banner-detik

beautypedia

Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh dan Kulit, Yuk Kenalan dengan Licorice!

seo-img-article

Dikenal sebagai akar manis, sebenarnya tumbuhan ini sudah digunakan sebagai obat herbal yang sangat berkhasiat untuk tubuh dan kulit, lho! 

Licorice atau yang memiliki nama latin glycyrrhiza glabra ini merupakan sebuah tumbuhan yang banyak tumbuh di wilayah Asia. Maka dari itu, di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai akar manis yang memiliki banyak khasiat untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan, seperti batuk, eksim, dan sembelit. Sering digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan di atas, licorice kerap diolah menjadi teh herbal yang dapat kamu seduh bersama dengan air hangat. Namun, nggak hanya diolah menjadi teh saja, tanaman herbal ini juga bisa kamu temukan dalam bentuk suplemen.

Baca juga: Belum Usia 30 tapi Mata Sudah Berkerut? Ini 7 Tips Jaga Kulit Area Mata Tetap Lembut!

Nah, selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, sebenarnya licorice ini juga bisa kamu temui pada kandungan skincare, lho. Biasanya, ia hadir pada skincare yang dapat membantu mengatasi kulit yang tampak kusam dan mencegah inflamasi pada kulit. Simak terus artikel berikut ini untuk mengenal lebih dekat tentang kandungan akar manis!

Manfaat untuk kulit yang hadir dalam skincare

Membantu kulit wajah tampak lebih cerah

berkhasiat untuk tubuh Yup, licorice memang menjadi salah satu kandungan yang hadir pada banyak skincare dan memiliki fungsi dapat membantu mencerahkan kulit yang tampak kusam. Maka dari itu, bila kamu menemukan skincare yang mengandung licorice, kamu akan melihat penjelasan bahwa ia merupakan salah satu dari brightening agent. 

Menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit wajah

Selain membantu kulit tampak lebih cerah, licorice yang hadir pada skincare seperti serum atau essence dapat membantu regenerasi kolagen pada kulit. Hal ini kemudian akan memberikan efek pada kulit wajah yang terasa dan tampak lebih lembut dan plumpy

Meredakan inflamasi

Bagi kamu yang memang memiliki kulit sensitif dan mudah mengalami kemerahan, kamu bisa coba untuk menggunakan skincare yang memiliki licorice sebagai ingredients-nya. Itu karena ingredient yang satu ini bisa menjadi calming agent yang menenangkan kulitmu saat sedang mengalami iritasi dan membantu untuk mengurangi kemerahan yang ada. Oh iya, licorice juga terkenal sebagai salah satu ingredient yang mampu untuk mengobati kondisi kulit dermatitis atopik atau eksim. 

Sebagai anti-aging

Last but not least, licorice juga sering hadir pada skincare yang memiliki manfaat untuk anti-aging, karena diperkaya dengan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, sehingga bagus untuk menjaga kulit dari timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga: Contek Tips Belanja Parfum dengan Cara ‘Blind Buy’ Biar Nggak Gagal!

Produk skincare yang mengandung licorice

Bagi kamu yang ingin mencoba produk skincare yang menghadirkan licorice dalam kandungannya, kamu bisa coba produk skincare berikut ini! 

NPURE Licorice Portion of Light Serum

berkhasiat untuk tubuh

Serum lansiran dari NPURE ini diperkaya dengan ekstrak licorice, vitamin E, niacinamide, dan crystalide. Seluruh kandungan yang hadir pada serum ini bisa membantu kulitmu tampak lebih cerah, sehat, dan terasa lebih kenyal. Menarik untuk dibeli, ya?

AVOSKIN Your Skin Bae Serum Infused Cleanser Kojic Acid + Glycolic Acid + Licorice Allantion + Sodium Hyaluronate

berkhasiat untuk tubuh

Sabun cuci muka dari Avoskin ini memiliki tekstur gel dan bisa membantu untuk membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan sisa makeup. Menariknya, sesuai dengan nama produknya, sabun cuci muka ini diperkaya dengan active ingredients seperti kojic acid, glycolic acid, licorice, dan sodium hyaluronate yang memiliki fungsi untuk membersihkan pori-pori, mencerahkan kulit, dan menenangkan kulitmu juga.

Sensatia Botanicals Marine Essence 

berkhasiat untuk tubuh

Kalau kamu menyukai produk skincare yang fragrance free, kamu akan suka dengan essence lansiran Sensatia Botanicals berikut ini. Selain mengandung ekstrak licorice yang bisa memberikan efek mencerahkan pada kulit, essence ini juga mengandung alga yang bermanfaat sebagai anti-aging dan niacinamide yang bisa membantu untuk meratakan warna kulitmu. 

Baca juga: Intip 10 Produk Beauty Terbaru dari Brand Lokal! Adakah yang Kamu Suka?

Nah, itu dia manfaat licorice yang berkhasiat untuk tubuh dan sering kamu jumpai pada beberapa skincare yang punya manfaat mencerahkan dan menjaga kekenyalan kulit. Apakah kamu memiliki rekomendasi produk skincare yang mengandung licorice, selain yang ada di atas? Share di kolom komentar ya!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Images: Dok. iStock, Dok. Brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment