banner-detik

travel

7 Kuliner di Yogyakarta yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan!

seo-img-article

 

Jalan-jalan ke Yogyakarta rasanya kurang afdol kalau nggak kuliner khas kotanya. Catat beberapa tempat ini untuk bucket list kamu! 

 

Kalau kamu ada rencana ke Yogyakarta untuk liburan bersama keluarga atau orang tersayang, jangan lupa untuk cicipi berbagai macam kuliner khasnya untuk mendapatkan sensasi yang Jogja banget! Selain menghampiri kafe-kafe terbaru yang estetik, mencoba makanan-makanan tradisional di sana juga bakal jadi pengalaman yang menyenangkan. Kuliner Yogyakarta itu enak-enak dan memuaskan lho! Apalagi kalau kamu suka perpaduan rasa manis dan gurih. Berikut adalah beberapa destinasi kuliner Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi! 

Baca juga: Lagi di Yogyakarta? Ini 5 Cafe Aesthetic yang Wajib Dikunjungi!

 

Gudeg Yu Djum 

Jadi salah satu gudeg yang terkenal tanpa kuah dan dominan rasa manis, Gudeg Yu Djum memiliki banyak cabang. Namun dapur utamanya terletak di Mbarek, dan buka dari jam 5 pagi! Kamu bahkan bisa melihat proses masaknya yang masih menggunakan kayu bakar, lho! Gudeg Yu Djum sendiri sekarang terbagi jadi dua merek, yakni Gudeg Yu Djum Pusat dan Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Kalau kamu juga penasaran dengan cara pembuatannya, kamu bisa mampir ke Yu Djum Pusat! Harganya mulai dari Rp 17 ribuan saja. 

 

Gudeg Mbah Lindu

kuliner yogyakarta

Kalau Gudeg yang satu ini cukup fenomenal dan melegenda. Pasalnya, Mbah Lindu yang jual sudah aktif berjualan sejak sebelum zaman penjajahan Jepang. Kalau kamu ingin menikmati sensasi gudeg basah dari resep seorang Mbah legendaris ini, kamu bisa menghampirinya di Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen. Gudeg ini buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai 11 siang aja, jadi pastiin kamu nggak telat bangun ya! Harganya juga super murah yakni hanya Rp 15 ribu aja. 

 

Sate Klathak Pak Bari

kuliner yogyakarta

Sempat in frame di film ‘Ada Apa Dengan Cinta 2’, sate klathak hingga kini menjadi incaran para wisatawan yang datang ke Jogja. Sate Klathak sendiri adalah sate kambing, yang dibakar di atas bara api. Jika sate lain menggunakan tusuk sate, di sini menggunakan jeruji roda sepeda sebagai tusukan sate. Hal unik ini yang kemudian menjadi populer, rasanya nikmat serta memiliki daging yang juicy. Sate Klathak Pak Bari bisa kamu temukan di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No. 5, Bantul. Buka setiap hari dari jam 18.30 – 01.00 WIB, dan harga yang ditawarkan pun cukup affordable yakni, Rp 20 ribu per porsi. 

 

Soto Bathok Mbah Karto 

Nah, kuliner yang satu ini memang jauh dari jalan raya, tapi pengunjungnya nggak pernah sepi. Walaupun harus blusukan, tapi soto ini menyuguhkan pengalaman yang berbeda dari makan soto biasanya di mangkuk. Kamu bisa coba makan soto di batok kelapa. Soto sapi ini bisa kamu nikmati dengan pilihan gorengan yang tersedia.  Jika kamu ingin menikmati sensasi makan soto di batok kelapa, kamu bisa mampir ke Jalan Candi Sambisari No. 6, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Harganya juga super duper murah, yakni mulai dari Rp 6 ribu saja lho! 

 

Sate Kere Malioboro 

Bagi kamu yang nggak punya kolesterol tinggi, mungkin sate yang satu ini bisa masuk bucket list kamu. Jika sedang jalan-jalan ke Malioboro, jangan lupa untuk bungkus beberapa sate kere. Sate ini dijualnya per tusuk kisaran seribuan saja. Ada pilihan daging sapi, tapi paling banyak dijual adalah tetelan, kikil, dan jeroan lainnya. Rasanya manis dan sedikit gurih. 

Baca juga: Selain Tasya Farasya, Ini Influencers dan Seleb yang Akan Hadir di Yogyakarta x Beauty!

 

Oseng Mercon Bu Narti

kuliner yogyakarta

Buat kamu yang lambungnya aman-aman saja kalau makan pedas, oseng mercon satu ini jangan sampai kelewatan. Tapi kalau kamu nggak kuat pedas, dan memiliki kolesterol tinggi, boleh mundur teratur ya. Karena oseng mercon ini berisi kikil, daging, gajih, kulit, serta tulang muda, yang diguyur cabe rawit melimpah. Buka setiap hari mulai dari 18.00 – 23.00 WIB, Oseng Mercon Bu Narti ini bisa kamu temukan di Jalan KH Ahmad Dahlan, Ngampilan. Nggak perlu khawatir soal harga, karena satu porsi bisa kamu dapatkan seharga Rp 28 ribu. 

 

Rujak Es Krim Pak Nardi

Panas-panasan di Jogja tapi ingin yang segar? Kamu harus cobain rujak es krim Pak Nardi! Kombinasi unik antara rujak, dan es krim buatan sendiri membuat hari kamu yang lelah jadi lebih semangat jalan-jalan lagi. Seharga Rp 8 ribu saja, Rujak Es Krim yang buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB ini bisa kamu temukan di Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman. 

Baca juga: Unik & Nyaman, ini 5 Rekomendasi Hotel di Yogyakarta di Bawah Rp 1 Juta!

Itulah beberapa kuliner di Yogyakarta yang bisa kamu masukin ke bucket list kalau lagi jalan-jalan. Semoga bermanfaat ya! 

 

Image : Freepik.com, Dok. Gudeg Yu Djum, @apoedijono, Jogjakita, Visiting Jogja, Grab, @wiwiwmd

Slow Down

Please wait a moment to post another comment