banner-detik

pro tips

Suka Overthinking saat Interview Kerja? Coba Lakukan Hal Ini Biar Interview Kerjamu Berhasil!

seo-img-article

Para fresh graduate, sini merapat! Kalau kamu masih suka overthinking saat interview kerja, lebih baik catat tips berikut agar kamu sukses saat interview kerja!

Nggak bisa dipungkiri, interview kerja memang jadi tahapan yang amat penting dalam proses recruitment pekerjaan. Selain melalui screening CV, para HR maupun user akan mengetahui kapabilitas kamu melalui interview kerja, lho. Nggak heran kalau interview kerja itu harus dipersiapkan dengan baik dan matang. Meski dalam prosesnya, kadang kamu merasa takut, bahkan overthinking saat interview. Mungkin beberapa pertanyaan juga terus muncul, misalnya “Kira-kira, apa saja yang akan ditanyakan ya?, “Aku bakal diterima di perusahaan ini nggak, ya?”, dan berbagai pertanyaan lain yang cuma ada di pikiranmu.

Baca juga: Atasi Kerutan di Area Mata, Ini 4 Eye Cream Lokal yang Cocok untuk Usia 40-an!

Kalau kamu sering mengalami hal tersebut, pas banget karena pada 11 Oktober lalu, Female Daily dan Lazada menyelenggarakan acara Female Daily Goes to Campus powered by Lazada! Berlokasi di Universitas Prasetiya Mulya, Female Daily membawakan sebuah topik yang amat berguna buat fresh graduate. Tak lain dan tak bukan yaitu seputar “Tips Anti Overthinking Pas Interview Kerja”. Narasumber yang hadir juga tentunya merupakan sosok yang sudah berpengalaman dalam bidang recruitment, mereka adalah Bani Wicaksono selaku Head of HR Female Daily Network dan Samuel Ray sebagai Employer Branding Manager dari Lazada Indonesia. Penasaran kan, kira-kira tips apa yang akan mereka bagikan supaya interview kerjamu berhasil? Simak artikelnya!

Tips anti overthinking pas interview kerja

Update profil LinkedIn dan lakukan personal branding

Sebelum melakukan interview, pastinya recruiter akan melihat profil LinkedIn-mu untuk mengetahui apa saja yang kamu lakukan, seperti kegiatan atau organisasi semasa kuliah, course yang diambil, hingga pekerjaan apa saja yang pernah kamu lakukan. Makanya, kamu perlu mengupdate profil LinkedIn supaya mempermudah recruiter ketika melihat profil tersebut. Kamu juga bisa lakukan personal branding di LinkedIn dan membentuk citra diri yang positif agar dapat menunjukkan kredibilitas dengan baik. Ketika profil LinkedIn terupdate, kamu nggak perlu terlalu overthinking saat interview kerja, deh!

Pastikan CV kamu nggak ada typo dan grammar yang salah

cek CV sebelum interview kerja

Hal ini wajib banget kamu lakukan sebelum mengirim lamaran pekerjaan! Ketika membuat CV, pastikan semua kata dan kalimatnya tertulis dengan benar dan nggak ada typo. Kalau kamu menggunakan bahasa Indonesia, tulislah dengan bahasa yang baku dan gampang dimengerti. Sedangkan kalau kamu membuat CV berbahasa Inggris, pastikan grammar-nya nggak ada yang salah biar proses interview kerja berjalan mulus!

Baca juga: Hobi Berkendara Motor? Ini 4 Sunblock Cowok yang Wajib Dipakai Biar Kulit Nggak Belang!

Pelajari tentang company yang kamu apply

Hal kecil namun punya pengaruh besar saat interview kerja! Supaya kamu nggak overthinking saat interview, coba pelajari dulu tentang company yang kamu apply. Jangan sampai, kamu nggak tahu apa-apa ketika ditanya seputar perusahaan yang diapply. Kamu bisa mempelajari seputar budaya kerjanya, apa saja produk-produk perusahaan tersebut, dan masih banyak lagi.

Lakukan eye contact dengan interviewer

lakukan eye contact saat interview kerja

Another tips yang perlu dilakukan saat interview kerja adalah melakukan eye contact dengan interviewer. Dengan melakukan eye contact, artinya kamu menghargai recruiter, sekaligus bisa menunjukkan keseriusanmu untuk masuk ke perusahaan tersebut. Pokoknya, ketika kamu interview kerja, jangan sampai pandanganmu itu kemana-mana dan nggak fokus dengan orang yang ada di hadapanmu, ya!

Berpenampilan rapi saat interview

berpakaian rapi saat interview kerja

Nggak harus pakai baju bernuansa hitam dan putih kok saat interview kerja. Yang paling penting, penampilanmu rapi dan presentable untuk bertemu dengan recruiter. Kamu bisa memakai pakaian formal, seperti kemeja serta celana bahan. Namun, jika ada dresscode yang ditentukan, kamu wajib mengikuti dresscode tersebut. Selain pakaian, perhatikan juga tampilan wajahmu ketika akan interview kerja. Buat para perempuan, pakai makeup adalah salah satu hal yang bisa elevate penampilanmu, lho. Pakailah makeup secukupnya, jangan sampai terlalu berlebihan, ya!

Tips pakai makeup untuk interview kerja

makeup yang benar untuk interview kerja

Supaya penampilanmu terlihat presentable, kamu bisa mengikuti tips makeup beriku! Pertama, lakukan skin prep dengan memakai skincare, agar hasil makeup nggak cakey. Kemudian, pilih complexion product yang ringan dengan medium coverage agar kulit terlihat lebih flawless, tapi nggak dempul. Lalu, gunakan blush supaya makeup terlihat lebih fresh! Kamu juga bisa pakai mascara biar bagian mata terlihat lebih terbuka dan nggak sayu, lho. Terakhir, pakailah lipstik berwarna netral agar bibirmu nggak pucat. 

Baca juga: Intip Cerita di Balik Penampilan Elegan Erina Gudono saat Acara Resepsi Malam!

Keseruan lain di Female Daily Goes to Campus powered by Lazada

Selain talkshow yang super insightful, acara Female Daily Goes to Campus ini juga punya sederet activity lain yang menyenangkan! Ada demo makeup yang dilakukan oleh Shella Sanjaya, Senior Editor Female Daily sekaligus MUA professional. Ia membagikan tutorial makeup yang pas untuk interview kerja, serta memberi tips dan trik yang bermanfaat. 

Nggak cuma itu saja, ada pula claw machine Lazada di lobby gedung PMBS yang memungkinkan 100 mahasiswa peserta FDGTC untuk mendapat beauty product gratis dengan memainkan claw machine tersebut!

Nah, itu dia beberapa tips penting yang bisa kamu terapkan supaya nggak overthinking saat interview kerja. Bermanfaat banget, kan? Kalau kamu sendiri, biasanya hal apa sih yang dilakukan supaya mengurangi overthinking pas interview kerja? Comment di bawah, ya!

 

Image: Dok. Female Daily, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment