banner-detik

entertainment 2

Mengenal Kebaya Janggan, Outfit Dian Sastrowardoyo di Busan International Film Festival 2023!

seo-img-article

Salfok sama penampilan Dian Sastrowardoyo yang stunning di acara Busan International Film Festival? Yuk intip fakta menarik tentang kebaya janggan yang ia pakai!

Pada tanggal 4 Oktober lalu, Dian Satrowardoyo dengan sederet pemain series ‘Gadis Kretek’ menghadiri acara Busan International Film Festival. Sebelum acara pemutaran ‘Gadis Kretek’, para pemain series tersebut menghadiri red carpet dengan busana yang menawan. Tak ketinggalan, Dian Sastrowardoyo sebagai karakter Dasiyah di series ‘Gadis Kretek’ juga tampil stunning. Ia menggunakan kebaya janggan berwarna navy rancangan Sapto Djojokartiko. Kebaya yang memiliki desain unik ini pun mencuri perhatian banyak orang karena tampak sangat mewah dan cocok dipakai oleh Dian Sastro!

Nah, ternyata kebaya janggan ini juga punya cerita di baliknya, lho. Penasaran, seperti apa?

Baca juga: Super Stunning! Ini Gaya Dian Sastrowardoyo sebagai Pemeran ‘Gadis Kretek’ di Busan Film Festival!

Apa sih kebaya janggan?

Kebaya janggan adalah model kebaya yang mirip dengan surjan laki-laki. Namun, di bagian kerahnya dibuat lebih tinggi hingga menutup leher. Nah, bukan hanya nama, ternyata ada arti di balik penamaan kebaya janggan, lho. Jadi, kebaya janggan berasal dari kata ‘jangga’ yang artinya leher dalam bahasa Jawa. Hal ini dikarenakan kebaya janggan memang punya ciri khas pada bagian leher yang membedakan dengan desain kebaya lain. Oh iya, meski didesain mirip dengan surjan laki-laki, kebaya janggan ini dibuat untuk perempuan, ya!

Baca juga: Naksir dengan Gaya Sherina di ‘Petualangan Sherina 2’? Yuk, Intip Tas yang Dipakai!

kebaya janggan yang dipakai dian sastrowardoyo

Merupakan kebaya yang berasal dari Jawa

Yup, kebaya janggan berasal dari Jawa dan biasanya dipakai oleh masyarakat keraton. Biasanya, kebaya ini juga dipakai ketika ada upacara untuk abdi dalem keraton. Tak hanya itu, kebaya janggan juga sudah dipakai sejak era peperangan Indonesia dengan Belanda. Kala itu, Ibu Ratna Ningsih yang merupakan istri dari Pangeran Diponegoro selalu memakai kebaya janggan ketika mendampingi sang suami berjuang melawan Belanda.

Memiliki makna yang dalam

Bukan sekadar kebaya, ternyata kebaya janggan memiliki makna yang dalam, lho. Yup, kebaya janggan sendiri juga merepresentasikan ketegasan dan kesederhanaan. Itu semua karena kebaya janggan selalu menggunakan warna gelap, khususnya hitam yang melambangkan hal tersebut.

Baca juga: Bertualang hingga Berpesta, Lirik Gaya Outfit Sherina di ‘Petualangan Sherina 2’!

Yes, itu dia beberapa hal seputar kebaya janggan yang juga dipakai oleh Dian Sastrowardoyo saat menghadiri red carpet Busan International Film Festival 2023. Kalau kamu sendiri, suka nggak sih dengan desain kebaya janggan? Commen, ya!

 

Image: Instagram @therealdisastr

Slow Down

Please wait a moment to post another comment