ic-fd

Intip 5 Makanan yang Bisa Menutrisi dan Membantu untuk Memanjangkan Rambut!

hair care
author

ydeayu・28 Sep 2023

detail-thumb

Proses memanjangkan rambut ternyata bisa lebih lancar jika didukung oleh asupan yang bernutrisi. Selain suplemen, berbagai makanan yang biasa ditemukan sehari-hari pun ternyata punya nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan rambut, lho!

 

Punya rambut panjang dan indah bak anggota grup k-pop NewJeans atau model iklan sampo yang sering terlihat di televisi memang masih menjadi dambaan banyak perempuan. Sayangnya nggak semua orang bisa memanjangkan rambut dengan mudah. Beauty enthusiast yang struggle untuk memanjangkan rambut bisa coba mengonsumsi sejumlah makanan yang bisa membantu boosting pertumbuhan rambut dari dalam dan menjaga kesehatannya agar bisa tumbuh dengan baik. Baca terus untuk mengetahui ada makanan apa aja ya. 

Baca juga: Punya Permasalahan Kulit Kepala? Ini 5 Scalp Serum yang Layak Dicoba!

Telur 

Selain merupakan sumber protein, telur juga menjadi sumber biotin yang bagus. Beauty enthusiast yang rajin melakukan perawatan rambut pasti sudah nggak asing dengan istilah biotin. Yup, biotin sangatlah penting untuk produksi keratin sehingga seringkali terkandung di produk-produk yang menunjang pertumbuhan rambut. Dikutip dari A Review of the Use of Biotin for Hair Loss, telah terbukti bahwa orang-orang yang kekurangan biotin jadi lebih sukses menumbuhkan rambut setelah mengonsumsi lebih banyak biotin. Selain itu, telur juga mengandung sejumlah nutrisi yang berperan penting dalam merawat kesehatan rambut seperti zinc dan selenium. Jadi, jika kesehatan rambut terjaga, maka ia pun bisa tumbuh panjang dengan baik. 

 

Bayam 

Sayur bayam memang terkenal karena kaya akan zat besi. Zat ini ternyata memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut. Berdasarkan hasil studi A Red Carpet for Iron Metabolism, zat besi membantu darah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh guna mendorong metabolisme dan membantu proses pertumbuhan maupun perbaikan. Kandungan yang terdapat di sayur bayam lainnya pun sangat berguna dalam memanjangkan rambut, seperti folat, serta vitamin A dan C. Namun, perlu diwaspadai agar asupan vitamin A per hari nggak berlebihan karena jurnal The Role of Vitamins and Minerals in Hair Loss: A Review menunjukkan bahwa terlalu banyak vitamin A bisa membuat rambut jadi rontok. 

 

Ikan 

Salah satu penyebab rambut sulit panjang adalah karena rambut rontok terlalu cepat sebelum mencapai panjang yang diinginkan. Berdasarkan studi Effect of a nutritional supplement on hair loss in women, suplemen yang mengandung omega 3 dan omega 6 bisa membantu mengurangi kerontokan dan membuat rambut jadi lebih banyak. Jika beauty enthusiast mencari sumber nutrisi yang lebih alami dan bukan berupa suplemen, maka ikan adalah jawabannya. Ikan yang kaya akan omega 3 fatty acids seperti salmon dan makarel. Selain itu, ikan yang berlemak biasanya juga diperkaya dengan vitamin D3, protein, selenium, dan vitamin B yang turut berguna menjaga kesehatan rambut dan membuatnya lebih kuat. 

Baca juga: Keramas Tanpa Sampo Bikin Rambut Nggak Gampang Lepek? Ini Penjelasan Dokter


Beri
 

Alternatif lain bagi beauty enthusiast yang punya masalah rambut rontok sehingga sulit memanjangkan rambut adalah mengonsumsi berbagai jenis buah beri. Misalnya seperti stroberi dan raspberry yang punya kandungan penting untuk membantu memanjangkan rambut. Salah satunya adalah vitamin C yang menurut jurnal The Roles of Vitamin C in Skin Health dapat membantu produksi kolagen sehingga rambut jadi lebih kuat dan nggak gampang rusak atau patah. Selain itu, vitamin C juga mampu membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik. Karena kadar zat besi terjaga, rambut pun jadi nggak mudah rontok dan bisa tumbuh lebih panjang. 

 

Alpukat 

Alpukat merupakan salah satu buah yang dianggap sebagai superfood karena punya banyak nutrisi, antioksidan, dan vitamin di dalamnya. Misalnya adalah vitamin E yang mampu mentralisir radikal bebas sehingga mencegah stres oksidatif. Berdasarkan studi Effects of tocotrienol supplementation on hair growth in human volunteers, orang-orang yang sempat mengalami kerontokan rambut berhasil menumbuhkan rambut 34.5% lebih banyak karena mengonsumsi suplemen vitamin E selama delapan bulan. Oleh karena itu, alpukat yang punya kandungan vitamin E tinggi cocok banget untuk dikonsumsi jika sedang memanjangkan rambut. 

Baca juga: Awet Muda dengan 5 Buah yang Bisa Bantu Meminimalisir Penuaan Dini!

Nah, itu dia lima makanan yang bisa membantu memanjangkan rambut dan menjaga kesehatannya agar bisa tumbuh dengan baik. Apakah ada makanan favoritmu dari daftar di atas? Tuliskan di comment yaa. 

 

Images: Dok. Freepik