banner-detik

lifestyle

Lindungi Tubuh dari Bahaya Polusi, 5 Makanan Ini Bisa Kamu Konsumsi Secara Rutin!

seo-img-article

Polusi makin gawat! Yuk, lindungi kesehatan kita dengan mengonsumsi makanan sehat!

 

Kualitas udara yang kita hirup sehari-hari semakin buruk saja, terutama yang tinggal di Jabodetabek. Sedih ya, kebutuhan paling basic seperti udara bersih saja kita nggak bisa mendapatkannya dengan mudah di kota-kota yang sangat sibuk ini.

Pemerintah tentu memiliki tugas besar untuk memperbaiki keadaan. Namun, kita masing-masing juga harus bisa menjaga diri dengan melakukan pola hidup sehat, di antaranya mengonsumsi makanan bernutrisi yang memiliki kemampuan untuk menangkal bahaya polusi yang terlanjur kita hirup. Apa saja sih makanan yang baik untuk melindungi tubuh dari polusi udara?

Kunyit

Salah satu rempah-rempah khas Indonesia ini punya sederet manfaat, lho. Terkenal dengan kemampuan anti-inflamasinya, kunyit bisa melindungi paru-paru kita dari polusi atau udara yang kotor. Kunyit juga baik untuk meningkatkan daya ingat, mengurangi risiko sakit jantung, hingga memproteksi dari radikal bebas dan bikin kulit glowing! Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk makanan seperti soto, gulai, opor, sampai minuman menyegarkan seperti jamu kunyit asam. Ada juga lho jamu kunyit yang berbentuk kapsul!

Baca juga:  Bantu Raih Kulit Glowing dari Dalam, 5 Resep Smoothie Ini Bisa Kamu Coba!

Bayam

Selain enak, lembut, dan versatile untuk dijadikan beragam masakan, bayam juga bisa dicampur dengan buah-buahan untuk dijadikan smoothie, lho! Bayam punya tinggi vitamin dan mineral, terutama vitamin B. Vitamin B sangat baik untuk kesehatan paru-paru! Sayuran hijau kesukaan Popeye ini juga bagus untuk penderita diabetes, serta bisa meningkatkan kekuatan tulang.

Baca juga: Udara Jabodetabek Memburuk, Ini 5 Skincare Anti-Polusi yang Bisa Melindungi Kulitmu!

Tomat

Buah merah yang menyegarkan ini sangat kaya akan lycopene, sebuah antioksidan yang baik untuk kesehatan saluran pernapasan. Mengonsumsi tomat secara rutin sangat disarankan untuk kamu yang memiliki asma, atau untuk memperbaiki kondisi kesehatan paru-paru. Pas banget kan dimakan di kala polusi udara sedang tinggi seperti sekarang ini? Tomat juga mengurangi risiko sakit jantung, diabetes, kanker, serta baik untuk menyehatkan otak dan mengatasi konstipasi.

Baca juga: Tenangkan Kulit di Tengah Polusi Udara, Ini 5 Skincare Matcha yang Tinggi Antioksidan!

Brokoli

Mengandung banyak sekali vitamin, mineral, serat, dan antioksidan, sayuran satu ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan inflamasi, memperbaiki daya tahan tubuh, serta menjaga gula darah tetap stabil. Brokoli juga mengandung Sulforaphane, zat yang bisa meningkatkan kemampuan aktivitas gen dalam paru-paru kita. Ditambah lagi dengan tingginya vitamin A yang diperlukan untuk kesehatan paru-paru, brokoli bisa menjadi sumber makanan yang baik bagi kita yang terpapar polusi.

Baca juga: Punya Sederet Sunscreen Berkualitas, 7 Brand Kecantikan Ini Terkenal Sejak Dulu!

Flaxseed

Flaxseed sarat akan kandungan protein, omega 3, dan serat. Makanya, flaxseed bisa berperan sebagai anti-inflamasi untuk kondisi paru-paru, bagus untus mengurangi risiko terkena kanker, menjaga berat badan ideal, mengurangi kolesterol dan gula darah. Gimana cara mengonsumsinya? Kamu bisa tambahkan flaxseed bubuk ke dalam sereal atau dimakan bersama yogurt, bisa juga dipanggang bersama roti, muffin, atau cookies.

 

 

 

Nah, itulah sederet makanan bernutrisi yang bisa kamu rutin konsumsi untuk mendapatkan manfaat perlindungan terhadap bahaya polusi udara! Mana yang sudah sering kamu makan setiap hari?

 

Image: Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment