banner-detik

beauty school

Heboh di TikTok, Benarkah Rosemary Oil Bagus untuk Atasi Rambut Rontok?

seo-img-article

Nggak bisa dipungkiri, TikTok sering kali menginspirasi atau menghadirkan tren baru yang bikin para beauty enthusiast penasaran. Kali ini, tentang rosemary oil yang bermanfaat untuk rambut rontok. Benar nggak, ya?

Ingat, nggak semua tren kecantikan harus kamu coba atau cocok di kamu. Jadi, begitu ada tren baru yang kamu temui di media atau media sosial, kamu harus cek lagi, cari tahu lebih detail atau tanya ke ahlinya, terutama tren skincare atau haircare, untuk mengetahui bahwa tren tersebut tidak berbahaya dan memang ada manfaatnya. Nggak semua yang viral bagus untuk kamu, kan?

Nah, belakangan ini, rosemary oil sedang ramai dibicarakan di TikTok. Yup, bukan argan oil, coconut oil, atau olive oil yang lebih familiar bagi banyak orang. Banyak penggemarnya mengungkapkan sederet manfaat minyak herbal alami ini, mulai dari bikin rambut berkilau, hingga membantu pertumbuhan rambut. Apakah benar rosemary oil bagus untuk merawat rambut, terutama rambut rontok? Simak di bawah ini, yuk!

Sejarah rosemary oil

Rosemary (Rosmarinus officinalis) bukan hanya tumbuhan wangi yang sering ditemukan di dapur untuk memasak steak atau ayam panggang, tapi telah dikenal selama berabad-abad sebagai obat. Asli dari wilayah Mediterania, rosemary telah diterima oleh berbagai budaya karena kualitas aromatik dan kemampuan terapeutiknya. Minyak esensialnya, yang diekstrak dari daun tanaman ini, sejak dulu sudah jadi pilihan populer untuk perawatan rambut alami.

Baca juga: Minum Minuman Klorofil Hits di TikTok, Benarkah Bisa Mengurangi Jerawat?

Komposisi kaya nutrisi

Diperkaya dengan antioksidan, vitamin (seperti A dan C), dan asam lemak esensial, rosemary oil bisa mendukung kesehatan rambut dalam berbagai aspek. Kandungan-kandungan tersebut bekerja sama untuk memperkuat folikel rambut, mencegah kerusakan, dan merangsang pertumbuhan rambut.

Seperti dilansir dari Vogue, Dr. Zayn Majeed dari Harley Street Hair Clinic di Inggris, menyatakan, “Nggak hanya membantu kamu mendapatkan rambut yang lebih panjang, oil yang satu ini bisa berguna bagi kesehatan rambut secara keseluruhan. Rosemary oil punya kemampuan anti-inflamasi yang bisa mengurangi iritasi pada kulit kepala, ketombe, dan gatal-gatal, sehingga mendukung lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan rambut yang lebih sehat.”

Baca juga: Satin Pillow Skin, Tren Baru di TikTok yang Bisa Kamu Coba!

Kita bedah manfaatnya, yuk!

Meningkatkan sirkulasi darah dan kekuatan folikel

Salah satu manfaat utama rosemary oil untuk pertumbuhan rambut terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Aliran darah yang baik memastikan folikel rambut menerima pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup, merangsang pertumbuhan yang optimal. Selain itu, rosemary oil terbukti memperkuat folikel rambut, mengurangi kemungkinan penipisan dan kerusakan rambut.

Penghambat DHT

Dihydrotestosterone (DHT) adalah hormon yang terkait dengan kerontokan rambut, terutama pada kasus androgenetic alopecia. Sudah diteliti karena potensinya untuk menghambat produksi DHT, rosemary oil bisa kamu pakai sebagai solusi alami untuk mencegah atau meminimalkan kerontokan rambut.

Mengurangi ketombe dan masalah kulit kepala kering

Pertumbuhan rambut yang sehat dimulai dengan kulit kepala yang sehat, dan minyak rosemary ini mampu dalam mengatasi masalah umum pada kulit kepala. Sifat antimikroba di dalamnya membantu melawan ketombe, sedangkan efek pelembapnya bisa menenangkan kulit kepala yang kering dan iritasi. Dengan menjaga kulit kepala seimbang dan terhidrasi, rosemary oil akan mendukung pertumbuhan rambut yang kuat.

Baca juga: Toxic TikTok: Beberapa Tren Kecantikan di TikTok yang Berbahaya dan Harus Dihindari!

Cara pakai untuk perawatan rambut

Cara pakainya gampang, kok! Kamu bisa campurkan rosemary oil dengan jojoba oil atau coconut oil sebagai minyak pijat untuk kulit kepala. Pijat perlahan selama beberapa menit sebelum keramas seperti biasa. Sebagai alternatif, kamu bisa pakai beberapa tetes rosemary oil ke sampo atau kondisioner kesayanganmu.

Baca juga: Viral di TikTok, 4 Produk Ini Mind Blowing Banget dan Diborong Banyak Orang!

Wah, ternyata banyak ya manfaat minyak alami satu ini untuk kesehatan dan kecantikan rambut! Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu jadi tertarik menggunakan rosemary oil untuk perawatan rambut sehari-hari? Jangan lupa aplikasikan secara rutin supaya rambut rontok berkurang, kulit kepala lebih sehat, dan rambut semakin berkilau!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment