sponsored post

Kulit Kencang Tanpa Iritasi, Ini Tips Pakai Retinol untuk Pemula!

seo-img-article

Ingin pakai skincare retinol pertama kali, tapi nggak tahu caranya yang benar? Intip tips dan trick di artikel ini biar kulit kamu nggak iritasi!

 

Retinol memang salah satu ingredients favorit di dunia skincare, karena punya begitu banyak manfaat bagi kulit alias serbabisa. Bahan aktif satu ini mampu menstimulasi produksi kolagen di kulit, bikin kulit lebih kencang dan kenyal, membantu menghaluskan kerutan, bikin kulit glowing dan dark spots memudar, hingga mengurangi jerawat. Namun, karena sifatnya yang powerful, para pemula diharapkan berhati-hati. Menggunakan retinol berlebihan atau dengan cara yang salah, bisa bikin kulit jadi kering dan iritasi!

Nah, kalau kamu adalah salah satu pemula yang baru mau mencoba retinol, sebaiknya kamu baca artikel ini sampai selesai. Ada poin-poin penting yang bisa kamu perhatikan agar hasil retinol tetap maksimal tanpa memberi efek buruk pada kulitmu. Simak yuk, tips dan trick di bawah ini!

Pilih retinol berbentuk essence

Retinol banyak sekali hadir dalam bentuk serum dan juga moisturizer. Tapi serunya, sekarang ini kamu bisa lho pilih produk retinol selain serum dan moisturizer, contohnya adalah essence. Yup, kini ada retinol berbentuk essence dari Pond’s Age Miracle! Memakai retinol dalam format essence ini lebih disarankan bagi pemula, karena kandungan retinolnya lebih ringan dan aman. Apalagi, Pond’s Age Miracle Hya-Retinol ini menggunakan jenis Retinyl Propionate, yang bekerja efektif namun lebih stabil dan lembut tanpa mengiritasi kulit.

Essence ini hadir dalam 3 varian yaitu Ultimate Hydra Essence, Ultimate Renew Essence, dan Ultimate Glow Essence, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Semuanya mengandung Hya-Retinol, perpaduan ciamik antara Hyaluronic Acid yang melembapkan kulit, dengan retinol yang menyamarkan tanda penuaan. Retinol yang digunakan dalam produk Pond’s Age Miracle ini bernama Retinol-C, sebuah kandungan dengan teknologi canggih yang bisa memperbarui sel-sel kulit secara terus-menerus, memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan garis-garis halus, mengurangi kerutan, serta membuat kulit tampil lebih bercahaya sehat karena regenerasinya berjalan baik.

Pond’s Age Miracle Hya-Retinol Ultimate Hydra Essence

Pemilik kulit kering yang mau pakai retinol nggak perlu khawatir lagi, karena essence ini diperkaya dengan 3 hydrating elixirs! Ada Hyaluronic Acid yang melembapkan dan menghidrasi kulit dari dalam, Niacinamide untuk mencerahkan dan meremajakan kulit, serta Bifida Ferment yang memperbaiki skin barrier serta bikin kulit glowing dan lembut!

Pond’s Age Miracle Hya-Retinol Ultimate Renew Essence

Kalau varian yang ini, diperkaya dengan 3 youth elixirs, supaya kulit tetap kenyal dan awet muda meskipun sudah di atas 25 tahun! Collagen bertugas menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, sementara red algae mengurangi garis halus dan kerutan, dan Peptides membantu mengencangkan kulit.

Pond’s Age Miracle Hya-Retinol Ultimate Glow Essence

Dilengkapi dengan vitamin C untuk membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda-noda gelap, essence ini cocok untuk kamu yang punya permasalahan kulit kusam. Ada juga Hexyresorcinol yang menghambat pembentukan melanin pada kulit, dan Niacinamide yang terkenal bisa membantu mencerahkan, menenangkan, serta menjaga keseimbangan sebum di kulit.

Kamu bisa mendapatkan ketiga produk ini di gerai Pond’s terdekat atau e-commerce kesayanganmu dengan harga Rp199.000 untuk ukuran 110 ml. Affordable banget, kan? Ideal nih untuk kamu yang sudah di atas 25 tahun dan ingin melawan tanda awal penuaan pada kulitmu. Merawat kulit sejak dini akan lebih bagus dibandingkan dengan menunggu kerutan muncul. Gunakan secara rutin sebelum kamu mengaplikasikan serum dan moisturizer, biar kulit lebih supple, plumpy, dan penyerapan skincare selanjutnya lebih maksimal!

Baca juga: Beautypedia: Retinal, Apakah Lebih Efektif dari Retinol untuk Mengatasi Tanda Penuaan?

Wajib pakai sunscreen setiap hari

Tahukah kamu kalau penggunaan retinol bisa membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap paparan matahari? Makanya, kamu wajib mengaplikasikan sunscreen setiap pagi dan rutin reapply agar kulit tetap terlindungi dari efek buruk sinar UVA dan UVB. Kalau kamu skip sunscreen sementara kamu rajin pakai skincare retinol, kulitmu akan jadi mudah memerah, bahkan bisa perih dan sunburn. Bukannya jadi glowing karena retinol, kamu malah mengalami kulit kusam dan iritasi!

Baca juga: 5 Skincare dengan Kandungan Edelweiss, Bisa Bikin Kulit Usia 40-an Lebih Awet Muda!

Nggak menggabungkan retinol dengan bahan yang bikin overexfoliating

Poin ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Memadukan bahan aktif dengan cara yang salah bukan hanya bentuk pemborosan uang dan produk skincare karena hasilnya tidak akan terlihat, tapi sekaligus bisa bikin kulit jadi sensitif dan iritasi. Retinol adalah bahan aktif yang nggak bisa sembarangan digabung dengan bahan aktif lainnya. Saat pemakaian retinol, sebaiknya kamu menghindari skincare lain dengan kandungan AHA dan BHA, karena kulit bisa overexfoliating yang ditandai dengan asa “ketarik”, perih dan kemerahan. Jadi, gunakan AHA atau BHA di hari yang berbeda dengan pemakaian retinol ya! Jangan lupa selalu lembapkan kulit dengan moisturizer setelah penggunaan retinol, AHA, maupun BHA.

Sebaiknya kamu juga menghindari memakai retinol bersamaan dengan Benzoyl Peroxide, karena keduanya saling menghambat satu sama lain, sehingga produknya jadi nggak ada gunanya dan nggak memberikan hasil apa-apa.

Baca juga: Kulit Kencang Tanpa Bikin Kantong Bolong? 3 Moisturizer Retinol yang Terjangkau Ini Wajib Dicoba!

 

Nah, itulah 3 hal yang perlu diketahui pemula soal penggunaan skincare retinol. Sekarang kamu jadi lebih paham, kan? Kalau kamu memilih produk dengan formula yang baik, tahu cara pemakaian yang benar dan rutin mengaplikasikannya, hasilnya pasti jadi optimal!

 

    Slow Down

    Please wait a moment to post another comment