banner-detik

beauty school

4 Tips Perawatan Simpel untuk Menjaga Kesehatan Kuku di Usia 40-an!

seo-img-article

 

Bertambahnya usia membawa banyak perubahan pada tubuh. Salah satu perubahan yang nggak begitu menerima perhatian banyak adalah kuku! Padahal, saat usia bertambah, kuku pun memerlukan perawatan yang berbeda dari sebelumnya, lho.

 

Di usia belia, dilema soal kuku biasanya hanya berkisar antara warna cat kuku atau nail art apa yang cocok untuk kita. Tetapi, itu semua akan berubah saat usiamu bertambah. Memasuki usia 40an atau lebih, permasalahan mengenai kuku yang akan kamu hadapi mungkin tidak sesederhana sebelumnya.

Baca juga: Cocok untuk Kulit Super Kering, Ini 4 Sunscreen untuk Usia 40-an yang Lembap Maksimal!

Sama seperti kulit, bertambahnya usia membuat kuku mulai melemah dan menipis, terkadang hal ini menyebabkan kukumu kasar, rapuh, muncul garis vertikal di kuku, dan warnanya tampak lebih pucat. Walaupun hal ini normal untuk terjadi saat usia bertambah, tentu kamu ingin merawatnya juga kan agar kuku tetap terlihat sehat di usia 40-an? Untuk memulai perawatan kuku nggak susah kok, kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini!

 

Usahakan kutikulamu selalu lembap

perawatan kuku

Rutin gunakan hand cream dan nail oil. Yes, nggak hanya kulit tubuh dan wajah saja yang memerlukan pelembap, kutikula yang ada di sekitar kuku juga! Jika kelembapannya terjaga, maka kutikulamu nggak akan mudah crack atau terkelupas. Oh ya, rutin menggunakan nail oil yang mengandung jojoba juga akan memberikan nutrisi, kelembapan ekstra, dan menjaga kekuatan kukumu agar nggak terlalu kering dan mudah patah, lho!

 

Pakai sarung tangan saat melakukan pekerjaan rumah tangga

perawatan kuku

Memang sih, saat melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring atau mencuci baju, lebih enak untuk nggak pakai sarung tangan. Namun membiasakan memakai glove saat melakukan aktivitas ini ternyata berpengaruh besar untuk kelembutan tangan dan kesehatan kukumu lho. Formula sabun cuci baju dan piring seringkali cukup keras untuk tangan, bisa membuat kulit jadi mengelupas. Dan untuk kuku yang sudah lemah, ini bisa membuatnya semakin rapuh. So, mulai saat ini usahakan pakai sarung tangan, ya!

Baca juga: Wajah Kering di Usia 40an? Coba 5 Sabun Cuci Muka yang Hydrating Ini!

 

Jangan shaping bentuk kukumu

perawatan kuku

Hindari membentuk kuku yang bisa membuatnya jadi semakin tipis. Benar adanya, kalau beberapa bentuk kuku akan terlihat menarik. Tetapi memiliki bentuk kuku yang terlalu panjang juga akan membuat risiko lebih mudah patah. Maka dari itu, bentuk kuku yang aman di saat kamu sudah bertambah usia adalah bentuk kuku pendek, atau kalau ingin ada bentuknya kamu bisa memilih bentuk oval yang juga dipotong pendek, ya.

 

Hati-hati dalam memilih salon kuku

perawatan kuku

Yup, pemilihan nail salon juga perlu diperhatikan. Pastikan, nggak hanya alat-alatnya saja yang disteril, tetapi ruangannya pun bersih. Kenapa harus demikian? Karena seiring bertambahnya usia, sistem imun tubuhmu juga cenderung menurun. Kalau kamu memilih salon kuku yang kurang higienis, kamu bisa membuat dirimu berisiko terkena infeksi hanya karena ingin mendapatkan kuku cantik. Jadi, hati-hati ya!

Selain tips di atas, kamu juga perlu perhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu. Selain mengonsumsi makanan yang bergizi, kamu juga bisa menambahkan nail and hair supplement untuk membantu kuku tumbuh lebih kuat!

Baca juga: Ketahui 3 Efek Samping Minuman Kolagen sebelum Kamu Mengonsumsinya!

Gimana, cukup sederhana kan? Namun kalau kukumu mengalami kerusakan tertentu atau perubahan warna yang nggak terlihat wajar, sebaiknya konsultasikan ke dokter ya untuk mendapat perawatan yang tepat. Semoga artikel ini membantu!

Images: Dok. iStock

Slow Down

Please wait a moment to post another comment