banner-detik

beauty school

Ini 5 Area Kulit yang Paling Gampang Menua, Butuh Perhatian Lebih!

seo-img-article

Produk-produk seperti eye cream dan hand cream bukan hadir tanpa alasan!

 

Tahu kan, kalau kulit adalah organ tubuh yang paling luas? Makanya, penting sekali untuk dijaga kesehatannya, karena kulit punya tugas penting untuk melindungi berbagai organ tubuh kita. Nah, di antara luasnya area kulit kita, ada bagian-bagian yang paling gampang menua. Artinya, mereka butuh perhatian lebih, nih!

Kalau kamu mengabaikannya, jangan heran jika kamu melihat lebih banyak garis-garis halus dan kerutan di sana. Cara menjaga area kulit ini bukan cuma dengan menggunakan skincare, tapi juga dengan melakukan kebiasaan serta pola hidup yang baik setiap harinya. Apa saja sih area kulit yang paling gampang menua? Simak di bawah ini!

Sekitar mata

Seiring usia kita bertambah, struktur dan otot kulit area kulit mata kita berubah jadi lebih lemah, sehingga kerutan jadi mudah muncul. Sekitar mata juga merupakan area utama fluid retention, jadi jangan heran kalau mata kita gampang sembap. Apalagi, kelopak mata adalah area kulit paling tipis di antara seluruh bagian kulit kita.

Makanya, kita harus menggunakan eye cream atau eye serum sejak dini. Ketika letih atau kurang tidur, kompres dengan air dingin atau eye gel patch. Selalu bersihkan area mata dengan gentle, jangan digosok. Jangan lupa juga untuk kurangi rokok dan begadang ya!

Baca juga: Bikin Kulit Usia 40-an Lebih Glowing, 5 Produk Ini Wajib Ada di Skincare Routine!

Sekitar mulut

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang paling aktif, karena kita terus berbicara, minum, dan mengunyah setiap hari. Makanya, area sekitar mulut menjadi bagian tubuh yang paling mudah menciptakan fine lines dan wrinkles. Kulit area mulut juga tipis dan memiliki lebih sedikit kolagen. Sejak memasuki usia 20 tahun, kadar kolagen kita akan berkurang terus setiap tahunnya.

Bagaimana cara mengatasinya? Selalu gunakan serum dan moisturizer secara merata setiap hari, termasuk di sekitar mulut. Sebelum makeup, pastikan kulit sudah dilembapkan, sehingga produk complexion seperti cushion atau foundation nggak cracking di garis senyum. Lagi-lagi, menghindari rokok juga akan sangat berpengaruh. Kamu juga bisa lho pakai eye cream di kulit sekitar mulut, untuk memperlambat datangnya kerutan di smile lines.

Baca juga: Mau Kulit Awet Muda? Ikuti 5 Tips Ini, Sunscreen adalah Langkah Pertama! 

Leher

 

Tanpa disadari, di era sekarang ini kita sering banget lho mempercepat aging di kulit area leher, karena selalu menunduk menatap layar ponsel setiap hari. Leher ini termasuk area tubuh yang masih kurang perhatian, karena banyak yang fokus pakai skincare hanya di wajah saja. Apakah kamu salah satunya?

Untuk mengatasinya, mulai hari ini, produk skincare apapun yang kamu pakai di wajah, juga harus diaplikasikan di leher ya. Mulai dari facial wash, sampai dengan sunscreen. Gunakan ingredients untuk memperlambat tanda-tanda penuaan seperti retinol dan Peptide. Kamu juga bisa memakai gua sha atau face roller dari leher bawah ke arah atas untuk membantu mengencangkan kulit. Hindari menunduk terlalu lama untuk melihat handphone, begitu pun dengan layar komputer.

Baca juga: Banyak Dicari, Ini 5 Kandungan Skincare yang Efektif Mengurangi Dark Spots!

Dada

Seperti leher, area kulit dada juga kerap terlupakan dari perawatan, padahal salah satu yang paling gampang menua. Dengan bertambahnya usia, kulit area satu ini akan kehilangan elastisitasnya, muncul fine lines dan wrinkles, serta terasa lebih kering, atau muncul dark spots akibat matahari.

Atasi dengan rutin membersihkannya setiap mandi, terutama di bagian lipatan bawah. Setelahnya, kamu bisa menggunakan serum khusus untuk perawatan payudara, atau bisa juga memakai serum wajah dengan kandungan yang menunda aging. Saat menggunakan body lotion, jangan cuma fokus di tangan dan kaki, kamu bisa juga pakai di payudara dan perut. Untuk perawatan mingguan, masker wajah yang berfungsi mengencangkan kulit juga bisa kamu gunakan di area dada.

Baca juga: Bikin Gagal Glowing, Ini 7 Kesalahan Membersihkan Wajah yang Harus Dihindari!

Punggung tangan

Semakin bertambah usia, kulit tangan kita semakin kering, kasar, berkerut, kuku juga jadi lebih rapuh. Yup, area punggung tangan adalah area tubuh yang gampang menampakkan tanda-tanda penuaan, karena ketika bertambah tua, kulit bagian tangan mudah kehilangan lemak dan elastisitasnya.

Makanya, ada banyak hand cream dijual di pasaran. Fungsinya untuk menjaga kulit tangan tetap lembap dan lembut, mencegah kerutan di punggung tangan, hingga menghaluskan kutikula kuku. Jadi, pakai hand cream secara rutin dan bawa selalu ke mana pun kamu pergi ya! Gunakan juga sabun yang mild saat mandi dan mencuci tangan, serta pakai sunscreen kalau beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Penting untuk Kulit Sensitif, Ini 7 Tips Simpel Pakai Retinol Tanpa Iritasi

 

Nah, jadi itulah area kulit kita yang gampang menua! Siapa yang selama ini kerap mengabaikan mereka? Atau kamu sudah rutin pakai eye cream, hand cream, dan nggak pilih-pilih dalam merawat kulit? Share di kolom komentar ya!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment