banner-detik

skin care

Bikin Gagal Glowing, Ini 7 Kesalahan Membersihkan Wajah yang Harus Dihindari

seo-img-article

Meski terdengar sederhana, tapi masih banyak lho yang belum membersihkan wajah dengan benar! Apakah kamu salah satunya?

Membersihkan wajah adalah tahapan paling basic dalam skincare routine. Tapi, masih banyak nih yang melakukannya dengan cara yang tidak tepat, sehingga kulit malah jadi kering dan nggak glowing. Apa saja sih kesalahan membersihkan wajah yang sering banget terjadi?

Membersihkan dengan tisu basah bayi

Siapa yang masih melakukan hal ini? Saatnya stop ya! Struktur kulit bayi dan dewasa jelas berbeda, maka kebutuhannya sudah pasti berbeda pula. Jadi, sebaiknya kamu nggak pakai tisu basah bayi untuk menyeka makeup dan kotoran di wajahmu. Hasilnya, kulit bisa jadi kering dan jadi iritasi, karena tisu basah bayi biasanya tidak cukup ampuh untuk mengangkat makeup, apalagi yang waterproof. Sehingga kamu harus menggosok-gosoknya sampai terasa perih atau kemerahan.

Kalau kamu mau pakai tisu basah, pilih yang memang khusus untuk menghapus makeup (makeup remover wipes). Itupun sebaiknya tidak dilakukan setiap hari, tapi saat-saat darurat saja, misalnya ketika traveling.

Baca juga: Membersihkan Wajah Hingga Tuntas, Ini 3 Cleansing Balm Lokal Terbaru yang Layak Dicoba!

Langsung pakai facial wash

Jangan malas melakukan double cleansing ya! Gunakan cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water terlebih dulu sebelum membersihkan wajah dengan facial wash. Kalau kamu hanya pakai facial wash saja, sisa makeup nggak akan terangkat maksimal. Walaupun kamu nggak pakai makeup seharian, saat malam hari tetap disarankan double cleansing, karena kamu tetap memakai sunscreen yang harus dibersihkan sampai tuntas.

Pakai scrub sebelum facial wash

 

Hal yang satu ini masih banyak yang sering terbalik, nih! Jadi, seharusnya pakai facial wash dulu, baru pakai face scrub. Kulit wajah harus sudah dibersihkan dulu sebelum melakukan eksfoliasi. Sama seperti ketika facial treatment di klinik kecantikan, biasanya wajahmu dibersihkan dulu sebelum ekstraksi komedo atau penggunaan chemical peeling.

Baca juga: 8 Kesalahan Memakai Facial Wash yang Sering Sekali Ditemui!

Menggosok area mata dengan keras

Masih menggosok-gosok area mata dengan kasar saat membersihkan wajah? Ini nih salah satu hal yang bisa bikin kulit sekitar mata jadi gampang keriput dan mata jadi iritasi. Jadi, untuk menghapus makeup mata yang berat, sebaiknya kamu menggunakan cleansing oil atau cleansing balm, supaya sisa makeup-nya mudah meleleh. Tapi, kalau kamu memilih pakai micellar water, sebaiknya pakai cara “kompres”. Tuang micellar water ke kapas, tempel di kelopak mata yang tertutup, tunggu dulu 10-15 detik, lalu swipe secara lembut.

Memakai air yang terlalu panas

Mau kulit segar dan glowing tapi sering banget mandi atau membersihkan wajah dengan air panas? Jelas nggak akan tercapai! Air panas akan menghilangkan kelembapan alami di kulit kita, lho. Jadi, mandi air panasnya ketika sedang sakit atau cuaca dingin saja ya. Jangan lupa segera aplikasikan skincare setelah mandi, biar kulit kembali terhirasi.

Baca juga: Supaya Tampil Awet Muda, Ini Tips Jaga Kadar Kolagen di Kulit!

Pakai kapas saat pakai cleansing oil atau balm

Menggunakan kapas saat memakai cleansing oil atau cleansing balm adalah cara yang salah. Cleansing oil  dan cleansing balm adalah first cleanser yang ditujukan untuk digunakan dengan tangan, langsung saat wajah masih dalam keadaan kering. Setelah itu, ditambahkan sedikit air untuk emulsify, membuat sisa makeup lebih terangkat. Pijat-pijat wajah sampai semuanya “luntur”, lalu bilas sampai bersih.

Nggak menggunakan pelembap setelahnya

Proses pembersihan umumnya akan mengurangi kelembapan alami kulit kita. Makanya sebaiknya kamu pilih pembersih wajah yang formulanya gentle atau non stripping. Setelah membersihkan wajah, kamu disarankan untuk segera mengaplikasikan skincare, misalnya toner, serum, dan moisturizer. Jadi, jangan langsung tidur atau beraktivitas ya, nanti kulitmu jadi kering atau “ketarik”. Kalau memang sedang tidak ada waktu, minimal kamu menyemprotkan face mist untuk melembapkan kulit yang sudah dibersihkan.

 

Baca juga:  5 Kandungan Skincare yang Bisa Menjaga Kadar Kolagen, Cocok untuk Kulit Usia 40-an!

 

Nah, itulah 7 kesalahan membersihkan wajah dan tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit tetap bersih sekaligus glowing! Siapa yang sudah benar semua? Jawab di kolom komentar ya!

Image: Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment