banner-detik

bath n body

WAJIB TAHU! Ini Dia Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya!

seo-img-article

Jangan merasa terkucilkan, kamu bisa kembali tampil percaya diri dengan badan yang wangi! Namun sebelumnya, ketahui dulu penyebab bau badan dan cara mengatasinya!

Belakangan ini, sedang viral di media sosial perihal teguran salah satu Universitas di Aceh yang mengeluarkan surat resmi untuk mahasiswanya yang memiliki bau badan. “Sehubungan dengan banyaknya mahasiswa yang memiliki bau badan, padahal kegiatan belajar dan asistensi dengan dosen akan memberikan waktu yang banyak untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini menyebabkan banyaknya keluhan dosen terutama pada saat asistensi,” tulis pengantar surat tersebut. 

Jelas hal ini terdengar lucu bagi sebagian orang. Tapi nggak bisa mengesampingkan fakta bahwa bau tak sedap tersebut juga bisa menghambat proses aktivitas yang sedang berlangsung. Itu semua karena sensitivitas indra penciuman masing-masing orang sangat berbeda. Untuk itu, penting banget buat kamu tetap menjaga badanmu tetap bersih meskipun kegiatanmu padat. Berikut adalah beberapa penyebab dan juga cara untuk mengatasi bau tak sedap di tubuh! 

Baca juga: Nggak Bikin Kulit Kering, Sabun Mandi Ini Layak untuk Kamu Miliki!

Penyebab Bau Badan

penyebab bau badan

Penyebab bau badan bisa terjadi karena beberapa hal. Selain malas membersihkan tubuh dan juga jarang mengganti pakaian, makanan ternyata bisa memengaruhi hal tersebut, lho! Lifebuoy membagikan, bahwa ketika kamu mengonsumsi makanan, tubuh membutuhkan asupan zinc dan magnesium untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan meminimalkan risiko bau tak sedap di tubuh. Kamu juga harus membatasi makanan yang beraroma kuat, seperti bawang, keju, daging kambing, dan kandungan kafein yang ternyata bisa mudah menimbulkan bau tak sedap. 

Baca juga: Ciptakan Pengalaman Mandi seperti Sultan, Ini 4 Body Wash Mewah yang Patut Dilirik!

Cara Mengatasinya

cara mengatasi bau badan

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Yang pasti, kamu bisa membatasi konsumsi makanan dan minuman tertentu. Seperti yang ditulis di atas bahwa makanan beraroma kuat jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, jangan biarkan tubuh kamu berkeringat terlalu lama. Jika sekiranya sudah ada tanda-tanda keringat menetes, segeralah menyeka dengan handuk kecil atau tisu. 

Kamu juga perlu ganti pakaian secara berkala. Biasanya, anak kosan yang masih kuliah terkadang malas ganti pakaian karena merasa bajunya masih bisa dipakai. Padahal, ketika baju tersebut sudah dipakai aktivitas seharian, semua kotoran sudah menempel di baju tersebut. Lalu, kamu juga bisa rutin mencukur bulu ketiak, supaya nggak menghambat penguapan keringat. 

Gunakan produk deodoran yang tepat 

deodoran untuk bau badan

Salah satu cara untuk mengatasi bau tak sedap di badan adalah menggunakan deodoran. Tapi ternyata nggak semua deodoran berfungsi dengan baik di kulitmu. Justru, ada beberapa deodoran yang akan menyebabkan bau badan. Nah, kamu bisa memilih deodoran yang mengandung alumunium chloride. Senyawa tersebut diklaim mampu mencegah timbulnya keringat berlebih. 

Baca juga: Penuh Sensasi Dingin, Ini Dia Koleksi L’Occitane Verbena Mint yang Limited Edition!

Mandi teratur, minimal dua kali sehari 

Siapa di sini yang menjadi penganut hemat air? Yup, meskipun sesayang-sayangnya dengan air, sayangi dirimu juga untuk tetap wangi sepanjang hari. Salah satu kunci penting agar tetap bersih, tentunya dengan melakukan mandi secara rutin. Tak dapat dipungkiri bahwa penyebab utama bau badan adalah pengaruh aktivitas bakteri. Sehingga langkah paling efektif untuk mencegahnya adalah rajin mandi, minimal dua kali sehari. Jangan lupa juga untuk memilih sabun yang bersifat antibakteri, supaya efektif membasmi kuman penyebab bau badan. 

Nah, itulah penyebab dan beberapa cara mengatasi bau badan. Semoga bermanfaat! 

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment