banner-detik

food nutrition

Awet Muda dengan 5 Buah yang Bisa Bantu Meminimalisir Penuaan Dini!

seo-img-article

Selain baik untuk kesehatan tubuh, sejumlah buah-buahan ternyata juga mampu membantu kamu mendapatkan kulit awet muda!

Selesai menyantap hidangan makan siang atau malam, buah-buahan menjadi makanan yang cocok sebagai pencuci mulut. Selain punya berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan, buah-buahan ternyata juga ada yang bagus untuk kulit dan bahkan bermanfaat untuk membantu meminimalisir penuaan kulit alias bisa bikin kulit lebih awet muda. Memang nggak semua buah punya efek tersebut. Jadi, baca terus untuk mengetahui buah apa aja yang punya efek untuk bantu mencegah penuaan kulit ya.

Baca juga: Selain Retinol, Coba 5 Serum Bakuchiol Ini yang Bisa Bantu Kulit Lebih Awet Muda

Pepaya

awet muda

Buah pepaya seringkali dijadikan sebagai solusi hanya untuk masalah sembelit aja. Padahal menurut studi Fermented Papaya Preparation Restores Age-Related Reductions in Peripheral Blood Mononuclear Cell Cytolytic Activity in Tube-Fed Patients, pepaya juga termasuk buah yang kaya antioksidan sehingga bagus untuk membantu menunda tanda-tanda penuaan. Selain itu, buah ini juga kaya akan kalsium, potasium, magnesium, phosporus, serta vitamin A, B, C, K, dan E. Jadi, buah ini bagus untuk meningkatkan elastisitas kulit hingga bantu meminimalisir tampilan garis halus dan kerut.

Baca juga: Mudah dan Praktis, Ini Suplemen Kolagen yang Aman untuk Kamu Coba!

Blueberry

Siapa di sini yang suka dengan buah blueberry? Berdasarkan penelitian Bioactive Compounds and Antioxidant Activity in Different Types of Berries, blueberry juga punya antioksidan yang bernama anthocyanin. Buah ini pun mengandung vitamin A dan C. Oleh karena itu, blueberry termasuk buah yang bagus untuk bantu mewujudkan kulit awet muda karena bisa bantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi, stres, dan mencegah hilangnya kolagen.

Baca juga: Kulit Mulai Kering Saat Usia 40-an? Wajib Coba 5 Sunscreen yang Bisa Melembapkan Kulit Ini!

Alpukat

Untuk kamu yang suka alpukat bisa berbahagia karena ternyata buah ini juga mampu membantu meminimalisir penuaan kulit! Berdasarkan jurnal Hass Avocado Composition and Potential Health Effects, alpukat punya kandungan vitamin A yang tinggi yang membuatnya mampu membantu meluruhkan sel kulit mati sehingga kulit jadi terlihat glowing. Sementara itu, fatty acid-nya bikin kulit lembut dan kenyal. Alpukat juga mengandung carotenoid yang membantu menangkal racun serta kerusakan akibat paparan sinar matahari sehingga kulit jadi terlindungi dari kanker kulit.

Semangka

awet muda

Semangka yang segar memang paling pas untuk disantap saat cuaca panas. Nggak hanya lezat, buah ini ternyata juga punya kandungan yang mampu membantu kamu meraih kulit yang awet muda seperti vitamin A, C, dan antioksidan lycopene. Menurut ahli kecantikan Trisha Grimes, kandungan tersebut mampu membantu memperbaiki sel kulit yang rusak, meregenerasi sel kulit baru, melawan radikal bebas, dan memperlambat kerusakan kolagen guna meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

Anggur

awet muda

Bukan rahasia lagi kalau kolagen adalah komponen penting untuk punya kulit yang awet muda. Sebuah stutudi yang dilansir pada National Library of Medicine tentang Anti-aging menunjukkan bahwa anggur diperkaya resveratrol. Kandungan ini dapat membantu melindungi kolagen dari radikal bebas. Kolagen yang terjaga pun akan mampu bekerja dengan baik dalam menjaga elastisitas kulit sehingga penampilan jadi terlihat tetap muda.

Nah, itu dia lima buah-buahan yang mampu membantu mencegah penuaan kulit. Khasiat yang diberikan memang bagus, tapi kamu sebaiknya tetap memakannya dalam jumlah yang wajar karena apapun yang berlebihan itu nggak baik. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Images: Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment