banner-detik

beauty

Bantu Ketahui Siklus Menstruasi, Apakah Menggunakan Period Tracker Penting?

seo-img-article

Memberikan kemudahan untuk mengetahui siklus dan gejala menstruasi. Kira-kira period tracker penting nggak sih untuk dimiliki?

Kamu tim yang mencatat tanggal menstruasi atau nggak mencatat sama sekali? Kalau saya adalah tim yang wajib mencatat siklus menstruasi, tentu saja hal ini saya lakukan agar bisa lebih siap dalam menghadapi jadwal menstruasi selanjutnya dan mengetahui gejala-gejala yang timbul. Sebenarnya, untuk tracking siklus menstruasi bisa kamu lakukan dengan cara mencatatnya di kalender. Namun, cara old school ini nggak jarang bikin beberapa orang lupa untuk mencatat, belum lagi perhitungan ovulasi yang harus dilakukan secara manual. 

Baca juga: Kupas Tuntas Soal Menopause dengan Ahlinya! Apa yang Harus Dipersiapkan?

Nah, untuk mempermudah dalam melakukan tracking pada siklus menstruasi, saya menggunakan aplikasi period tracker. Sudah terhitung enam tahun lamanya saya menggunakan aplikasi ini dan merasakan banyak manfaatnya lho! Untuk kamu yang lagi mempertimbangkan untuk download period tracker, kamu bisa simak artikel ini.

Apa itu period tracker?

siklus menstruasi

Mari mengenal tentang period tracker, sebuah aplikasi yang membantu kamu untuk mencatat tanggal menstruasi. Sesungguhnya, aplikasi ini seperti kalender biasa namun dalam bentuk digital dan memiliki desain yang eye-pleasing. Kalau di kalender biasa kamu hanya bisa menandai tanggal saat menstruasi, di period tracker kamu akan mendapatkan reminder dan counting days sebelum menstruasi, perhitungan ovulasi, dan lebih detail-nya lagi, kamu bisa input juga beberapa gejala umum yang dirasakan saat menstruasi. Seperti kram, bloated, pusing, nyeri pinggang, perubahan mood, dan masih banyak lagi.

Nah, usai kamu memasukan beberapa gejala yang kamu alami, di period tracker biasanya ada artikel dan jurnal yang membahas mengenai gejala-gejala tersebut dan ada banyak juga pembahasan terkait kesehatan lainnya, lho! Jadi, aplikasi ini nggak hanya sebatas sebagai kalender digital untuk memasukan tanggal menstruasi saja, tetapi bisa jadi salah satu platform yang bisa memberikan edukasi dan bikin kamu lebih paham mengenai apa yang tubuh kamu rasakan dan butuhkan.

Baca juga: Kulit Belang Akibat Heatwave? Ini Tips Mengatasinya!

Manfaat dari penggunaan period tracker

Ternyata, penggunaan dari period tracker itu memiliki banyak manfaat dan berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan seperti berikut ini:

Mudah untuk melakukan perhitungan masa ovulasi

Yup, nggak seperti kalender biasa yang mengharuskan kamu menghitung masa ovulasi secara manual, di period tracker ini kamu bisa mengaktifkan fitur perhitungan ovulasi. Sehingga, usai masa menstruasi kamu selesai, secara otomatis akan terhitung masa ovulasinya pada kalender digital dalam aplikasi. Walaupun waktu ovulasi terkadang berbeda, pada period tracker bisa memberikan kamu perkiraan yang lebih akurat dari menghitung secara manual. 

Mempersiapkan diri menghadapi pre-menstrual syndrome

siklus menstruasi

Pre-menstrual syndrome atau PMS ini kerap dialami di siklus menstruasi seseorang. Biasanya, gejala yang hadir bisa timbul rasa sakit secara fisik atau perubahan emosional. Kalau kamu salah satu yang pernah mengalami gejalanya, pasti paham saat hadir rasa nyeri payudara, sakit kepala, pusing, timbul jerawat, perubahan mood, dan jadi lebih sensitif. Seluruh gejala PMS ini bisa kamu ketahui lebih awal saat kamu sudah paham siklus menstruasimu, sehingga kamu bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi gejala PMS dan bisa mengurangi efeknya dengan menyesuaikan apa yang tubuh kamu butuhkan. 

Mendapatkan informasi terkait health and wellness

Salah satu manfaat dari aplikasi period tracker adalah mempermudah kamu untuk mendapatkan informasi terkait health and wellness. Pada period tracker terdapat satu segmen yang membahas mengenai berbagai macam hal terkait organ intim perempuan, mencegah gejala PMS, dan masih banyak lagi. Di sini kamu bisa mendapatkan informasi dari dokter spesialis dan artikel yang bersumber dari jurnal-jurnal ilmiah. Alhasil, bahan bacaan kamu jadi semakin luas dan teredukasi dengan baik mengenai siklus mesntruasi.

Baca juga: Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan dengan 5 Makeup yang Refillable Ini!

Itu dia manfaat dari aplikasi period tracker yang ternyata sangat fungsiona. Kalau menurut saya pribadi yang sudah menikmati manfaat dari period tracker, aplikasi ini tentu penting untuk kamu miliki. Terutama bagi kamu yang ingin mengenal tubuh kamu lebih baik lagi dan membaca edukasi terkait kesehatan perempuan yang tersedia di dalamnya. So, sudah mantap untuk mengunduh aplikasi period tracker di ponselmu? Komen di bawah, ya! 

Images: Dok. Freepik

Edited by Rahajeng Prandiena

Slow Down

Please wait a moment to post another comment