banner-detik

fitnfab

Kolesterol Tinggi setelah Libur Lebaran? 3 Makanan Ini Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol!

seo-img-article

Angka kolesterol masih tinggi setelah makan opor ayam pas Lebaran? Coba konsumsi makanan ini yang bisa menurunkan kolesterol kamu!

Sudah H+2 minggu setelah Lebaran, apakah kesehatanmu kamu sudah kembali seperti semula? Berat badan yang tadinya naik, apakah sudah turun lagi? Lalu, angka kolesterol yang melonjak gara-gara kebanyakan makan opor ayam dan rendang juga sudah turun belum, nih? Kalau belum, sebaiknya kamu perlu mengetahui risiko penyakit yang akan terjadi jika kolesterol tinggi, mulai dari hipertensi, diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung koroner. Hal itu bisa terjadi karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan di pembuluh darah dan memperlambat aliran darah ke arteri. Nah, supaya kadar kolesterolmu menurun, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan ini!

Baca juga: Skip Olahraga karena Libur Lebaran? Ini Tips untuk Mulai Olahraga Lagi!

Kacang-kacangan

makanan untuk menurunkan kolesterol

Salah satu makanan yang bisa diandalkan untuk menurunkan kolesterol adalah kacang-kacangan. Beberapa di antaranya yaitu kedelai, almond, kacang mede, atau sayuran seperti kacang panjang. Kacang almond sendiri punya kandungan protein dan isoflavon yang bisa bantu menurunkan kadar kolesterol jahat, serta kacang almond mengandung fitosterol yang bisa menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam usus.

Baca juga: Bakar Kalori Sambil Melepas Stres di 4 Playground Ini!

Sayuran berdaun gelap

makanan untuk menurunkan kolesterol

Berdasarkan penelitian dari National Institutes of Health (NIH), sayuran berdaun gelap bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yanga da dalam tubuhmu. Beberapa jenis sayur seperti kangkung, sawi, brokoli, kubis, dan paprika hijau juga mengandung antioksidan yang berperan untuk mengikat asam empedu dan bikin tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol.

Baca juga: 5 Pilihan Buah Tinggi Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Oatmeal

makanan untuk menurunkan kolesterol

Mengandung beta glucan dari gandum, oatmeal juga bisa kamu konsumsi kalau angka kolesterol sedang tinggi. Itu karena beta glucan dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan kolesterol. Tapi, jangan lupa juga untuk cek ke dokter ya, kalau kamu sudah merasakan gejala yang makin buruk!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment