudkan keinginan agar sesuai dengan harapan. Dalam hal ini, tentunya agar proses merias pengantin bisa berjalan dengan lancar dan hasilnya maksimal. Biasanya, dukun manten akan berpuasa selama beberapa hari menjelang akad nikah dan resepsi. Plus, ia juga akan meminta pada mempelai perempuan untuk berpuasa, supaya nggak mudah berkeringat dan lebih gampang ketika dirias.

Menyiapkan sesajen

Sebenarnya, ritual ini nggak selalu dilakukan saat akan menyelenggarakan pernikahan adat Jawa. Namun, sebagian orang masih menjaga tradisi ini dan menggunakannya ketika hendak menikah. Jadi, sesajen berupa bunga-bunga dan dupa akan diletakkan di sudut ruangan rias. Dukun manten juga akan membacakan doa untuk diberikan kelancaran saat merias pengantin perempuan.

Merias sesuai pakem

Merias pengantin adat Jawa memang nggak semudah itu, karena ada tradisi atau ketentuan-ketentuan yang dijaga. Nah, sosok dukun manten pun harus menerapkan pakem yang ada ketika merias pengantin ada Jawa. jadi, benar-benar harus sesuai dengan tradisi yang berlaku secara turun-temurun. Salah satu contohnya adalah ketika menggambar paes di wajah pengantin. Dukun manten harus menggambar paes mengikuti pakem yaitu dengan membentuk lekukan yang khas dan sesuai, karena paes tersebut memiliki makna tersendiri.

Meniupkan sembaga

Ini dia ritual yang kamu lihat di serial ‘Gadis Kretek’! Selain berpuasa dan merias dengan pakem, ritual yang khas dilakukan oleh dukun manten adalah meniupkan sembaga. Sembaga sendiri merupakan ritual penutupan yang bertujuan untuk membuka aura pengantin agar terlihat lebih cantik dari biasanya atau sering disebut juga ‘manglingi’. Ritual ini dilakukan dengan meniupkan asap rokok ke arah wajah sang pengantin sambil membacakan doa atau mantra tertentu.

Oh iya, rokok yang digunakan untuk ritual ini adalah rokok sukun karena mengandung cengkeh dan tembakau kelas tinggi yang menghasilkan aroma wangi. Selain meniupkan asap rokok pada pengantin, dukun manten juga kerap minup ubun-ubun sang pengantin sambil membaca doa. Lagi-lagi, tujuannya untuk membuka aura pengantin saat menikah.

Baca juga: Jadi Simbol Kecantikan, Inilah Fakta Tradisi Kerik Gigi di Mentawai!

Nah, itu dia pembahasan tentang dukun manten yang biasanya hadir pada pernikahan adat Jawa. Meskipun saat ini nggak semua pernikahan Jawa memakai dukun manten, tetapi tradisi ini patut diketahui karena terdapat banyak cerita dan makna di baliknya. Gimana nih, ternyata menarik sekali kan mengetahui ritual pernikahan khas Jawa? Kalau kamu, pingin pakai dukun manten nggak, saat menikah? Comment, ya!

 

Image: Wedding Market, YouTube Netflix

Slow Down

Please wait a moment to post another comment