banner-detik

beauty school

Ketahui Apa Itu Bruxism dan Penyebab Terjadinya Hal Tersebut!

seo-img-article

Pernah menggertakan gigi saat tidur atau ketika sadar? Jangan anggap hal itu sepele, karena bisa jadi kamu mengalami bruxism!

Normalnya, ketika seseorang menutup mulut, tentu nggak akan ada suara yang muncul dari dalam mulut. Namun, beberapa orang justru akan menggertakkan gigi secara tidak disengaja, bahkan ketika mereka dalam keadaan menutup mulut dan bukan sedang mengunyah sesuatu. Yup, keadaan tersebut dinamakan bruxism. Penasaran kan, apa sih sebenarnya masalah ini dan kenapa bisa terjadi? Yuk simak artikel ini!

Baca juga: Mengenal Kebaya Janggan, Outfit Dian Sastrowardoyo di Busan International Film Festival 2023!

Apa itu bruxism?

Bruxism merupakan suatu kondisi ketika seseorang menggertakkan atau menggesekkan giginya, sehingga menimbulkan suara kertak gigi. Hal ini juga bisa terjadi dalam keadaan tidur maupun saat sadar. Menurut sebagian ahli, kondisi ini terjadi karena gangguan sistem saraf, gangguan tidur, dan bentuk rahang atau susunan gigi tertentu. Namun, kondisi ini juga sering dikaitkan dengan psikologis individu tersebut.

Jenis-jenis bruxism dan penyebabnya

Awake bruxism

Masalah ini merupakan kondisi ketika kamu menggertakkan gigi saat terjaga dan nggak sedang tidur. Hal ini bisa terjadi ketika kamu merasa cemas atau stres, sehingga menyebabkan gigi gemeretak secara refleks.

penyebab bruxism

Sleep bruxism

Selain terjadi saat sadar, masalah ini bisa terjadi ketika kamu tidur. Yup, sleep bruxism merupakan kondisi ketika kamu menggertakkan dan menggesekkan gigi saat tidur secara nggak disengaja. Bukan disebabkan oleh kecemasan, hal ini bisa terjadi karena seseorang punya gangguan tidur, seperti mendengkur. Yang perlu kamu tahu, kondisi ini bisa menyebabkan dampak yang lebih buruk dibandingkan jenis yang satunya lagi, lho.

Baca juga: Apa Benar Kulit Acne Prone Lebih Cocok Pakai Sunscreen SPF 30? Simak Penjelasan dari Funskincare!

Gimana cara mengatasinya?

bruxism

Tentunya, masalah ini nggak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa menimbulkan masalah lain jika terlalu lama terjadi. Lalu, apa yang perlu dilakukan oleh seseorang yang mengalami bruxism?

Pertama, kamu harus berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengecek kondisi gigi dan mengidentifikasi kemungkinan penyebab bruxism yang dialami. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan psikologi atau psikiater untuk mendiskusikan tentang coping stress yang lebih baik, sehingga mengurangi terjadinya bruxism dan timbul dampak buruk akibat hal tersebut.

Baca juga: Membuat Tubuh Lebih Sehat, Ini Cara dan Manfaat dari Jalan 10 Ribu Langkah Setiap Hari!

Jadi, kalau kamu sudah mengalami hal tersebut, segera lakukan pemeriksaan supaya bisa ditangani dengan cepat dan tepat, supaya bisa mencegah dampak buruk lainnya terjadi!

Yup, itu dia bruxism dan mengapa hal tersebut terjadi. Kalau kamu sendiri, pernah mengalami hal serupa, nggak? Kalau iya, apa sih yang kamu lakukan untuk menanganinya? Share di kolom komentar, ya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment