ic-fd

Rekomendasi 4 Aplikasi Period Tracker untuk Mempermudah Catat Siklus Menstruasi!

health wellness
author

armeliafarah・09 Jul 2024

detail-thumb

Lagi mempertimbangkan untuk download aplikasi period tracker agar memudahkan catat siklus menstruasi? kamu bisa intip empat rekomendasi aplikasi berikut ini!

Kalau kemarin FD sempat bahas mengenai penting atau nggak menggunakan aplikasi period tracker, kali ini akan ada rekomendasi aplikasi yang bisa kamu download! Kamu bisa simak artikel ini untuk tahu aplikasi mana yang memang cocok dengan kebutuhanmu.

Baca juga: Ini 4 Mitos tentang Menstruasi yang Sering Dipercaya! Seperti Apa Faktanya?

Flo Period & Ovulation Tracker

siklus menstruasi

Salah satu aplikasi period tracker yang paling dikenal saat ini adalah Flo Period & Ovulation Tracker. Saya sendiri juga memilih Flo sebagai aplikasi yang saya percayai untuk membantu mencatat siklus menstruasi dan mencari informasi terkait beberapa kesehatan reproduksi. Hal apa saja sih yang bikin Flo spesial dan lebih familiar di telinga para perempuan? Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, memiliki fitur yang bisa melacak menstruasi, ovulasi, serta menyajikan grafik histori yang berisikan data mengenai kesehatan organ intim saat menstruasi, berat badan, durasi tidur, dan jumlah air yang dikonsumsi.

Flo juga menyediakan data penting terkait kapan waktu yang tepat untuk hamil, kapan siklus menstruasi berikutnya, dan ada beberapa pembahasan terkait gejala PMS yang lagi kamu alami, lho. Sejauh saya menggunakan Flo, perkiraan terkait waktu datangnya menstruasi selalu akurat!

Period Tracker Period Calendar

Setelah Flo yang memang jadi aplikasi yang banyak diketahui perempuan, ada Period Tracker Period Calendar. Aplikasi ini memiliki rating yang cukup tinggi di Google Play dan App Store. Nggak berbeda jauh dari Flo, aplikasi ini memiliki fitur yang mudah digunakan dalam mencatat siklus menstruasi dan memberikan prediksi menstruasi. Keunggulan yang ada di aplikasi ini adalah untuk kamu yang sedang program hamil, di sini kamu bisa mencatat waktu intensitas melakukan hubungan intim dan alat kontrasepsi yang digunakan.

Kelebihan lainnya, kamu juga bisa catat suhu tubuh, gejala menstruasi yang dialami, dan suasana hati saat sedang menstruasi. Oh iya, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk memakai sistem anonymous dan menghapus data kamu dalam sekali klik saja!

Baca juga: Punya Kulit Acne-Prone? Ini 4 Makanan yang Bisa Memperparah Jerawat Kamu!

Period Diary by Bellabeat

siklus menstruasi

Memiliki beberapa fitur yang serupa untuk mencatat masa menstruasi dan melacak ovulasi, yang bikin Period Diary ini sedikit berbeda adalah fitur wellness. Fitur ini bisa bantu untuk memberikan rekomendasi terkait asupan nutrisi, kegiatan olahraga, dan kegiatan meditasi yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh atau mengurangi rasa sakit saat gejala PMS datang! Lalu, yang bikin aplikasi ini lebih aman adalah adanya fitur app locker, jadi nggak perlu khawatir data kamu nggak tersimpan dengan aman di aplikasi ini!

Clover: Period & Cycle Tracker

Nah, rekomendasi terakhir ada Clover: Period & Cycle Tracker, nih. Pada aplikasi ini terdapat tiga fitur yang jadi unggulan dan bisa jadi pertimbangan kamu untuk download yang satu ini. Di antaranya adalah panduan program hamil dan memonitor secara khusus mengenai kesehatan dari pengguna aplikasi. Terus, fitur yang paling keren adalah Clover menyediakan data dalam bentuk statistik terkait siklus haid dan ini bisa kamu download dalam bentuk PDF! Data ini memberikan kamu kemudahan untuk konsultasi ke dokter bila mengalami beberapa permasalahan terkait kesuburan. Oh iya, aplikasi ini juga terkenal aman karena ada fitur app locker, dijamin data kamu akan tersimpan dengan aman di sini.

Baca juga: 4 Tips Mengurangi Konsumsi Gula dari Dokter Spesialis Gizi

Kalau dari rekomendasi di atas, mana yang sudah pernah kamu gunakan dan kamu punya rekomendasi lain yang ingin kamu bagikan ke sesama perempuan? Bisa komen di bawah, ya!

 

Images: Dok. Freepik, Dok. Google Play Store

Edited by Rahajeng Prandiena