banner-detik

beauty school

Ini 5 Kebiasaan Baik yang Bantu Mencegah Kerutan di Sekitar Mata!

seo-img-article

 

Pernah melihat orang yang masih muda tapi kulit di sekitar matanya sudah banyak berkerut? Yuk mulai terapkan kebiasaan baik berikut untuk mencegah kerutan di sekitar mata muncul lebih dini.

 

Pernahkah kamu mendengar istilah crow’s feet? Yup, itu adalah istilah yang seringkali digunakan untuk menyebut kerutan di sekitar mata, terutama di bagian samping . Area kulit sekitar mata memang menjadi salah satu yang paling rentan berkerut dan memiliki garis halus. Faktor usia merupakan salah satu penyebab utamanya. Ada yang sudah berkerut saat masih berusia 20-an, tapi ada juga yang baru muncul saat berusia 30 atau 40-an. Hal ini dapat terjadi akibat adanya perbedaan kebiasaan di antara orang-orang tersebut. Lalu kebiasaan apa saja yang harus dilakukan untuk menunda kemunculan kerutan di sekitar mata?

Baca juga: Kulit Tetap Awet Muda dengan 5 Serum Anti-aging Lokal di Bawah 200 Ribu Ini!

 

Tidak merokok

kerutan di sekitar mata

Kalau kamu adalah seorang perokok, this is a sign for you to stop smoking! Sudah bukan rahasia lagi kalau merokok dapat memberikan dampak buruk bagi seseorang, termasuk kulitnya. Berdasarkan penelitian Does smoking affect your skin?, merokok menyebabkan serat elastin dan kolagen di kulit menjadi hancur. Karena tingkat kedua komponen tersebut berkurang, akhirnya kulit pun jadi rentan kendur, berkerut, dan kehilangan kekencangannya.

Jaga kelembapan kulit di sekitar mata

kerutan di sekitar mata

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan terasa semakin kering dan membutuhkan kelembapan ekstra. Pastikan kelembapan kulit di sekitar mata pun terjaga karena area ini punya kulit yang lebih tipis sehingga kemampuannya mempertahankan kelembapan pun nggak setinggi area kulit lainnya dan jadi lebih cepat kering. Apabila moisturizer aja nggak cukup, kamu bisa menambahkan eye cream ke dalam beauty routine-mu untuk menjaga kelembapan kulit di sekitar mata.

Pakai skincare dengan lembut

Beauty enthusiast pernah memakai skincare dengan terburu-buru dan menggosok produk ke kulit dengan cepat karena mengejar waktu? Jika pernah, jangan dibiasakan ya! Terutama saat di area kulit sekitar mata. Menurut dermatolog Lily Talakoub, orang-orang yang sering mengucek mata seringkali punya keriput yang cukup dalam. Hal ini disebabkan karena kulit yang tertarik saat melakukan gerakan tersebut, sama dengan ketika mengaplikasikan skincare dengan terburu-buru.

Baca juga: Kulit Leher Tampak Awet Muda dan Terawat dengan 5 Neck Cream Ini!

 

Mengurangi paparan sinar matahari

Kenapa ada banyak produk kecantikan yang dirancang untuk melindungi kulit dari sinar matahari? Tentu saja karena sinar UV yang dipancarkan dari matahari memberikan dampak buruk untuk kulit. Termasuk memicu pembentukan radikal bebas di dalam kulit, sehingga merusak serat elastin di kulit dan akhirnya menyebabkan keriput. Jadi, ingat untuk hindari terekspos sinar matahari secara langsung dan jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen-mu, termasuk di area kulit sekitar mata. Jika diperlukan, kamu juga bisa pakai sunglasses agar lebih terlindungi!

Tidur telentang

Beauty enthusiast yang suka tidur menghadap samping bisa memulai kebiasaan untuk tidur telentang. Dokter Spesialis Bedah Plastik dr. Wara Samsarga di akun TikTok-nya mengungkapkan, kalau sering tidur dengan posisi menyamping selama bertahan-tahun bisa menyebabkan sleep wrinkle karena adanya tekanan dan gesekan kulit dengan kasur. Alhasil, area di sekitar mata yang ikut tertekan bantal pun juga akan merasakan dampaknya.

Baca juga: Ini 5 Area Kulit yang Paling Gampang Menua, Butuh Perhatian Lebih!

Nah, itu dia lima kebiasaan yang harus dilakukan untuk mencegah keriput di sekitar mata. Membangun kebiasaan memang nggak mudah. Tapi jika berhasil, kamu akan mendapatkan manfaatnya dan jadi nggak keriput dini! Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu juga yaa.

 

Images: Dok. Female Daily, Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment