banner-detik

beauty school

Contek Tips Belanja Parfum dengan Cara ‘Blind Buy’ Biar Nggak Gagal!

seo-img-article

Tergiur sama sederet parfum yang baru rilis, tapi masih mikir-mikir untuk belanja parfum tersebut karena takut wanginya nggak cocok sama kamu? Coba intip tips dari FD Member Fidhia Ayu!

Belakangan ini, banyak banget brand yang meluncurkan parfum terbaru dengan sederet aroma yang berbeda-beda. Ada yang aromanya floral, fruity, woody, smokey, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang masih ‘awam’ dengan dunia parfum, tentunya nggak mudah untuk belanja parfum tanpa mencium aromanya secara langsung. Tapi, kamu juga mungkin punya kesibukan lain yang membuatmu jarang punya kesempatan untuk sniff parfum langsung di store-nya. Nah, kebetulan ada FD Member yang juga sekaligus fragrance enthusiast yaitu Fidhia Ayu! Ia bakal membagikan tips untuk blind buy perfume, plus bakal spill rekomendasi parfum yang disukainya! Penasaran?

Baca juga: Punya Wangi Melati yang Mistis, Ini Dia Parfum Kunticore yang Bisa Dicoba!

FD Member Fidhia Ayu

Tips blind buy perfume anti gagal

Kalau lihat di Instagramnya Fidhia, ia memang suka banget mengeksplor berbagai macam parfum, mulai dari yang lokal hingga internasional. Menariknya, nggak semua parfum yang ia punya tuh langsung beli di store-nya, lho. Ada pula parfum-parfum yang dibeli secara online, tanpa mencium aromanya secara langsung. Menariknya, blind buy perfume yang dilakukannya jarang ada yang gagal.

Menurut Fidhia, cara sukses untuk belanja parfum tanpa menciumnya secara langsung adalah dengan mengetahui jenis wangi yang kamu suka terlebih dahulu. Kamu bisa mencari tahu dan membaca-baca notes parfum yang memang cocok di hidungmu. Biasanya, ada notes yang sama pada parfum dengan wangi yang sejenis. Dari situlah kamu bisa tahu mana saja notes parfum yang pas untukmu.

Baca juga: 5 Rekomendasi Parfum Lokal Tahan Lama yang Layak Kamu Coba!

Nah, kalau sudah tahu detail notes yang kamu sukai, baru deh cari parfum-parfum dengan notes tersebut. Menurut Fidhia, cara ini berhasil buat dirinya ketika lagi blind buy perfume. Saya kasih sedikit contoh supaya ada gambaran, ya! Jadi, kalau kamu lebih suka aroma floral yang fresh, tapi ketika lihat notes parfum yang ingin dibeli secara online yang muncul adalah notes seperti vanilla, caramel, berry, atau sejenisnya, maka parfum itu kurang tepat dengan preferensimu. Sebaliknya, kamu bisa cari parfum dengan notes rose, jasmine, dan sejenisnya yang memberikan aroma segar. Ternyata, nggak terlalu sulit kan untuk belanja parfum tanpa menciumnya terlebih dahulu?

Selain kasih tips, ada juga rekomendasi parfum underrated!

belanja parfum

Kalau sudah mencatat tips dari Fidhia, kamu juga bisa melirik parfum rekomendasinya yang nggak mainstream! Yup, itu adalah Etat Libre d’Orange Les Fleurs du Dechet I am Trash EDP. Parfum yang satu ini punya aroma yang fresh dari apple notes dan ada hint of citrusy, ketika pertama kali disemprotkan. Setelah disemprotkan beberapa lama, wanginya pun berubah menjadi lebih ambery dan ada sedikit sentuhan woody-nya. Untuk dry down-nya, tercium aroma yang powdery, disertai aroma fruity yang lembut dibandingkan pertama kali disemprot. Menarik, ya?

Nah, meskipun Fidhia membelinya di store secara langsung, tapi menurutnya parfum ini ‘blind buy friendly’ karena cukup unisex, bisa dipakai oleh cewek maupun cowok. Plus, bisa dipakai untuk daily atau special occasion. Jadi, nggak akan zonk!

Baca juga: Dari Jeng Yah sampai Rukayah, Inilah Deretan Parfum yang Mengingatkan pada Serial ‘Gadis Kretek’

Tips biar aroma parfum lebih tahan lama

tips belanja parfum

Kalau sudah sukses belanja parfum dengan cara ‘blind buy’, ini saatnya kamu memaksimalkan penggunaan parfum! Yes, supaya aromanya lebih tahan lama di tubuh, kamu bisa memakai body lotion terlebih dahulu, sebelum menyemprotkan parfum ke kulit. Saran dari Fidhia, lebih baik pakai body lotion yang unscented, kemudian semprotkan parfum ke titik-titik nadi seperti di pergelangan tangan, belakang telinga, siku bagian dalam, dan lainnya. Kamu juga bisa ikuti trik Fidhia dengan menyemprotkan 2-3 kali di titik yang sama, ya!

Itu dia tips penting saat ingin blind buy perfume dan memaksimalkan penggunaan parfum! Gimana, mudah banget diikuti, kan? Kamu punya tips lain untuk belanja parfum di online store, nggak? Comment, ya!

 

Image: Freepik, Dok. Female Daily, Dok. Fidhia Ayu

Slow Down

Please wait a moment to post another comment