banner-detik

hair care

Beautypedia: Mengenal Manfaat Biotin yang Selalu Hadir pada Produk Perawatan Rambut

seo-img-article

Nggak hanya hadir di produk perawatan rambut, biotin juga kerap hadir dalam produk perawatan bulu mata dan alis. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Yuk, kenalan lebih jauh dengan biotin!

Saat kamu membeli produk perawatan rambut, apakah kamu suka memerhatikan apa saja kandungan yang ada di dalamnya? Kalau iya, pasti kamu kerap menemukan biotin di dalam list. Nah, biotin adalah salah satu vitamin B kompleks yang memiliki manfaat untuk mendukung pembentukan keratin dan membantu pertumbuhan rambut. Selain ditemukan pada produk perawatan rambut, kamu juga bisa nih menemukan biotin pada produk perawatan bulu mata dan alis, lho. Penasaran ingin tahu lebih detail mengenai biotin? Yuk, simak terus artikel ini ya! 

Baca juga: Ini Dia Kisah di Balik Warna Kebaya Dian Sastrowardoyo di ‘Gadis Kretek’!

Apa itu biotin?

perawatan rambut

Biotin atau yang dikenal sebagai vitamin B7 merupakan salah satu vitamin B kompleks yang dapat mengubah lemak dan karbohidrat yang ada di dalam makanan menjadi energi, kemudian akan menghasilkan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, tapi banyak juga yang menyebut biotin sebagai vitamin H yang merupakan kelompok dari vitamin B. Lalu, kenapa disebut dengan vitamin H? Yup, kalimat ini hadir karena manfaat utama dari biotin dapat dirasakan secara langsung untuk rambut dan kulit, yang dalam bahasa Jerman disebut “Haar” dan “Haut”. Selain itu, biotin juga menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk ibu hamil dan janinnya, lho! 

Nah, kamu bisa menemukan biotin pada kandungan perawatan rambut dan ini juga hadir dalam produk yang beragam, mulai dari suplemen, produk seperti shampoo, conditioner, dan vitamin rambut. Maka dari itu, nggak heran banyak produk perawatan yang selalu highlight biotin sebagai kandungan yang bisa memberikan manfaat instan untuk rambut. Tetapi, saat ini banyak juga produk perawatan untuk bulu mata dan alis menambahkan biotin ke dalam kandungannya. Yup, tentu saja biotin berperan sebagai salah satu vitamin yang bisa membantu produksi keratin, menguatkan akar-akar rambut agar nggak gampang patah, dan mempercepat pertumbuhan rambut!

Manfaat dari biotin 

Membantu produksi keratin 

Yup, biotin merupakan salah satu vitamin yang dapat larut dalam air dan memiliki fungsi dapat membantu produksi keratin yang ada pada tubuh. Nah, keratin sendiri adalah protein yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit hingga rambut. Jadi, bila memang produksi keratinmu pada level yang bagus, tentu saja kesehatan kulit dan rambut juga akan jadi lebih terjaga. 

Menguatkan akar rambut 

Apabila kamu kekurangan nutrisi, akar rambut akan berpotensi melemah dan menghadirkan kerontokan yang sangat mengganggu. Bila kamu mengalami masalah ini, kamu bisa mulai dengan konsumsi vitamin yang mengandung biotin di dalamnya dan coba gunakan produk untuk merawat rambut yang sama mengandung biotin. Itu karena biotin punya peranan dalam memproduksi asam lemak yang dapat membantu memecah protein menjadi asam amino, dan kemudian bisa menguatkan rambut hingga akar.

Menutrisi kuku

Coba perhatikan kukumu, apakah rapuh dan mudah patah? Kalau iya, mungkin kamu perlu asupan biotin! Yup, selain memiliki manfaat untuk kulit dan rambut, biotin juga berperan untuk menjaga kesehatan kuku, lho. Untuk menghadapi permasalahan kuku rapuh yang mudah patah, kamu bisa mencoba suplemen yang mengandung biotin untuk mulai mengembalikan kesehatan kuku seperti sedia kala.

Baca juga: Beautypedia: Buah Merah, Rahasia Awet Muda Perempuan Papua

Produk beauty yang mengandung biotin

Nah, kalau kamu mencari produk beauty yang mengandung biotin. Kamu bisa nih lirik produk-produk di bawah ini!

Sensatia Botanicals Biotin Lash & Brow Serum

perawatan rambut

Baru saja rilis di tahun 2023, salah satu produk perawatan untuk bulu mata dan alis dari Sensatia Botanicals yang bertajuk Biotin Lash & Brow Serum ini diperkaya oleh biotin, ginseng, dan sea buckthorn. Ketiga ingredients tersebut dapat membantu menutrisi bulu mata dan alis, terjaga kelembapannya, dan membantu pertumbuhannya, lho

The Originote 2 in 1 Lash and Brow Serum

perawatan rambut

Sama seperti milik Sensatia Botanical, serum ini bisa kamu gunakan untuk bulu mata dan alis. Namun, ada perbedaan kandungan di antara keduanya. Pada The Originote 2 in 1 Lash and Brow Serum terdapat biotin, peptides, dan ekstrak ginseng yang akan membantu pertumbuhan bulu matamu lebih cepat. 

Mane ‘n Tail Micellar Shampoo

perawatan rambut

Salah satu shampoo yang memiliki kandungan biotin adalah Mane ‘n Tail Micellar Shampoo. Dengan kandungan biotin yang terdapat di dalamnya, shampoo ini bisa membantu pertumbuhan rambut lebih cepat. Selain itu, shampoo ini juga bisa membersihkan kulit kepalamu tanpa menghilangkan minyak alaminya. Plus, cocok untuk kamu yang memiliki kulit kepala sensitif.

OGX Thick and Full Shampoo

Cocok digunakan untuk kamu yang memiliki rambut tipis, OGX Thick & Full Biotin & Collagen Shampoo ini diperkaya dengan biotin, kolagen, dan protein gandum yang akan membantu pertumbuhan rambut agar tampak sehat dan terasa tebal. Lalu, shampoo ini juga memiliki perpaduan wangi dari bergamot, melati, dan vanilla yang membuat pengalaman mencuci rambut jadi lebih nyaman.  

Baca juga: Penggemar Aroma Creamy Wajib Coba 4 Wewangian Beraroma Manis Kelapa Ini!

Nah, itu dia sederet informasi mengenai biotin yang sering hadir di produk-produk perawatan rambut, bulu mata, dan alis. Kira-kira, apa produk favoritmu yang memiliki kandungan biotin di dalamnya? Tulis ya di kolom komentar!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Images: Dok. iStock, Dok. Brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment