banner-detik

burts bees

Apa Benar Kulit Acne Prone Lebih Cocok Pakai Sunscreen SPF 30? Simak Penjelasan dari Funskincare!

seo-img-article

Buat para pemilik kulit acne prone, memilih skincare memang jadi hal yang cukup sulit, terutama untuk produk sunscreen. Kira-kira, produk seperti apa sih yang patut dipakai acne-prone skin?

Acne-prone skin gang, sini merapat deh! Kamu pasti pernah, atau bahkan sering mengalami kesulitan saat memilih sunscreen, kan? Pakai sunscreen A, bikin kulit makin berminyak. Pakai sunscreen B, malah bikin pori-pori tersumbat. Pakai sunscreen dengan kandungan SPF yang super tinggi pun belum tentu cocok. Tapi, kalau pakai yang SPF-nya rendah, apakah bisa melindungi kulit secara maksimal? Yup, keresahan tersebut memang kerap dialami oleh para pemilik kulit acne prone. 

Supaya nggak bingung lagi harus pakai sunscreen seperti apa, yuk simak obrolan saya dengan Claudia @funskincare!

Baca juga: Cocok untuk Kulit Super Kering, Ini 4 Sunscreen untuk Usia 40-an yang Lembap Maksimal!

Sunscreen yang pas buat acne-prone skin

Berbagai brand sunscreen seringkali mengklaim kalau produknya cocok untuk kulit berminyak, kering, hingga untuk kulit berjerawat. Namun, sebenarnya formula sunscreen seperti apa sih yang cocok buat acne-prone skin

Menurut Claudia, sebenarnya kecocokan sunscreen buat kulit berjerawat tuh nggak dilihat dari golongan jenis UV filternya, misalnya chemical atau physical sunscreen. Justru, yang perlu diperhatikan adalah formulanya. Misalnya untuk acne-prone skin yang kulitnya cenderung berminyak, bisa memilih sunscreen gel yang lebih ringan dan nggak menyumbat pori-pori.

Oh iya, kamu juga bisa mempertimbangkan beberapa pros and cons dari masing-masing jenis sunscreen, sehingga bisa cocok dipakai untuk kulit berjerawat. Untuk chemical sunscreen, biasanya teksturnya lebih gampang diblend, bisa menghidrasi kulit, nggak ada whitecast, serta nyaman dan nggak berat di kulit. Tapi, minusnya adalah bisa menyebabkan iritasi, khususnya kalau kulitmu sensitif. 

Sedangkan untuk physical sunscreen, formulanya lebih pas buat kulit sensitif. Tapi, teksturnya kadang terasa berat, meninggalkan whitecast, serta perlu effort lebih ketika diblend.

Step skincare untuk acne-prone skin

step skincare untuk kulit acne prone

Kalau kamu pemilik acne-prone skin, mungkin kamu pernah kebingungan untuk menentukan step skincare yang tepat buat kulit. Apakah harus pakai produk A dulu, atau boleh skip pakai produk tertentu? Menurut Claudia, salah satu step skincare yang bisa jadi referensi untuk pemilik acne-prone skin adalah memakai serum, kemudian dilayer dengan sunscreen pada pagi hari. Jadi, kamu bisa skip pakai moisturizer. Namun, perlu dicatat bahwa kamu sebaiknya memilih produk sunscreen dengan tekstur gel, cream, atau lotion yang cukup menghidrasi, ketika ingin skip pakai sunscreen di pagi hari.

Baca juga: Tampil Bak Sosok Peri, Inilah Penampilan Sherina Munaf di Premiere ‘Petualangan Sherina 2’!

Apa benar sunscreen SPF 30 lebih cocok buat acne-prone skin?

Pernah dengar statement ini? Kalau pernah, sebaiknya kamu mencari tahu lebih dalam terkait hal ini, ya. Menurut Claudia sendiri, pernyataan tersebut muncul berdasarkan trend beberapa tahun lalu yaitu sunscreen dengan SPF tinggi cenderung memiliki tekstur yang lebih tebal dan susah diratakan. Oleh karena itu, banyak dermatologist yang menyarankan untuk memakai sunscreen dengan SPF minimum yaitu SPF 30, agar nggak menyumbat pori-pori. Tapi untuk saat ini, Claudia merasa kalau hal tersebut sudah nggak terlalu relevan, karena kamu bisa tetap pakai sunscreen berproteksi tinggi dengan tekstur yang nyaman dan nggak menyumbat pori-pori.

Kondisi tertentu yang mengharuskan kamu skip sunscreen

Ternyata, ada kondisi tertentu yang mengharuskan kamu untuk melepas sunscreen selama beberapa saat, lho. Yes, kalau kamu lagi mengalami jerawat yang serius, para dokter kulit akan menyarankan kamu untuk nggak menggunakan sunscreen dalam waktu tertentu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa fokus mengobati jerawat dan meminimalkan potensi pori-pori tersumbat. Tapi, ketika kondisi wajah sudah mulai membaik, sunscreen wajib digunakan untuk membantu ‘maintain’ kulitmu. Nah, yang paling penting dilakukan adalah mengonsultasikan masalah kulitmu pada dokter kulit, ya. Mereka juga bisa memberikan rekomendasi sunscreen yang sesuai dengan skin concern kamu!

Baca juga: Kulit Kenyal dan Glowing di Usia 40-an, Ini 3 Serum Anti-Aging Lokal yang Wajib Dicoba!

Tips memilih sunscreen untuk acne-prone skin

Biar kulitmu tetap terlindungi secara maksimal dan nggak muncul jerawat baru, coba deh ikuti beberapa tips ini untuk memilih sunscreen yang tepat! 

  1. Pertama, kamu bisa memlih tekstur sunscreen yang ringan. Salah satu pilihannya adalah sunscreen bertekstur gel yang formulanya ringan di kulit dan gampang menyerap.
  2. Lalu, carilah sunscreen yang nggak mengandung oil dan punya formula non-comedogenic, agar nggak menyumbat pori-pori yang memicu timbulnya jerawat.
  3. Terakhir, pilih sunscreen dengan perlindungan broad spectrum yang bisa melindungi kulit kamu dari sinar UVA dan UVB.

Yup, itu dia berbagai hal seputar sunscreen untuk acne-prone skin. Sekarang, kamu sudah lebih paham kan tentang memilih sunscreen untuk kulit berjerawat?

 

Image: Instagram @funskincare, Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment