banner-detik

fitnfab

Mengenal Ear Seeds, Salah Satu Pengobatan Alternatif yang Jadi Andalan dari K-Pop Idol!

seo-img-article

Pernah melihat kuping dari K-Pop idol yang penuh dengan stiker yang ditanam batu-batu kecil? Itu adalah ear seeds yang merupakan salah satu pengobatan alternatif yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan!

Ear seeds adalah salah satu bentuk auriculotherapy, sebuah terapi tradisional atau pengobatan alternatif yang berasal dari Tiongkok. Nah, pengobatan tradisional ini memfokuskan pada area telinga dan memiliki tujuan untuk mendorong pelepasan dari endorfin atau yang dikenal sebagai hormon alami tubuh yang memiliki fungsi meredakan rasa nyeri dan stress yang ada di dalam tubuh. Lalu, bagaimana penggunaan dari ear seeds yang bisa menjadi sebuah terapi melalui telinga? Tentu saja, seeds yang menjadi medium dari terapi ini ditempel di beberapa titik di area telinga menggunakan stiker berbentuk lateks dan berukuran kecil. Biasanya, seeds yang ditempel berasal dari biji vaccaria atau saat ini juga banyak pilihan yang bisa jadi seeds untuk ditempel di telinga, seperti magnet, titanium, dan keramik.

Baca juga: Selamat! Anggota BLACKPINK Mendapatkan MBE dari King Charles III

pengobatan alternatif

Terapi ini menjadi cukup populer karena banyak K-Pop idol yang menggunakan terapi ini saat mereka sedang off duty atau menghadiri beberapa acara non-formal. Sejak itu, banyak penggemar yang penasaran dan mulai mencari tahu akan apa itu ear seeds dan apa saja manfaat yang diberikan dari pengobatan alternatif ini. Simak terus ya artikel ini untuk mengetahui lebih jauh apa saja manfaat yang hadir dari ear seeds!

Mengatasi insomnia

pengobatan alternatif

Pengidap insomnia biasanya merasakan susah untuk tidur nyenyak saat malam hari, sekalipun sudah tertidur banyak yang akhirnya bangun lebih awal. Hal ini menyebabkan banyak pengidap insomnia nggak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tentu saja, ini akan berdampak pada kesehatan dan mood dari pengidap insomnia. Bila kamu salah satu dari pengidap insomnia, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan ear seeds. Itu karena ear seeds bisa mengurangi gejala dari insomnia dan meningkatkan kualitas tidurmu.

Baca juga: Sudah Saatnya Beauty Brand Asal Indonesia Tidak Hanya Dikenal Sebagai Brand Lokal

Meringankan rasa sakit punggung

pengobatan alternatif

Yup, ada kabar baik juga untuk kamu yang kerap merasakan sakit dan nyeri di bagian punggung. Dilansir melalui Healthline, di tahun 2013 ada 19 orang yang merasakan sakit punggung dan mengatakan bahwa sakit yang ia derita mulai mengalami pengurangan yang signifikan semenjak menggunakan ear seeds sebagai salah satu terapi untuk menyembuhkan sakit punggung.

Meredakan stress

pengobatan alternatif

Penggunaan dari ear seeds juga bisa membantu kamu untuk meredakan stress dan anxiety yang menghantui, lho. Dilansir melalui Medical News Today, ada beberapa penelitian yang dilakukan pada beberapa tahun dan salah satunya pada tahun 2020. Ada 15 studi yang dilakukan oleh researcher yang menghasilkan bahwa penggunaan ear acupressure ini bisa membantu untuk meringankan beberapa trauma yang menyangkut pada kesehatan mental.

Toleransi rasa sakit

Terakhir, ear seeds juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan toleransi pada rasa sakit. Melalui Healthline, pada studi yang dilakukan di tahun 2015, terdapat 16 orang yang memiliki track record kesehatan yang baik dan mereka menjalankan pain tolerance test sebelum dan sesudah menggunakan ear seeds. Secara mengejutkan, hasilnya cukup mengejutkan karena ternyata penggunaan ear seeds membuat beberapa orang yang memiliki toleransi pada rasa sakit sangat kecil, merasa bahwa toleransi rasa sakit yang dimiliki menjadi jauh lebih besar dari sebelumnya.

Baca juga: Intip Fakta tentang Tengkawang! Tumbuhan asal Kalimantan yang Bikin Tampilan Awet Muda!

Nah, itu dia manfaat ear seeds untuk kesehatan tubuh. Namun, nggak hanya empat manfaat di atas saja yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan ear seeds, masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa menunjang kesehatan tubuh. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, pastikan kamu konsultasi terlebih dahulu ya pada dokter, agar nggak salah langkah!

 

Images: Dok. Pexels, Dok. Instagram/@oh.wonwoo

Slow Down

Please wait a moment to post another comment