banner-detik

sponsored post

Jangan Abaikan Aroma Menyengat saat Menstruasi, Yuk Cari Tahu Penyebab dan Solusinya!

seo-img-article

Sering merasa risih dan terganggu dengan bau menyengat saat menstruasi? Ada beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hindari, simak tips lengkapnya di sini!

 

Menstruasi merupakan siklus alami yang dialami setiap perempuan. Namun, beberapa gejala yang muncul selama periode ini seringkali membuat kita merasa nggak nyaman. Selain iritasi dan lembap berlebih, bau menyengat bisa jadi salah satu hal yang paling mengganggu. Sebenarnya beberapa jenis aroma vagina, seperti aroma logam, masih tergolong wajar saat menstruasi. Tapi kalau baunya menyengat seperti bau badan, bau busuk, atau amis, tandanya kondisi ini perlu perhatian lebih.

Baca juga: Ini 4 Mitos tentang Menstruasi yang Sering Dipercaya! Seperti Apa Faktanya?

Bau menyengat bisa disebabkan oleh menstrual hygiene yang buruk, bakteri dan jamur. So, kalau kamu pernah atau sedang mengalaminya, jangan diabaikan ya! Berikut kebiasaan yang perlu dihindari saat menstruasi dan cara mengatasinya.

 

Jarang mengganti pembalut

Penyebab bau menyengat saat menstruasi

Salah satu penyebab utama bau tidak sedap saat menstruasi adalah jarang mengganti pembalut. Darah menstruasi merupakan media yang bisa mendukung pertumbuhan bakteri. Jika pembalut tidak diganti secara teratur, bakteri dapat berkembang biak hingga akhirnya mengeluarkan bau tidak sedap.

Tips: Gantilah pembalut setiap 4-5 jam sekali, bahkan saat aliran darah tidak terlalu banyak. Rutinitas ini akan membantu mengurangi risiko pertumbuhan bakteri dan mencegah bau tidak sedap.

 

Tidak menjaga kebersihan area kewanitaan dengan baik

Kebersihan area vagina sangat penting selama menstruasi. Kalau kamu nggak menjaga kebersihannya dengan baik, pertumbuhan bakteri dan jamur yang berlebihan bisa terjadi. Hal ini juga jadi pemicu timbulnya bau tak sedap.

Tips: Bilas organ intim menggunakan air, jika memungkinkan dengan air hangat, setiap kali kamu mengganti pembalut. Pastikan juga arah membilasnya benar ya, dari depan ke belakang, lalu keringkan. Hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi atau bahan kimia keras karena bisa mengganggu level pH di vagina dan menyebabkan iritasi. 

 

Memakai celana dalam berbahan sintetis yang ketat

Tips memilih celana dalam saat menstruasi

Baca juga: Bantu Ketahui Siklus Menstruasi, Apakah Menggunakan Period Tracker Penting?

Pakaian dalam yang terlalu ketat atau terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat, bisa menyebabkan area feminin jadi lembap berlebih. Kelembapan yang berlebih menjadi lingkungan ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Tips: Pilih celana dalam yang terbuat dari bahan katun agar bisa menyerap keringat dengan baik, dan pastikan tidak terlalu ketat, ya! Kamu juga bisa membawa celana dalam ekstra agar bisa ganti jika sudah terasa berkeringat, lembap, atau nggak nyaman.

 

Salah memilih pembalut

Pembalut yang tidak cocok dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu juga bisa jadi penyebab munculnya bau tak sedap. Beberapa perempuan kemungkinan memiliki alergi atau sensitif terhadap bahan tertentu dalam pembalut, sehingga menyebabkan iritasi dan meningkatkan risiko infeksi.

Tips: Pilih pembalut yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu. Sebaiknya pilih pembalut yang telah teruji klinis, bisa memberikan sirkulasi udara yang baik, dan mengandung ekstrak bahan alami.  

Hers Protex Naturals Daun Sirih

Nah kali ini, FD punya rekomendasi pembalut yang bisa kamu coba untuk menghindari berbagai permasalahan saat menstruasi, termasuk bau menyengat. Say hello to Hers Protex Naturals Daun Sirih! 

Rekomendasi Pembalut: Hers Protex Naturals Daun Sirih

Berikut beberapa alasan kenapa kamu perlu mencoba Hers Protex Naturals Daun Sirih:

Bahan antibakteri alami

Pembalut ini dilengkapi lapisan ekstrak alami daun sirih yang sudah dikenal dari generasi ke generasi mampu membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan menjaga kebersihan area kewanitaan.

Menyerap cepat, 0.5 detik!

Ada Quick Absorb Zone 0.5s yang merupakan area terkonsentrasi untuk menyerap cairan dengan cepat, hanya 0.5 detik aja! Teknologi ini bikin kita merasa tetap kering, nyaman, dan bebas bau  selama menstruasi.

Sirkulasi udara baik

Breathable layer pada Hers Protex Naturals Daun Sirih mencegah lembap berlebih di area kewanitaan. Selain itu, bagian pinggiran yang lembut membantu melindungi bocor samping sekaligus mencegah iritasi ketika bergesekan dengan kulit. 

Nggak hanya itu aja, Hers Protex Naturals Daun Sirih juga hypoallergenic tested, jadi memang benar-benar teruji secara klinis nyaman digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan yang sensitif sekalipun. Oh ya, buat kamu yang terbiasa mencuci pembalut, formulanya juga non-gel sehingga lebih mudah dan nggak “ngembang” saat dicuci.

Aksi nyata wujudkan menstruasi #antirisih bagi perempuan Indonesia

Edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi dari Plan Indonesia

Yup, ini juga jadi salah satu alasan penting untuk pilih Hers Protex Naturals Daun Sirih. Selain menghadirkan kualitas pembalut yang baik dan teruji klinis, Hers Protex Naturals Daun Sirih juga mengajak perempuan Indonesia untuk berdonasi pembalut ke daerah Nusa Tenggara Timur dalam rangka Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia melalui campaign Hers for Her. Berkolaborasi dengan Yayasan Plan International Indonesia, Hers Protex bertujuan meningkatkan akses terhadap produk pembalut berkualitas serta mengangkat pemahaman seputar kebersihan menstruasi. 

Sebanyak lebih dari 1.200 pack pembalut Hers Protex Naturals Daun Sirih didonasikan beserta materi edukasi manajemen kebersihan menstruasi bagi perempuan usia remaja hingga dewasa di Desa Nagekeo, NTT. Sebagai aksi nyata lainnya dalam mewujudkan mentruasi anti risih, Hers Protex Naturals Daun Sirih juga menyediakan dispenser pembalut di fasilitas umum dan sarana transportasi publik lho, seperti commuter line di Jabodetabek.

Baca juga: Kupas Tuntas Soal Menopause dengan Ahlinya! Apa yang Harus Dipersiapkan?

Nah, semoga tips dan rekomendasi tentang rutinitas menstruasi di atas bermanfaat ya! Jangan lupa juga untuk share pengetahuan ini ke perempuan-perempuan di sekitarmu. Last but not least, utamakan kebersihan dan pemilihan produk yang tepat ya untuk mengurangi gejala-gejala yang tidak nyaman saat menstruasi, termasuk iritasi, gatal, dan bau menyengat.

 

Images: Dok. Freepik, Dok. Hers Protex Naturals Daun Sirih

Slow Down

Please wait a moment to post another comment