banner-detik

body love

Ini 4 Mitos tentang Menstruasi yang Sering Dipercaya! Seperti Apa Faktanya?

seo-img-article

Sering dengar mitos tentang menstruasi yang kurang masuk akal dan membingungkan? Yuk, ungkap gimana faktanya bersama expert!

Selama ini, ada banyak banget mitos dan kepercayaan yang beredar di masyarakat, khususnya tentang menstruasi. Alhasil, banyak pula yang percaya dan menjadi khawatir dengan adanya mitos tersebut. Padahal, sebagai seorang perempuan yang mengalami mens, kita perlu melakukan memastikan tentang hal tersebut dan mencari tahu faktanya, agar nggak muncul rasa takut yang nggak berarti.

Supaya kamu nggak bingung lagi, yuk simak perbincangan saya dengan dr. Kathleen Juanita Gunawan Soenario, Sp.OG dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, mengenai mitos dan fakta menstruasi!

Baca juga: Ini 7 Jenis Aroma Vagina dan Penyebabnya yang Wajib Kamu Ketahui!

Tidak boleh keramas saat sedang menstruasi

mitos menstruasi

Mitos yang satu ini cukup sering didengar oleh masyarakat. Katanya, keramas saat mens dapat menghambat aliran darah, sehingga berbahaya untuk kesehatan kamu. Namun, faktanya adalah keramas nggak memperlambat aliran darah, lho. Bahkan, dr. Kathleen Juanita Gunawan Soenario, Sp.OG mengatakan bahwa nggak ada hubungannya antara keramas dan mens. Kamu justru harus tetap menjaga kebersihan tubuh dengan keramas secara rutin!

Minum soda bisa memperlancar mens

mitos menstruasi

Pernah dengar tentang mitos kalau minuman bersoda dapat melancarkan menstruasi? Kalau iya, sebaiknya kamu menyimak penjelasan ini! Sebenarnya, minuman bersoda nggak bisa memengaruhi menstruasi karena perannya hanya terbatas di saluran pencernaan saja. Jadi, ketika menstruasi nggak lancar, kamu bisa melakukan olahraga secara teratur, memperbaiki pola tidur yang memengaruhi hormon reproduksi, menjaga berat badan agar hormon tetap stabil, dan lain-lain.

Baca juga: Kupas Tuntas Soal Menopause dengan Ahlinya! Apa yang Harus Dipersiapkan?

Nggak boleh minum air dingin saat menstruasi karena membuat darah menjadi beku

Mitos nggak boleh minum air dingin saat mens juga merupakan mitos yang banyak dipercayai oleh masyarakat. Hal ini diyakini banyak orang bahwa air dingin bisa menyebabkan darah membeku saat menstruasi atau bisa memperlambat mens. Namun, dr. Kathleen Juanita Gunawan Soenario, Sp.OG menjelaskan bahwa air dingin yang diminum hanya akan berada di saluran pencernaan manusia, sehingga nggak ada hubungannya dengan memperlambat menstruasi atau bikin darah membeku. Nah, menstruasi yang datang terlambat bisa disebabkan oleh masalah hormonal, stres, masalah dinding rahim dll, bukan karena mengonsumsi air dingin.

Memijat perut bisa mempercepat terjadinya mens

mitos tentang menstruasi

Terakhir, ada mitos bahwa memijat perut bisa mempercepat terjadinya menstruasi. Katanya, pijatan tersebut dapat membantu meningkatkan aliran darah menuju rahim, uterus, dan tuba falopi, sehingga bisa merangsang terjadinya mens. Faktanya, hal ini salah karena memijat perut nggak akan merangsang menstruasi. Itu karena menstruasi adalah luruhnya lapisan dalam rongga rahim yang nggak bisa dicapai dari dinding perut.

Baca juga: Nyaman Dipakai saat Menstruasi, Ini 5 Menstrual Pants yang Bisa Kamu Coba!

Itu dia beberapa mitos tentang menstruasi yang masih sering dipercayai oleh masyakarat. Mulai sekarang, kamu nggak perlu khawatir secara berlebihan karena hal tersebut memang mitos dan ada penjelasan ilmiahnya dari dokter!

 

Image: Freepik, Dok. Siloam

Slow Down

Please wait a moment to post another comment