banner-detik

skincare

Wajah Tetap Segar Walau Sedang Gerah, Ini Tips Bebas Kilap di Cuaca Terik!

seo-img-article

Cuaca terik menyengat selain gampang bikin cranky, juga gampang bikin tampilan wajah jadi kusam dan berminyak!

Cuaca yang sangat panas belakangan ini, bikin berkegiatan jadi kurang nyaman. Rasanya gerah, makeup pun gampang meleleh. Nah, biar wajahmu tetap fresh dan bebas kilap, kamu bisa lakukan beberapa cara mudah di bawah ini!

 

Pakai moisturizer yang oil-free

skincare untuk cuaca terik

Moisturizer dengan tekstur gel atau gel cream yang bebas minyak adalah opsi ideal. Kamu bisa merawat kulit tetap lembap dan skin barrier tetap terjaga kekuatannya, namun nggak bikin kulit jadi greasy dan mengilap. Kamu juga harus memerhatikan amount moisturizer yang dipakai ya. Nggak perlu terlalu banyak, yang terpenting merata untuk wajah dan leher. Coba: Clinique Moisture Surge 72 Hour Auto Replenishing Hydrator, Kiehl’s Ultra Facial Oil-Free Gel Cream.

Baca juga: Merz Aesthetics Rilis Belotero Revive, Solusi Dapatkan Bare Face Sehat

 

Pilih sunscreen dengan tekstur ringan

Sama seperti moisturizer, sebaiknya pilih sunscreen yang teksturnya lightweight sehingga kamu tetap nyaman seharian. Kamu juga bisa pilih yang memberikan hasil matte, bukan satin atau glowing. Sunscreen dalam bentuk spray juga bisa kamu gunakan! Pastikan SPF-nya tinggi, kalau bisa di atas 30, supaya bisa melindungi kulit dengan maksimal dari UVB. Pilih juga sunscreen dengan label “broad spectrum” atau PA dengan jumlah (+) lebih dari 2, yang mampu memproteksi kulit dari bahaya UVA. Kalau kamu aktif berkegiatan outdoor, jangan lupa reapply setiap 2 jam sekali. Coba: Laboré BiomeProtect™ Physical Sunscreen, Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk, Biore UV Fresh & Bright Oil Control Matte SPF 50+ PA+++.

Baca juga: Sun Care Juga Dipakai di Malam Hari? Intip Inovasi Produk Terbaru dari Anessa Ini!

 

Pilih complexion yang matte

Meskipun sekarang makeup yang finish-nya dewy dan glowing sedang tren dan banyak disukai karena memberi kesan kulit sehat dan natural, namun kalau cuaca terik dan kulitmu jenisnya berminyak, ada baiknya pakai yang matte saja, supaya wajah nggak terlalu oily. Kalau kamu punya banyak cushion atau foundation dengan glowing finish, kamu cukup membubuhkan loose powder setelahnya. Loose powder selalu bisa diandalkan untuk membuat wajah terlihat lebih matte. Coba: Rosé All Day The Realest Lightweight Powder Foundation, L’Oreal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation.

 

Selalu bawa blotting face paper

Blotting face paper adalah produk wajib bagi kamu pemilik kulit berminyak. Kecil, mungil, handy, tapi mampu menyerap minyak berlebih, jadi sangat diperlukan untuk dibawa ke mana-mana, apalagi di cuaca terik seperti ini. Sebelum kamu touch-up dengan cushion atau loose powder, sebaiknya gunakan dulu blotting face paper, agar makeup nggak rusak atau terasa lengket, wajah jadi bebas kilap. Coba: Clean & Clear Oil Control Film.

 

Rajin membersihkan wajah

Nah, poin satu ini simpel tapi penting banget. Saat cuaca terik dan banyak polusi, kamu harus lebih memerhatikan kebersihan kulitmu supaya nggak gampang muncul jerawat. Lakukan double cleansing terutama saat malam hari, supaya sisa makeup dan sunscreen terangkat sempurna. Jangan lupa untuk eksfoliasi 2-3 kali seminggu dengan exfoliating toner, exfoliating serum, facial scrub, atau peeling gel supaya sel-sel kulit mati, sebum yang berlebihan, dan kotoran yang menyumbat pori-pori bisa tereliminasi. Coba: CeraVe Foaming Facial Cleanser, La Roche Posay Effaclar Ultra Concentrated Serum.

Baca juga: Intip Skincare Routine Hailey Bieber dalam Merawat Dermatitis Perioral!

Itu dia tips simpel supaya kulit wajah tetap segar dan bebas kilap, walau cuaca sedang terik-teriknya. Jangan lupa diterapkan ya, terutama bagi pemilik kulit berminuak dan kombinasi! Pastikan untuk cukup minum air putih dan konsumi sayuran serta buah-buahan, karena kalau kamu segar dan terhidrasi dari dalam, bisa terpancar juga di wajahmu!

 

Image: Freepik, Dok. Brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment