banner-detik

makeup

Nyaman selama Kumpul Keluarga, Ini Tips Makeup Lebaran Bebas Gerah!

seo-img-article

Kamu pasti ingin tampil cantik kan di Hari Raya? Tapi, gimana ya caranya makeup tetap on point tanpa bikin gerah di cuaca yang terik sekarang ini? Yuk intip tips makeup Lebaran ini!

Lebaran identik dengan hal-hal yang ekstra. Ekstra ramai karena ketemu keluarga dan saudara. Hidangannya juga ekstra mulai dari kue-kue hingga makanan utama. Pakaian pun ekstra tertutup, kadang lengkap dengan aksesori yang melengkapi gaya. Ditambah lagi, kadang matahari bersinar terang sehingga cuaca jadi ekstra gerah. Nah, biar makeup nggak jadi lengket atau “longsor”, dan berujung kamu jadi cranky atau nggak percaya diri, beberapa tips makeup Lebaran di bawah ini bisa kamu coba!

Baca juga: Belum Sempat Beli Baju Lebaran? Kunjungi 4 Toko Offline Ini!

Pakai skincare yang simpel

tips makeup lebaran

Sebelum makeup, mempersiapkan kulit dengan baik itu wajib. Tapi, kalo kamu gampang gerah, sebaiknya jangan pakai skincare terlalu banyak. Cukup serum dan sunscreen saja, hydrating toner dan sunscreen saja, atau moisturizer dan sunscreen saja. Skincare-nya juga sebaiknya yang non-oily. Kalau pakai skincare terlalu berlapis, kulitmu akan jadi berminyak atau “kewalahan” menerima produk, apalagi setelahnya akan ditambah lagi dengan produk complexion. Hasilnya malah jadi nggak bagus! Beri jarak antara pakai skincare dan makeup, biarkan skincare-nya meresap dengan baik. Jadi, makeup lebih mudah menempel dan nggak gampang geser.

Hindari foundation tebal

tips makeup lebaran

Hari besar bukan berarti kamu harus pakai makeup yang super heboh, dengan foundation tebal dan segalanya yang too much. Kalau makeup kamu berlebihan, rasanya juga bisa jadi gerah dan nggak nyaman karena pori-pori kulit akan tertutup. Hindari foundation yang berat seperti tekstur krim, pilih foundation yang cair dan lightweight, atau pakai cushion saja, supaya kulit tetap bernapas. Tambahkan dengan sedikit concealer di bagian bawah mata atau untuk menutupi noda bekas jerawat, lalu set dengan loose powder.

Baca juga: SAPTO DJOJOKARTIKO Hadirkan Koleksi One-Off Eid 2024 yang Terinspirasi dari Heritage Indonesia!

 

Pilih blush bentuk powder

Pakai blush favoritmu yang berbentuk powder, supaya nggak gampang meleleh, apalagi kalau kamu punya kulit berminyak atau kombinasi. Memilih powder blush yang punya sentuhan shimmer juga bikin look jadi lebih spesial, karena pipi jadi tampil lebih bercahaya namun nggak berminyak.

Gunakan setting spray biar tahan lama

Goal-nya adalah menciptakan look yang simpel, fresh, namun tetap nggak gampang luntur. Jadi, setelah semua step makeup selesai, kamu wajib menyemprotkan setting spray supaya makeup lebih awet. Sekarang ini produk makeup setting spray yang bagus dari brand lokal sudah sangat beragam, lho!

Bawa face mist ke mana-mana

tips makeup lebaran

Ini adalah salah satu trik menyegarkan diri di cuaca panas yang sering bikin gerah. Pilih face mist yang kemasannya kecil sehingga muat di dalam tas mungilmu. Semprotkan tiap kali kamu merasa “sumuk” atau makeupmu terlihat kusam atau kuyu.

Baca juga: Rekomendasi Makeup Baru di Sephora untuk Tampil Fresh Seharian saat Lebaran!

Selain langkah-langkah di atas, pilih juga pakaian yang bahannya nyaman dan menyerap keringat, plus tata rambut agar lebih simpel dan nggak gampang lepek, terutama untuk kamu yang berambut panjang dan tidak berhijab. Buat yang kulitnya berminyak, sedia blotting face paper juga di dalam tas ya! Jangan lupa, di tengah segala hidangan Lebaran yang manis, berlemak, dan rich, kamu wajib minum banyak air putih supaya tetap segar dan terhidrasi di hari-hari yang terik. Semoga kamu tetap kece di Hari Raya dengan makeup Lebaran yang bebas gerah, ya!

 

Image: Dok. Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment