ic-fd

Penuh Pelajaran Berharga, Ini Alasan Drakor ‘Daily Dose of Sunshine’ Wajib Ditonton!

lifestyle
author

diaan_acil・15 Nov 2023

detail-thumb

‘Daily Dose of Sunshine’ sudah tayang di Netflix secara penuh, ini saatnya kamu belajar tentang Mental Health! 

Drama Korea ‘Daily Dose of Sunshine’ baru saja rilis di Netflix secara penuh pada 3 November. Drama yang menyajikan cerita tentang kesehatan mental ini dipastikan dapat menambah wawasan kamu seputar kesehatan mental. Bukan hanya depresi, tapi juga berbagai jenis penyakit yang membuat kamu sadar, jika dilihat lebih jauh, kesehatan mental memiliki berbagai macam jenis yang butuh perawatan khusus masing-masing. 

Baca juga: Ini Dia Kisah di Balik Warna Kebaya Dian Sastrowardoyo di ‘Gadis Kretek’!

Walaupun drama ini bisa memicu perubahan energi dalam diri ketika kamu sedang down, namun, bagi kamu yang lagi nggak bermasalah dengan apapun, bisa mencoba untuk nonton drama ini setidaknya sekali seumur hidup. Supaya memperkuat keinginan kamu untuk nonton, berikut adalah beberapa alasan yang bikin drama ini menarik!  

Berdasarkan kisah nyata 

Drama ini merupakan adaptasi dari webtoon dengan judul serupa karya Lee Ha Ra. Pasalnya, cerita ini juga diangkat dari kisah nyata seorang mantan perawat yang menuliskan ceritanya. Nah, perbedaannya terletak di representasi. Pada webtoon, semua karakter direpresentasikan sebagai hewan antropomorfik. Sementara, di dramanya mengambil pendekatan yang berbeda, tapi sama imajinatifnya dengan memvisualisasikan pengalaman pasien yang berbeda-beda.

Baca juga: Di Luar Ekspektasi, D.O EXO dan Ji Chang Wook Bakal Beradu Akting di ‘Sculptured City’!

Visual representasi penyakit yang mudah dipahami 

Terkadang, untuk menangkap sebuah visual terkait penyakit mental tertentu akan sulit dicerna jika eksekusi visualnya kurang mendukung. Namun, sejak episode 1 semua visual yang disajikan, seperti apa pikiran pasien, bagaimana pikiran bipolar itu terjadi, hingga rasa depresi, digambarkan secara sempurna dan blak-blakan oleh drama ini. Sehingga, ada satu titik dimana kita bisa paham mengapa ada orang yang suka telanjang tiba-tiba.

Memberikan tips menghadapi penyakit mental 

Drama ini seperti paket lengkap, deh! Bukan cuma belajar berbagai penyakit mental, tapi juga memahami bagaimana seharusnya kita menyikapi jika seseorang terdekat kita mengidap penyakit mental. Bahkan, setiap pasien memiliki treatment yang berbeda-beda. Walaupun nggak bisa sembuh total dalam waktu singkat, namun penyakit ini bisa disembuhkan secara perlahan dengan rutin mengonsumsi obat dari dokter dan menjalankan terapi yang bisa membuat hidup jadi lebih damai. 

Baca juga: Siap-Siap Ketemu Red Velvet Hingga Key SHINee Bulan Depan, Tiket Sudah Bisa Dibeli di Lazada!

Banyak pesan penting untuk penonton 

Rasanya, setiap episode adalah pelajaran berharga, seperti lagi belajar materi jurusan kedokteran di bidang kesehatan mental. Bukan cuma cara menangani pasien dan mengenal berbagai penyakit yang lumrah terjadi, tapi juga ada pesan-pesan positif membangun yang dapat menguatkan para penonton. Salah satunya pesan positif yang disampaikan yaitu “Hidup terkadang memang harus egois untuk dapat bertahan hidup dan nggak depresi,” ujar kepala perawat. 

Itulah beberapa alasan kenapa kamu wajib nonton drama yang dibintangi oleh Park Bo Young dan Yeon Woo Jin. 

Bagi yang sudah nonton, bagaimana tanggapan kamu? 

 

Image: Netflix