banner-detik

skin care

Banyak Dicari, Ini 5 Kandungan Skincare yang Efektif Mengurangi Dark Spots!

seo-img-article

Siapa sih yang nggak mau punya kulit sehat, cerah, dan bebas noda-noda gelap atau dark spots? Kamu harus pilih kandungan skincare yang tepat untuk mendapatkannya!

 

Ternyata, masih banyak lho yang belum tahu fungsi dari berbagai kandungan skincare. Padahal, agar skincare routine bisa bekerja dengan baik, kamu harus tahu apa saja kebutuhan kulitmu, memilih kandungan skincare yang sesuai, dan menggunakannya secara rutin.

Untuk mengatasi dark spots yang timbul akibat matahari, bekas jerawat, atau penuaan, kamu bisa memakai skincare dengan berbagai kandungan di bawah ini. Simak yuk!

Niacinamide

Niacinamide adalah favorit banyak orang, karena memiliki banyak manfaat bagi kulit, mulai dari menenangkan kulit sensitif, mengontrol kadar sebum di kulit, memperbaiki tampilan pori-pori, hingga mencerahkan dan mengurangi noda- noda gelap. Makanya, Niacinamide disarankan untuk dipakai oleh kulit kusam, berminyak, dan berjerawat.

Nggak hanya itu, kandungan skincare satu ini juga tergolong aman untuk digabung dengan beberapa active ingredients lainnya, seperti vitamin C dan retinol. Kamu juga bisa pakai Niacinamide pagi dan malam ya!

Baca juga: Bikin Kulit Glowing dan Atasi Noda Gelap, Ini 5 Serum Lokal yang Aman untuk Ibu Hamil

Vitamin C

Kalau yang satu ini, selain bagus untuk menipiskan dark spots dan mencerahkan kulit, juga terkenal sebagai kandungan yang bisa mengurangi inflamasi dan melindungi kulit dari radikal bebas, karena berperan sebagai antioksidan. Vitamin C juga penting dalam meningkatkan produksi kolagen, sehingga baik digunakan secara rutin oleh kamu yang pingin punya kulit awet muda.

Kamu bisa gunakan serum vitamin C setiap pagi, dilengkapi dengan pemakaian sunscreen setelahnya. Vitamin C dan sunscreen adalah combo yang ciamik untuk mendapatkan kulit glowing dan cerah!

Baca juga: Gimana Cara Menangangi Kulit Acne Prone dan Banyak Noda Gelap? Ikuti Tips Ini!

Alpha Arbutin

Siapa yang sudah coba skincare dengan Alpha Arbutin? Kandungan skincare satu ini juga aman dan ampuh buat mengeliminasi noda-noda gelap yang mengganggu. Alpha Arbutin beraksi dengan cara mengurangi aktivitas tyrosinase, menekan pembentukan melanin pada kulit. Produksi melanin yang menurun akan mengurangi pigmentasi, membuat warna kulit lebih merata. Sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin menyamarkan aging spots, bekas jerawat PIE dan PIH.

Baca juga: 5 Serum Lokal dengan Kandungan Alpha Arbutin untuk Menyamarkan Noda Gelap dan Bikin Kulit Glowing!

Glycolic Acid

Glycolic Acid adalah jenis AHA (Alpha Hydroxy Acids) yang terkenal bagus untuk mengatasi kulit kusam dan mengurangi dark spots. Jenisnya water soluble, terbuat dari sugar cane (tebu), dan kandungan AHA yang paling terkenal atau paling sering dipakai dalam skincare, dibandingkan AHA yang lainnya.

Fungsinya adalah mengeksfoliasi kulit, meningkatkan regenerasi kulit, mendukung produksi kolagen di kulit, sehingga kulit jadi lebih halus dan elastis, membuat complexion tampak lebih cerah bila digunakan secara teratur. Glycolic Acid juga mampu memudarkan dark spots dan dark patches yang disebabkan oleh sun damage.

Karena bersifat exfoliating, kamu bisa gunakan 2-3 kali dalam seminggu, saat malam hari saja. Wajib menggunakan sunscreen saat paginya ya, nggak bisa ditawar. Ini agar kulit nggak sensitif atau iritasi akibat paparan sinar matahari.

Baca juga: Jago Bikin Kulit Mulus dan Cerah, Ini 5 Serum Glycolic Acid yang Bisa Kamu Coba!

Tranexamic Acid

Tranexamic Acid merupakan kandungan skincare yang juga punya banyak manfaat, namun yang paling terkenal adalah memudarkan dark spots, hiperpigmentasi, dan melasma. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Tranexamic Acid sama efektifnya dengan hydroquinone dalam mencerahkan kulit, namun lebih aman bagi kulit dan minim iritasi. Baik bekas jerawat maupun dark patches akibat

Semua jenis kulit bisa menggunakan Tranexamic Acid pagi dan malam hari. Kalau kamu pemula atau punya kulit sensitif, sebaiknya gunakan kadar rendah saja atau lakukan patch test terlebih dahulu di belakang telinga. Namun, sebaiknya Tranexamic Acid tidak dipakai oleh ibu hamil ya!

Baca juga: 10 Skincare dengan Tranexamic Acid Ini Bisa Diandalkan untuk Mencerahkan Kulit!

 

 

 

 

Selain 5 kandungan skincare di atas, masih banyak lagi lho bahan-bahan yang bagus untuk mengurangi dark spots, contohnya adalah AHA, Azelaic Acid, Kojic Acid, retinol, dan licorice. Jadi, jangan salah lagi ya. Kalau kamu mau memudarkan dark spots tapi hanya pakai skincare dengan kandungan Hyaluronic Acid, aloe vera, atau Ceramide, tentu itu tidak efektif. Sebab, bahan-bahan tersebut lebih cocok untuk melembapkan kulit.

Kalau kamu sudah punya produk dengan kandungan yang tepat, tugasmu selanjutnya adalah menggunakannya secara teratur agar dark spots yang membandel bisa memudar dan kulit tampak lebih cerah. Jangan lupa, gunakan sunscreen setiap hari ya, biar perlindungan dari sinar matahari tetap optimal, sehingga nggak menimbulkan dark spots yang baru. Selamat mencoba!

 

Image: Dok. brand, Pexels

Slow Down

Please wait a moment to post another comment