banner-detik

burts bees

Ketahui 3 Efek Samping Minuman Kolagen sebelum Kamu Mengonsumsinya!

seo-img-article

Tertarik cobain minuman kolagen karena fungsinya baik untuk memicu produksi kolagen di kulit? Sebelum mengonsumsinya, simak dulu efek samping yang bisa terjadi!

Beberapa tahun terakhir, minuman kolagen atau yang sering disebut collagen drink, jadi primadona karena digadang-gadang bisa membantu menjaga kulit lebih sehat dari dalam. Jadi, nggak hanya menjaga kulit dari luar menggunakan skincare, tetapi juga mengonsumsi minuman kolagen untuk jaga kadar kolagen dalam kulit. Namun, sebenarnya collagen drink nggak memproduksi kolagen secara langsung untuk kulitmu, lho. Kolagen yang kamu konsumsi secara oral akan dipecah menjadi asam amino dan membentuk protein. Nah, protein inilah yang bakal menyuplai bahan baku kolagen, yang akhirnya berguna untuk kesehatan kulitmu.

Kalau kamu memang tertarik untuk cobain minuman kolagen, sebaiknya ketahui dulu beberapa efek samping yang bisa terjadi kalau kamu mengonsumsinya dengan takaran yang salah.

Baca juga: Cocok untuk Kulit Super Kering, Ini 4 Sunscreen untuk Usia 40-an yang Lembap Maksimal!

Gangguan pencernaan

efek samping minuman kolagen

Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan memang bisa menyebabkan efek samping yang terjadi. Yup, sama halnya dengan mengonsumsi minuman kolagen. Kalau kamu meminumnya secara berlebihan, efek samping yang bisa terjadi adalah timbulnya gangguan pencernaan. Itu semua karena biotin yang terkandung di dalamnya bisa memicu perut kembung, diare, serta sembelit, kalau dikonsumsi terlalu banyak.

Baca juga: Kekurangan Kolagen di Usia 40-an? Ini Dia Tanda-Tanda yang Akan Terjadi!

Alergi

efek samping mengonsumsi minuman kolagen secara berlebihan

Yes, beberapa makanan dan minuman bisa menimbulkan reaksi alergi pada individu tertentu. Minuman kolagen pun ada berbagai jenis, dan ada pula yang terbuat dari ikan, telur, dan lain-lain, yang bisa menjadi alergen untuk sebagian orang. Bahkan, ada penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Allergy and Clinical Immunology (2021), yang menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki alergi terhadap seafood akan cenderung lebih sensitif juga ketika mengonsumsi kolagen. Reaksi alergi yang terjadi pun bisa berbeda-beda, misalnya kulit gatal, sakit kepala, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Bantu Kulit Awet Muda dan Glowing dari Dalam, Ini 6 Collagen Drink Lokal yang Bisa Dicoba!

Batu ginjal

Bisa dibilang, ini adalah kemungkinan terburuk yang bisa terjadi kalau kamu mengonsumsi minuman kolagen terlalu berlebihan. Itu semua karena minuman kolagen mengandung asam amino hydroxyproline yang bisa meningkatkan kadar asam oksalat di dalam tubuh. Jika jumlah asam oksalat berlebihan, kalsium di dalam tubuh akan membentuk ikatan dengan zat tersebut. Alhasil, kalsium oksalat yang jumlahnya terlalu banyak akan mengendap dan membentuk batu ginjal. Apalagi, kalau kamu punya riwayat batu ginjal dalam keluarga, sebaiknya berpikir lagi ketika ingin mengonsumsi minuman kolagen terlalu sering.

Yes, itu dia beberapa efek samping yang bisa terjadi kalau kamu mengonsumsi collagen drink terlalu banyak. Sebenarnya, bukan nggak boleh mengonsumsi minuman yang satu ini, tetapi kamu perlu memerhatikan takaran yang tepat. Selain itu, pilihlah collagen drink dari brand yang terpercaya dan sudah ber-BPOM. Terakhir, jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter kalau kamu mengalami keluhan saat mengonsumsi collagen drink, ya!

 

Image: Dok. Female Daily, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment