banner-detik

travel

Healing dari Polusi Jakarta, Ini 5 Negara yang Bisa Dikunjungi Tanpa Visa!

seo-img-article

Ingin jalan-jalan ke luar negeri tapi nggak mau ribet? Jangan khawatir, karena 5 negara ini bisa dikunjungi tanpa visa lho! 

Belakangan ini Jakarta sedang darurat polusi buruk yang menyebabkan banyak orang mengalami gangguan pernapasan dan terserang batuk serta pilek. Nggak ada yang bisa sembuh dalam waktu singkat, minimal dua minggu hingga berbulan-bulan. Dampak yang terjadi bukan hanya menimpa orang dewasa, tapi juga anak-anak. Hal ini diungkapkan oleh seorang dokter Shela Putri Sundawa, yang diabadikan oleh pandemic talks, jika banyak anak di Jabodetabek batuk pilek susah sembuh, dan hanya bisa anjurkan liburan ke luar kota buat “healing paru-paru”. 

Baca juga: Instalasi Raksasa KAWS Akan ada di Candi Prambanan Sampai 31 Agustus!

Fenomena ini kemudian memicu perdebatan karena nggak semua orang memiliki kondisi finansial yang setara. Tapi bagi kamu yang memiliki budget cukup untuk menyembuhkan paru-paru kamu dari buruknya polusi Jakarta. Berikut adalah beberapa negara yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur, tanpa visa! 

Hong Kong 

Memiliki sejuta kekayaan sejarah dan budaya, kamu bisa melihat dua sisi berbeda dari Hong Kong melalui kemegahan gedung-gedung pencakar langit modern, serta hal autentik seperti kuil kuno tradisional. Menariknya lagi, Hong Kong juga memiliki salah satu wahana hits yang paling dicari yakni Disneyland. Kamu bisa berlibur di Hong Kong bebas visa selama 30 hari, dengan syarat memiliki paspor, memiliki bukti hasil negatif antigen, dan direkomendasikan untuk mengisi Electronic Health Declaration Form secara online

Maldives 

Mengidamkan healing di pulau yang memiliki air terjernih di Dunia? Maldives adalah tempat yang tepat. Seringkali jadi destinasi bulan madu, Maldives ternyata nggak perlu pakai visa lho! Kamu bisa berlibur ke sana hanya dengan menggunakan paspor, dan hanya memerlukan aplikasi visa saat kedatangan atau Visa on Arrival (VoA) tanpa biaya yang berlaku hingga 30 hari. 

Turki 

Selain itu, ada juga negara yang jadi salah satu destinasi Ibu-Ibu penggemar drama Turki. Yup, yang cita-citanya ingin naik balon udara di Cappadocia, inilah saat yang tepat untuk berlibur ke Turki sambil melihat pemandangan yang nggak ada di Jakarta. Nggak perlu repot, kamu bisa ke Turki tanpa visa bagi pemegang paspor asal Indonesia selama 30 hari. 

Nepal 

Pernah nggak kepikiran untuk pergi ke Nepal? Negara yang dikelilingi pegunungan Himalaya ini merupakan tujuan wisata yang unik dan mengesankan. Selain bisa bebas dari polusi Jakarta, kamu bisa mengunjungi langsung gunung tertinggi di dunia, Everest. Ada juga istana Durbar Square yang merupakan warisan budaya UNESCO. Kamu nggak perlu bikin visa dari Indonesia, karena bisa langsung isi Visa on Arrival di sana dengan biaya Rp 460 ribu. 

Jeju Island, Korea Selatan

Siapa penggemar drama Korea? Kalau ke Korea Selatan memerlukan visa dengan berbagai persyaratan yang bisa saja ditolak dan semakin ketat regulasinya, tapi pulau di Korea ini nggak perlu pakai visa lho! Kamu bisa mengunjungi tempat yang sering dikunjungi para K-pop Idol untuk liburan, dan juga kamu bisa bertemu berbagai aktor maupun aktris yang lagi syuting di sini lho! Meski tanpa visa, tapi sayangnya penerbangan dari Indonesia nggak ada yang direct ke Jeju, jadi kamu harus transit di Singapore atau Bangkok untuk menuju Jeju. Namun bebas visa ini hanya berlaku untuk Jeju Island, tidak untuk ke Seoul dan sekitarnya. 

Baca juga: Local Pride! Intip Koleksi Cantik ‘SIMPLY-CITY’ IKYK x NAGITA SLAVINA!

Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi untuk kabur sejenak dari polusi Jakarta dan healing paru-paru kamu. Kira-kira negara mana nih yang ingin kamu kunjungi? 

Images: Dok. Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment