banner-detik

skin care

Bikin Kulit Usia 40-an Lebih Glowing, 5 Produk Ini Wajib Ada di Skincare Routine!

seo-img-article

Nggak boleh ketinggalan, ini 5 produk yang harus banget dipakai untuk merawat kulit usia 40-an!

 

 

Perawatan kulit usia 40-an tentu saja berbeda dengan ketika usia 20-an. Saat usia 20-an, menggunakan moisturizer dan sunscreen saja mungkin sudah cukup. Tapi, kulit usia 40-an punya permasalahan yang lebih kompleks, mulai dari kulit kering, noda-noda gelap, hingga kerutan. Untuk membuat kondisi kulit tetap lembap, kencang, dan memperlambat datangnya fine lines serta wrinkles, kamu harus menyertakan 5 produk ini di dalam skincare routine kamu!

Serum retinol

Ingat aging, ingat retinol. Nggak bisa dipungkiri, retinol memang bahan aktif yang sangat powerful untuk kulit usia 40-an. Kemampuannya banyak, mulai dari menstimulasi kadar kolagen dalam kulit, mengurangi garis-garis halus dan dark spots, hingga mengatasi jerawat. Yup, kulit usia 40-an masih bisa mengalami jerawat atau adult acne, lho! Jadi, gunakan serum retinol setiap malam (atau 2-3 kali seminggu untuk pemula), lalu gunakan moisturizer. Coba: Skintific Gentle-A Retinol Renewal Serum, serum retinol yang sekaligus mengandung Peptide, teksturnya ringan dan gentle untuk pemula.

Namun, kalau kulitmu ternyata sensitif terhadap retinol dan sudah beberapa kali coba beragam brand tetap nggak cocok, coba serum lain yang bisa mengencangkan kulit tapi tanpa kandungan retinol.

Baca juga: Bagus untuk Kulit Usia 30-an dan 40-an, Rangkaian Skincare Ini Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda!

Moisturizer yang mengandung Peptide

Peptide juga merupakan kandungan skincare yang sangat baik untuk kulit usia 40-an, karena fungsinya meningkatkan kekuatan skin barrier, mendukung produksi kolagen dan elastin sehingga kulit lebih kenyal, mengurangi inflamasi, hingga meminimalkan tampilan kerutan. Makanya, memilih moisturizer yang dilengkapi Peptide akan membantu kulit tetap kencang dan plumpy setiap hari. Coba: Glowlabs Peptide Moist, yang ringan di kulit tapi sangat melembapkan, harganya pun terjangkau.

Baca juga: Mengandung Edelweiss, Ini 5 Skincare yang Bisa Bikin Kulit Usia 40-an Lebih Awet Muda!

Sunscreen

Sunscreen bukan hanya melindungi kulit dari penggelapan dan terbakar yang disebabkan oleh sinar UVB, tapi juga memproteksi dari tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh sinar UVA. Makanya, produk skincare yang satu ini disarankan digunakan sejak dini hingga tua. Jadi, kamu yang sudah berusia 40-an jangan lupa pakai ya! Pilih yang SPF-nya minimal 30 supaya proteksinya maksimal. Kalau bisa, pakai juga yang punya kandungan Hyaluronic Acid untuk menjaga kelembapan, karena semakin tua kulit akan semakin kering. Coba: Shiseido Urban Environment Triple Benefits, yang diperkaya dengan antioksidan serta Hyalruonic Acid, bikin kulit terasa lembap tapi nggak lengket, karena teksturnya lightweight dan cair.

Baca juga: Punya Teknologi Canggih yang Bikin Youthful, Ini 5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Usia 40-an!

Eye cream

Waktu usia 20-an dan 30-an kamu masih malas pakai eye cream? Saat usia 40-an, produk ini nggak boleh di-skip! Bila digunakan secara rutin, eye cream akan membantu kulit area sekitar mata jadi tampil lebih fresh! Jika saat muda kamu memilih produk eye cream yang teksturnya lebih ringan seperti gel, ketika usia 40-an biasanya itu kurang efektif. Jadi, pilih formulanya rich dan creamy agar kelembapannya tahan lama. Kamu sebaiknya menggunakan eye cream dengan bahan-bahan seperti retinol, Peptide, Ceramide, squalane, ginseng, hingga marine collagen, untuk merawat elastisitas kulit area mata. Kandungan kafein juga bisa dipertimbangkan, karena bisa memberikan efek “wake up”, memberi energi pada kulit yang sering kali tampak lelah. Coba: Sulwhasoo Ginseng Eye Cream yang dilengkapi dengan ginseng, squalane, serta aplikator untuk memijat area sekitar mata agar lebih rileks dan nggak puffy.

Baca juga: Gimana Langkah-langkah Pakai Eye Cream yang Tepat?

Produk eksfoliasi

Kalau kamu jarang atau nggak pernah eksfoliasi, akibatnya kulit jadi kusam, dan sel kulit mati akan menumpuk, sehingga produk-produk skincare yang kamu pakai tidak meresap dengan baik dan tidak efektif. Sayang, kan? Jadi, gunakan exfoliating serum 2-3 kali seminggu, atau exfoliating toner setiap malam hari, supaya kulit lebih cerah, teksturnya lebih halus. Mengeksfoliasi kulit secara teratur sangat berguna bagi kulit usia 40-an, karena bisa memperbaiki regenerasi kulit yang seiring pertambahan usia mulai melamban. Coba: Avoskin Miraculous Refining Toner, yang mengandung AHA, BHA, PHA, dan Niacinamide untuk merawat pori-pori, mencerahkan kulit, dan menjadi collagen booster.

Baca juga: Kunci Kulit Supple dan Awet Muda, Ini 5 Toner Peptide yang Layak Dicoba!

 

Nah, itu dia 5 produk skincare yang wajib digunakan secara rutin oleh kulit usia 40-an! Kamu sudah pakai semuanya belum? Jangan lupa lagi ya, biar kulit tampak lebih segar, sehat, dan awet muda!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment