banner-detik

lifestyle

Aktivitas Mindful yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Cuti Bersama Idul Adha

seo-img-article

Long weekend is coming! Simak rekomendasi kegiatan yang mindful, relaxing, dan bermanfaat untukmu selama mengisi cuti bersama Idul Adha tahun ini! 

 

Nggak kerasa ya, Idul Adha sudah hadir kembali tahun ini. Kebetulan banget, timing-nya pas long weekend lagi, sama seperti tahun lalu! Idul Adha sendiri merupakan hari raya di mana umat muslim memperingati peristiwa kurban. Kira-kira selain bersilutarahmi dengan keluarga dan menyantap aneka hidangan kambing dan sapi, kamu akan ngapain lagi nih untuk mengisi waktu cuti bersama Idul Adha yang cukup panjang? Mungkin beberapa kegiatan berikut bisa kamu coba di long weekend ini!

Baca juga: Avoskin Ajak untuk Cintai Diri Sendiri dan Jaga Lingkungan Melalui Kampanye Terbaru!

 

Mencoba farmstay

kegiatan cuti bersama Idul Adha

Saatnya rehat sejenak dari hiruk-pikuk dan polusi ibu kota. Kamu bisa “kabur” spontaneously untuk mencari pemandangan hijau dan menghirup udara segar. Salah satu kontributor FD, Reva, baru saja share pengalamannya mencoba yoga retreat di Pedesaan Farm. Lokasinya terletak di Desa Cihamerang, Sukabumi, bisa dijangkau dengan 3-4 jam perjalanan dari Jakarta atau Bandung.

Nggak biasa yoga? No worries! Banyak aktivitas seru dan relaxing lainnya yang bisa kamu lakukan di Pedesaan Farm. Mulai dari trekking, menikmati sajian farm-to-table yang segar dan sustainable, bertemu binatang-binatang di peternakan, sampai belajar tentang agrikultur. Sounds mindful, ya? Untuk cerita lengkapnya, kamu bisa baca full experience Reva di sini. 

 

Decluttering dan beres-beres hunian

Di mana pun kamu tinggal, di rumah sendiri, rumah orang tua, kost-an, atau apartemen, mungkin ini waktu yang tepat untuk membuat tempat tinggalmu sparks joy lagi. Coba lihat, apa barang-barang di sekitarmu yang sudah nggak kamu perlukan lagi. Ask yourselfdo I need this? Menanyakan hal ini ke diri sendiri akan membuatmu lebih sadar, apa saja yang masih bermanfaat dan yang tidak untuk dirimu.

Kalau ada barang-barang yang mau kamu singkirkan, kelola dengan proses yang lebih mindful juga. Misalnya, jika itu fashion items bekas, kamu bisa mengumpulkan yang sudah tidak terpakai untuk dijual kembali atau didonasikan. Atau jika banyak barang rumah tangga yang masih berfungsi tapi sudah nggak bermanfaat buatmu, kamu bisa menanyakan ke lingkungan terdekatmu, apakah ada yang membutuhkan dan mau menerima.  Remembera person’s trash, might be another person’s treasure.

 

Staycation di tempat yang tenang

cuti bersama, staycation di Villa Kahani

Keseharianmu selalu hectic dan terburu-buru? Mungkin yang kamu butuhin di long weekend ini adalah full reset: do “nothing”, and reflect. Untuk melakukan ini, terkadang memang kita butuh tempat yang tenang mendukung. Apakah kamu sudah punya destinasi incaran yang masih bisa dijangkau dengan mudah? Sedikit sharing, tim editorial FD baru aja pulang dari staycation di Villa Kahani. Lokasinya itu di Cisarua, Bogor, Puncak. Awalnya agak skeptis karena masih mikir Puncak itu jauh dan macet banget. Ternyata enggak!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Putri Navia R (@putnavia)

Perjalanan ke sana dari area Fatmawati, Jakarta cuma memakan waktu 1,5 jam dan perjalanannya lancar. Kadang perjalanan saya ke kantor aja lebih lama dari ini, hehe. Tempatnya tenang dan sejuk banget, lengkap dengan pilihan buku self-reflection dan wewangian ruangan yang bikin mood makin rileks. Amenities-nya pun lengkap, full kitchen set beserta perlengkapannya, handuk, hair-dryer, sampai catokan. Jadi tinggal bawa baju dan bahan makanan aja deh ke sana.

Tim editorial FD pun merasa semakin inspired setelah bermalam dan menikmati Villa Kahani. Di sana ada 5 kamar, masing-masing idealnya ditempati oleh 20 orang. Tapi tenang aja, banyak extra beds yang nyaman, jadi kapasitas maksimalnya bisa mencapai 20 orang. Kamu bisa cek availability Villa Kahani di Airbnb atau melalui nomor WhatsApp yang ada di bio Instagram-nya.

Baca juga: 

Kalau dirasa kegiatan-kegiatan di atas perlu planning yang lebih matang dan kamu belum mempersiapkan itu, nggak perlu khawatir. Masih banyak aktivitas mindful lain yang bisa kamu lakukan selama cuti bersama Idul Adha tahun ini. Sesimpel mencoba kelas olahraga yang sudah lama kamu incar, menyiapkan sarapan atau snack yang sehat untuk mengimbangi hidangan Idul Adha yang full lemak, being fully present saat kumpul keluarga, atau mulai belajar journaling misalnya.

Baca juga: Wajib Sniff 5 Parfum Aroma Green Ini!

Kira-kira kamu sendiri sudah kepikiran belum mau mengisi cuti bersama Idul Adha dengan kegiatan apa? Let us know in comments yaa!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment