banner-detik

eye cream

Belum Usia 30 tapi Mata Sudah Berkerut? Ini 7 Tips Jaga Kulit Area Mata Tetap Lembut!

seo-img-article

Belum memasuki usia 30 tahun, tapi kulit area mata kamu tampak lelah, gelap, dan berkerut? Yuk, lakukan beberapa langkah di bawah ini!

Kulit area mata sangat lembut, lebih tipis, dan sensitif dibandingkan area lainnya di wajah. Kulit area mata juga merupakan salah satu area yang paling mudah menunjukkan tanda penuaan, selain area leher dan punggung tangan. Makanya, kamu perlu lebih berhati-hati dan merawat kulit area mata dengan ekstra. Simak tips ini supaya kulit area matamu tetap lembut dan awet muda!

Bersihkan wajah dengan gentle

Cara menjaga kulit area mata

Dilarang terlalu kasar saat membersihkan wajah, terutama area mata! Kulit area mata sangatlah sensitif dan tipis, sehingga, kalau kamu menggosoknya terlalu keras, kulitmu akan jadi lebih cepat keriput atau berkerut, dan bisa iritasi. Pakai pembersih wajah yang formulanya lembut untuk menghapus makeup mata, seperti eye makeup remover, cleansing balm, atau cleansing oil agar sisa makeup mudah luruh dan kulit tetap lembap. Lalu, lanjutkan dengan facial wash yang mild dan nggak bikin kulit kering.

Baca juga: Ikuti 6 Tips Ini Agar Kulit Area Mata Tetap Awet Muda!

Kompres dengan hydrating toner

Merawat kulit area mata

Kamu bisa mengandalkan CSM (Chizu Saeki Method) juga, lho! Ambil sehelai kapas yang tipis, tuangkan hydrating toner favoritmu sampai kapasnya sangat basah, lalu tempelkan di area bawah mata, lakukan hal serupa untuk mata sebelahnya, diamkan selama 15 menit. Cara ini mampu melembapkan dan melembutkan kulit area mata yang kering secara instan. Setelahnya, kamu bisa lakukan step skincare selanjutnya.

Baca juga: 7 Hydrating Toner Korea Wajib Coba untuk Bikin Kulit Lebih Lembap dan Plumpy!

Gunakan eye cream secara rutin

Menjaga kulit area mata

Eye cream adalah produk skincare yang sebaiknya sudah rutin kamu aplikasikan sejak usia 25 tahun. Kalau mau pakai sejak usia 20 tahun pun boleh, lho! Untuk usia 25+, kamu bisa pilih eye cream dengan kandungan seperti Hyaluronic Acid dan Ceramide untuk melembapkan kulit. Kandungan Retinol, Peptide, ginseng, dan marine collagen bisa dijadikan pilihan kalau area matamu mulai menunjukkan kerutan atau garis-garis halus. Sementara, kandungan yang mencerahkan seperti licorice dan Niacinamide, bisa kamu pilih kalau kulit area matamu kusam dan ada dark circles.

Baca juga: 4 Eye Cream dengan Kandungan Retinol untuk Bikin Tampilan Mata Lebih Awet Muda!

Tambahkan dengan eye serum

Pakai eye serum untuk menjaga kulit area mata

Sudah rutin menggunakan eye cream setiap hari, tapi kamu masih merasa hasilnya kurang terlihat? Coba deh kombinasikan dengan produk eye serum juga! Eye cream punya tekstur yang lebih creamy dan moist, mampu melembapkan kulit area mata dengan maksimal. Sementara eye serum atau eye ampoule memiliki tekstur yang lebih ringan namun terkonsentrasi, seperti layaknya face serum, sehingga cara kerjanya bisa lebih cepat. Kamu bisa aplikasikan eye serum setelah face serum, lalu lanjutkan dengan moisturizer dan eye cream. Menggunakan dua jenis eye treatment sekaligus bisa bikin kulit area matamu lebih halus dan kencang, dark circle pun berkurang.

Baca juga: Penting untuk Kulit Sensitif, Ini 7 Tips Simpel Pakai Retinol Tanpa Iritasi!

Pijat dengan gua sha

Kalau kamu membeli eye cream yang sudah ada aplikatorhya, jangan disia-siakan ya! Gunakan untuk meratakan produk dan memijat kulit area mata, agar produk cepat meresap, kulit jadi lebih rileks, dan efektivitas eye cream menjadi lebih baik. Kalau produknya nagged dilengkapi dengan aplikator atau massager, kamu bisa pijat dengan gua sha, face roller, atau bahkan jari-jari tanganmu. Cara ini bisa membuat kulit area mata jadi lebih lifted dan terlihat fresh!

Baca juga: Mata Letih dan Keriput? Ini Rekomendasi Eye Serum Mewah untuk Usia 40-an!

Pakai eye gel patch lebih sering

Buat kamu yang masih sering merasa area kulit matanya kering dibanding dengan area kulit lain, kamu bisa membeli produk eye gel patch dan menggunakannya lebih sering. Misalnya, sambil bekerja di depan laptop, sambil nonton serial kesukaan, atau quick nap di hari Minggu. Cukup 10-15 menit saja sekali pakai, namun bila dilakukan secara rutin, eye gel patch akan memberikan hidrasi, mengurangi puffy, dan memberi tampilan yang lebih segar pada area mata.

Baca juga: Nggak Lengket dan Nyaman Seharian, 5 Sunscreen Serum Ini Tepat untuk Cuaca Panas!

Selalu pakai sunscreen

Ketika menggunakan sunscreen, jangan lewatkan area mata ya! Bubuhkan pada bagian awah mata, kelopak mata, dan pelipis secara merata. Kenapa sunscreen juga penting untuk kulit area mata? Karena, sunscreen mampu mencegah penuaan dini, yang mudah sekali terjadi di area tersebut. Pilih formula sunscreen yang bagus, mudah meresap, dan nggak bikin mata kamu perih ya!

Selain 5 cara di atas, kamu tentu harus memperbaiki gaya hidup, mulai dari mengurangi rokok, hingga memastikan untuk cukup tidur setiap hari. Merokok dan begadang setiap hari sangat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, terutama pada area mata.

 

Image: Freepik, dok. brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment