banner-detik

beauty school

Ciptakan Kulit Awet Muda, Ini 7 Pilihan Treatment Non-Bedah untuk Atasi Kerutan!

seo-img-article

Untuk “menyulap” kulit jadi tampil lebih muda, segar, dan glowing, operasi plastik atau pembedahan bukanlah jalan satu-satunya.

 

Selain rutin menggunakan skincare dengan kandungan yang bisa menunda tanda-tanda penuaan, kamu bisa mengunjungi klinik kecantikan terpercaya untuk menunjang tampilan kulitmu. Awali dengan konsultasi dengan dokter, lalu lakukan treatment non-bedah yang sesuai dengan targetmu atau yang disarankan dokter. Ini tentu akan menciptakan look yang lebih optimal, jika dibandingkan dengan mengandalkan produk skincare yang kamu pakai di rumah saja.

Meski tidak memberikan hasil yang sama dramatisnya dengan operasi, namun treatment non-bedah juga efektif untuk mengencangkan kulit dan bikin kamu terlihat youthful. Keunggulannya:  down time atau recovery yang sangat sebentar dibandingkan dengan bedah, tidak meninggalkan scars, prosesnya cepat (bahkan setelahnya kamu bisa langsung ke kantor atau jalan-jalan!), risikonya lebih minim (bila ditangani oleh yang ahli dan profesional), hasilnya bisa bertahan hingga 1 tahun, dan harganya tentu tak semahal bila dibandingkan dengan tersentuh pisau bedah.

Ada banyak sekali pilihan treatment-nya. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing ya! Simak, yuk!

Radio Frequency (RF) 

Treatment ini dilakukan dengan cara mengirimkan gelombang radio pada kulit untuk menstimulasi produksi kolagen dan elastin pada kulit. Ini adalah opsi yang tepat kalau kamu mau mengurangi tampilan fine lines dan kulit yang sudah mulai tak sekencang saat remaja. RF biasa dilakukan di area wajah, seperti mengurangi kerutan halus dan efek letih di sekitar mata. Cocok untuk menangangi early signs of aging.

Baca juga: Supaya Selalu Tampil Segar dan Awet Muda, Ini Tips Jaga Kadar Kolagen di Kulit!

Ultrasound

Mirip dengan RF, treatment satu ini juga menggunakan energi untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. Namun, energi panas yang dihasilkan biasanya mencapai lapisan kulit yang lebih dalam dibandingkan dengan RF, sehingga hasilnya lebih terlihat dan bisa bertahan lebih lama. Bila diperlukan, setelah melakukan ultrasound, dokter akan memberikan obat pengurang rasa sakit. Treatment ultrasound ini cocok untuk mengencangkan kulit wajah, leher, dan decollatage yang kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Bikin Kulit Kencang bagai Pakai Botox, 5 Serum Ini Cocok untuk Usia 40-an!

Injactable Fillers

Pertambahan usia membuat kita kehilangan kolagen dan Hyaluronic Acid alami, sehingga beberapa area kulit wajah menjadi lebih ‘kosong’. Untuk mengisi kekosongan di antara sel-sel kulit tersebut, kamu bisa melakukan filler, treatment yang menyuntikkan gel Hyaluronic Acid untuk mengembalikan volume dan membuat kulit terlihat lebih plumpy. Bukan hanya itu, filler juga bisa membuat kulit yang sagging tampil lebih kencang, dan memperbaiki tampilan struktur tulang pada kulit yang aging, misalnya pada area pipi.

Botox

Dalam menangani kerutan, botox adalah treatment yang sudah terkenal sejak lama di industri kecantikan. Botox sering digunakan untuk memperbaiki tampilan crow’s feet di sekitar mata, kerutan di dahi (frown lines), hingga smile lines. Sebenarnya, botox secara teknis tidak membuat kulit wajah jadi lebih kencang. Cara kerja botox adalah dengan menghalangi sinyal yang bertanggungjawab untuk menggerakkan kontraksi wajah, sehingga membuat kulit terlihat lebih halus. Injeksi botox hanya butuh waktu beberapa menit saja dan tidak ada down time. Namun, ingat untuk melakukan secukupnya, karena injeksi botox yang berlebihan bisa membuat tampilan wajahmu jadi berbeda atau tampak sulit berekspresi.

Baca juga: Harus Ada di Skincare Routine Kamu, Ini 5 Skincare Ingredients yang Bagus untuk Bikin Kulit Awet Muda!

Chemical Peels

Chemical peels adalah treatment yang bisa dilakukan pada wajah, leher, dan tangan. Fungsi utamanya untuk memperbaiki tekstur kulit dan menghaluskan kulit. Cara kerjanya dengan mengaplikasikan cairan pada area yang ditargetkan, untuk mengeksfoliasi kulit secara mendalam. Hasilnya, kulit jadi lebih lembut dan bersih, tampilan garis-garis halus pun tampak berkurang. Selain untuk memperbaiki fine lines dan wrinkles, chemical peels cocok untuk menangani bekas jerawat, hiperpigmentasi, melasma, dan warna kulit tidak merata.

Baca juga: Mau Kulit Glowing dan Awet Muda seperti Song Hye Kyo? Ini 6 Langkah yang Bisa Dilakukan!

Microneedling

Microneedling juga merupakan salah satu yang bisa kamu lakukan untuk mengencangkan kulit. Tindakan ini menggunakan alat berupa jarum-jarum yang sangat kecil, yang baik untuk meningkatkan stimulasi kolagen pada kulit sehingga kulit tampak lebih segar dan muda. Menurut beberapa dokter, perpaduan microneedling dengan RF bisa memberikan hasil yang lebih bagus, jadi jangan ragu untuk berkonsultasi tentang hal ini ketika kamu mengunjungi klinik kecantikan. Setelah melakukan microneedling, kamu harus rajin menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dan mengurangi risiko inflamasi.

Baca juga: 4 Eye Cream dengan Kandungan Retinol Ini Efektif untuk Menunda Kerutan di Area Mata!

Laser 

Laser adalah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation, salah satu treatment kecantikan paling populer, yang menggunakan sinar kecil dan targeted, yang ditembakkan ke kulit. Laser punya banyak fungsi dan varian, mulai dari mengurangi sun spots dan melasma, menghilangkan tato, hingga mengencangkan kulit. Untuk kebutuhan mengencangkan kulit, laser bermanfaat meningkatkan kadar kolagen pada kulit, sehingga elastisitas kulit bisa terjaga.

Baca juga: Mau Tetap Segar dan Muda? 7 Serum Lokal Ini Bisa Diandalkan untuk Mendunda Penuaan!

 

 

Itulah beberapa pilihan treatment non-bedah yang bisa mengatasi kerutan, sehingga kulitmu tampil lebih segar dan youthful! Kamu sudah pernah coba salah satunya? Kalau belum, mana yang paling ingin kamu coba, sesuai dengan kondisi kulitmu saat ini? Meski tidak permanen seperti operasi, namun ada baiknya untuk riset lebih dalam, konsultasi lebih detail mengenai treatment yang ingin kamu lakukan. Penting sekali untuk pilih beauty clinic dan dokter yang terpercaya ya!

 

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment