banner-detik

entertainment

Kupas Tuntas Outfit Dasiyah di 'Gadis Kretek' bersama Costume Designer, Hagai Pakan!

seo-img-article

Terpikat sama kebaya yang dipakai Dian Sastrowardoyo alias Dasiyah di serial ‘Gadis Kretek’? Kalau gitu, kamu wajib simak cerita tentang perancangan busana tersebut, langsung dari sang costume designer, Hagai Pakan!

Sudah 2 minggu sejak penayangan, serial ‘Gadis Kretek’ masih ramai diperbincangkan. Perbincangannya pun beragam banget, mulai dari jalan cerita, #TimSoeraja atau #TimSeno, keadaan Purwanti yang cocok sama lagu Backburner, Rukayah yang super kuat, dan tentunya Dasiyah si karakter utama juga nggak lepas dari perbincangan masyarakat. Sosok Dasiyah yang diperankan Dian Sastrowardoyo ini bukan hanya dicintai karena karakternya yang kuat dan teguh pendirian, melainkan penampilannya juga bikin para penonton terpikat.

Menariknya, saya dapat kesempatan buat ngobrol panjang lebar bersama costume designer dari serial ‘Gadis Kretek’ yaitu Hagai Pakan. Jadi, di artikel ini saya bakal kupas tuntas semua hal tentang busana yang dipakai Dasiyah! Penasaran kan, seperti apa cerita di baliknya?

Baca juga: Ini Dia Kisah di Balik Warna Kebaya Dian Sastrowardoyo!

Konsep busana Dasiyah

kebaya dian sastro di gadis kretek

Jika dilihat dari bentuk kebayanya saja, kamu pasti sudah tahu kalau konsep busana Dasiyah ini berkaitan dengan unsur tradisional, kan? Yup, Hagai Pakan menggabungkan unsur tradisional dan kontemporer pada busana Dasiyah, serta menyesuaikan dengan latar tahun 1960-an. Ia juga menggabungkan beberapa model kebaya seperti kebaya janggan, surjan, dan klasik, sehingga terciptalah kebaya ala Dasiyah yang memberikan kesan ‘kuat’ pada karakter Jeng Yah.

 

Kebaya yang terinspirasi dari istri Pangeran Diponegoro

kebaya gadis kretek

Mungkin sebagian dari kamu belum familiar dengan model kebaya yang dipakai Dasiyah. Yes, itu karena memang kebaya janggan dan surjan lebih sering dikenakan pada zaman dahulu. Plus, kebaya Dasiyah ini juga terinspirasi dari pakaiannya Ibu Ratna Ningsih, istri pangeran Diponegoro, lho. Tak hanya kebayanya saja, Hagai juga menerapkan gaya berpakaian masyarakat pada tahun 1800-an yang kerap memakai berbagai aksesori di pakaiannya.

Oh iya, selain mengambil inspirasi dari Ibu Ratna Ningsih, Hagai sebagai costume designer juga mengatakan kalau kebaya Dasiyah ada yang terinspirasi dari Chitra Dewi, sosok artis legendaris yang penampilannya juga tampak klasik. Kebaya Dasiyah yang terinspirasi dari Chitra Dewi ini merupakan kebaya putih yang dipakai Jeng Yah saat pernikahan Soeraja, serta scene ikonis di stasiun.

Baca juga: 3 Fakta Menarik Dasiyah yang Diperankan Dian Sastrowardoyo di ‘Gadis Kretek’!

Melalui riset yang panjang

Jangan salah, menentukan busana untuk satu karakter itu butuh riset yang panjang, lho. Kebaya Dasiyah sendiri dibuat melalui riset yang panjang dan sangat teliti. Jadi, pakaiannya harus sesuai dengan era 60-an dan nggak boleh lebih baru dari tahun tersebut. Alhasil, Hagai Pakan juga menilik kembali pada gaya berbusana era 20-an atau 30-an, yang tentunya masih menjadi gaya busana yang dipakai pada tahun 60-an. Jadi, jangan sampai ada pakaian yang tahun 80-an atau 90-an yang dipakai oleh karakter pada era 60-an di serial ‘Gadis Kretek’.

 

Proses pembuatan pakaian Dasiyah

pakaian dasiyah di gadis kretek

Penasaran kan, gimana proses pembuatan kebaya Dasiyah? Nah, ternyata semua kebaya yang dipakai Dasiyah itu 100% dibuat oleh sang costume designer yaitu Hagai Pakan! Jadi, dari proses pertama sampai akhir, semuanya dihandle oleh Hagai. Bahkan, ia juga mencari seluruh bahan kebaya, kain, serta mencari aksesori sendiri.

Nggak cuma itu saja, bahan dari pakaian Dasiyah juga benar-benar dipilih secara teliti, supaya benar-benar memberi kesan klasik dan vintage yang nyata. Jadi, kebanyakan material yang dipakai yaitu sutra dan katun. Untuk aksesorinya, Dasiyah juga memakai aksesori yang bermodel antik. Selain memakai aksesori dari Tulola, ia juga memakai aksesori yang dibeli dari vintage shop dan kolektor aksesori di Yogyakarta. Wah, ternyata sangat panjang ya perjalanan untuk mendapatkan pakaian yang sesuai?

Baca juga: Tampil Fearless sebagai Dasiyah, Ini 4 Kebaya Dian Sastrowardoyo!

Nah, itu dia cerita dari A sampai Z seputar pakaian yang dipakai Dasiyah di serial ‘Gadis Kretek’! Ternyata, proses yang dilakukan Hagai Pakan benar-benar panjang, untuk menghasilkan sebuah karya yang istimewa. Gimana nih, kamu suka juga kan dengan busana Dasiyah sepanjang scene ‘Gadis Kretek’? Dari semua kebaya yang ia pakai, mana yang paling kamu suka? Comment di bawah, ya!

 

Image: Dok. Female Daily/Salma Nur Hanina, Netflix

Slow Down

Please wait a moment to post another comment