banner-detik

beauty school

Beautypedia: Mengenal Blue Tansy, Kandungan Skincare yang Jago Atasi Kulit Inflamasi!

seo-img-article

Meski sudah pernah dipakai sebagai skincare ingredients sejak beberapa tahun lalu, kini blue tansy diprediksi ramai lagi di tahun 2023!

Sudah pernah dengar kandungan skincare bernama Blue Tansy? Kalau belum pernah dengar, kamu nggak sendirian kok, karena skincare ingredients yang satu ini memang belum sepopuler niacinamide, hyaluronic acid, atau yang lainnya. Meski belum setenar itu, tapi kandungan skincare ini dinilai punya segudang manfaat untuk kulit, khususnya sifat anti-inflamasi yang bikin kulit lebih tenang. Jadi makin penasaran kan, dengan kandungan yang satu ini? Yuk simak berbagai hal tentang Blue Tansy!

Baca juga: Bikin Kulit Kencang dan Glowing Layaknya Aktris Korea, 3 Alat Canggih Ini Worth to Try!

Apa itu Blue Tansy?

tumbuhan blue tansy

Blue tansy biasa dikenal juga sebagai Moroccan Chamomile, yang merupakan bunga yang tumbuh di Maroko. Seperti namanya, ingredients yang satu ini biasanya diolah menjadi oil yang berwarna biru. Namun, ada fakta menarik yaitu bunga ini sebenarnya berwarna kuning, tetapi akan menghasilkan warna biru gelap ketika proses penyulingan. Jadi, ketika proses distilasi dilakukan, komponen minyak berupa chamazulene akan dilepas dan menghasilkan warna biru pekat. Oh iya, biasanya ingredients ini digunakan pada produk skincare high-end, lho.

Baca juga: Kulit Jadi Glowing dan Bebas Noda Hitam, Toner Retinol Ini Bisa Bantu Lawan Penuaan Dini!

Manfaatnya apa saja sih?

Melembapkan kulit

Skincare berbentuk oil memang identik dengan fungsi melembapkan. Yup, ingredients yang satu ini tentunya juga dapat menghidrasi kulit secara optimal. Terlebih lagi, kandungan ini dinilai cocok untuk kulit sensitif sekalipun. Jadi, cocok buat kamu yang punya masalah kulit kering, maupun dehidrasi.

Anti-inflamasi

Punya masalah kulit inflamasi memang cukup tricky untuk pakai berbagai jenis skincare. Kamu perlu mencari skincare ingredients yang bisa meredakan peradangan tersebut. Menariknya, Blue Tansy ternyata bisa diandalkan untuk mengurangi peradangan, lho. Itu semua karena di dalamnya terdapat komponen utama berupa Sabinene yang merupakan agen anti-inflamasi, serta Camphor yang berfungsi mengurangi peradangan pada tubuh. Jadi, kalau kulitmu lagi kemerahan dan ada jerawat meradang, bisa cobain skincare yang mengandung ‘Si Biru’ ini!

Anti-bakteri

Selain bisa melembapkan dan mengurangi peradangan, Blue Tansy juga populer akan kemampuannya dalam mencegah timbulnya bakteri dan jamur pada wajah. Yes, di dalamnya terdapat Alpha Phellandrene dan Beta Pinene yang punya sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Sehingga, dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

Baca juga: Awet Muda di Usia 40-an, Coba Lakukan Kebiasaan Ini Biar Kulit Tampak Lebih Kenyal dan Berseri!

Skincare dengan kandungan Blue Tansy

skincare Herbivore dengan Blue Tansy

Kandungan skincare berwarna biru ini ternyata memang sudah dipakai oleh beberapa brand skincare yang high-end. Ada Herbivore Blue Tansy BHA and Enzyme Pore Refining Mask yang bagus untuk mengangkat sel kulit mati, melembutkan kulit, serta menenangkan kulit. Lalu, ada Herbivore Lapis Blue Tansy Face Oil – For Oily & Acne-Prone Skin yang ditujukan khusus untuk kulit berjerawat agar kemerahannya mereda.

Nggak hanya itu, Sunday Riley juga punya skincare dengan kandungan yang sama yaitu Luna Sleeping Night Oil untuk mengurangi wrinkle dan Blue Moon Tranquility Cleansing Balm yang bagus untuk mengangkat sisa makeup secara optimal.

Blue Tansy Mask Trueve

Kalau dari tadi yang saya sebutkan hanya skincare dari high-end brand, ternyata brand lokal juga punya skincare yang mengandung ‘Si Biru’ ini, lho. Yup, itu adalah Trueve Blue Tansy Clarity Face Mask yang kaya antioksidan dan bisa menenangkan kulitmu.

Yup, itu dia sederet hal tentang Blue Tansy, ingredients yang digadang-gadang sebagai pahlawan untuk mengatasi kulit yang inflamasi dan kemerahan pada kulit. Kira-kira, kamu tertarik mencoba skincare dengan ingredients yang satu ini, nggak? Comment di bawah, ya!

 

Image: Dok. Brands, Freepik, VOGUE

Slow Down

Please wait a moment to post another comment