banner-detik

nail corner

Kuku Rusak Setelah Pakai Nail Art Gel? Ini Tips Mengatasinya!

seo-img-article

Kamu suka pakai nail art gel tapi nggak suka dengan tampilan kuku rusak dan kering setelah nail gel-nya hilang? Coba deh, rawat kukumu lebih baik lagi!

Nail art gel memang terbukti lebih tahan lama dibandingkan nail polish biasa. Kukumu bisa tampil cantik lebih lama, warnanya nggak gampang mengelupas atau hilang. Bahkan, bisa stay sampai 1 bulan! Makanya, nail art gel cocok banget buat kamu si sibuk yang nggak bisa sering gonta-ganti warna cat kuku, atau bahkan kamu yang sering melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian hingga berkebun. Sayangnya, karena terlalu melekat, nail art gel sering bikin kuku asli jadi kering dan punya permukaan yang pecah-pecah. Berikut beberapa tips supaya kuku rusak bisa jadi sehat lagi!

1. Jangan lepaskan nail art gel secara paksa

nail art gel

Memaksa mencabut atau melepas nail gel yang masih melekat dengan sempurna pasti bikin kulit kuku aslimu pasti akan jadi lebih rusak, seperti terkelupas permukaannya. Kalau memang kamu mau remove, sebaiknya kamu datang ke nail salon untuk bantuan profesional. Mereka punya alat-alat khusus untuk membuat nail gel mudah lepas dan bikin kuku tetap tampak baik-baik saja setelahnya.

Baca juga: Rekomendasi Top Coat untuk Kuku Secantik Manicure di Salon

2. Gunakan nail buffer

nail art gel

Kikir permukaan kukumu dengan nail buffer sampai teksturnya jadi lebih halus dan bagian-bagian yang mengelupasnya menghilang. Lebih bagus lagi kalau kamu punya nail buffer dengan berbagai jenis, jadi ada varian untuk menghaluskan tekstur kuku, ada juga untuk membuat kuku lebih mengilap, misalnya Tammia Hi-Shine Nail Buffer. Setelahnya,kamu gunakan nail vitamin atau nail strengthener seperti O.P.I Nail Envy pada kuku-kukumu.

Baca juga: Kutikula Kering? Ini Cara Mudah Merawatnya!

3. Aplikasikan cuticle oil

nail art gel

Sama seperti kulit wajah atau tubuh, kuku dan kutikula juga butuh pelembap. Coba deh kamu rutin aplikasikan cuticle oil atau setiap hari, terutama setelah mandi dan memotong kuku. Gosok-gosok kukumu dengan oil tersebut dan biarkan menyerap. O.P.I Pro Spa Nail & Cuticle Oil bisa mengembalikan kesehatan kuku rusak dan membuatnya kembali kuat dan berkilau, karena mengandung perpaduan minyak grapeseed, cupuacu, sesame, sunflower, dan kemiri. Formulanya juga mudah meresap!

Baca juga: Yuk, Pilih Bentuk Kuku yang Sesuai untuk Kamu!

4. Pakai hand and nail cream secara rutin

nail gel

Hand and nail cream produk penting lho, apalagi selama pandemi ini kita diwajibkan mencuci tangan dan memakai hand sanitizer secara rutin, yang kadang bikin tangan jadi lebih kering. Menggunakan hand and nail cream secara teratur akan bikin kuku dan jari-jari tangan tetap lembap dan nggak kasar. Kuku rusak akibat sering pakai nail gel pun bisa berangsur pulih. Kamu bisa coba Sukin Hand and Nail Cream yang mengandung aloe vera dan vitamin E untuk merawat kulit, serta borage oil untk menutrisi. Produk ini juga paraben-free lho!

Baca juga: Avoskin Advanced Action Eye Ampoule, Perawatan untuk Area Mata Lebih Kencang

5. Beri jeda untuk melakukan nail art gel


Sesuka apapun kamu dengan nail gel, kalau bisa jangan dipakai terus-menerus ya! Setelah nail gel-mu lepas semua, kamu bisa beristirahat selama 3 minggu atau 1 bulan, kemudian baru deh pakai lagi. Kalau selalu tertutup nail gel, kuku aslimu jadi nggak bisa bernapas dan bisa makin rusak. Sama saja seperti memakai makeup, eyelash extension, atau mewarnai rambut. Kulit, rambut, bulu mata, dan kuku tetap butuh jeda untuk tampil polos apa adanya.

Baca juga: Kulit Tanganmu Kering? Ini 7 Hand Cream untuk Mengatasinya!

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kuku rusak akibat pemakaian nail gel terlalu sering. Ada lagi tips merawat kuku yang sudah sering kamu terapkan? Share di kolom comment ya!

 

Foto: Freepik.com, O.P.I, Sukin

Slow Down

Please wait a moment to post another comment