banner-detik

sponsored post

Hindari Makanan dan Minuman Ini Kalau Nggak Mau Kram Perut Ketika Haid!

seo-img-article

Sering mengeluh kram ketika haid? Tetaplah menjaga pola makan, supaya nggak terjadi kram yang menyakitkan ketika datang bulan! 

 

Sumber masalah para perempuan ketika haid bukan hanya mood yang rasanya nggak keruan, tapi juga kram perut. Sekalinya kram, rasanya nggak mau pergi kemana-mana, untuk beranjak dari kasur saja sudah cukup berat. Bahkan, pada sebagian perempuan, untuk berdiri saja nggak sanggup.

Jika kamu selalu mengeluhkan hal yang sama setiap bulannya, mungkin cara mudah yang bisa dilakukan adalah mengatur makanan yang masuk ke dalam perutmu ketika sedang haid. Sebab, beberapa makanan bisa memicu kram perut. Berikut adalah beberapa makanan maupun minuman yang bisa kamu hindari, yang membantu supaya tetap fit saat menstruasi!

Makanan asin 

kram perut

Siapa yang prinsip hidupnya ‘no MSG no life’? Nah, untuk kelancaran hidup kamu, sementara dibatasi dulu yang asin-asin. Sebab, makanan gurih atau dengan kadar garam tinggi bisa menyebabkan retensi atau penumpukan air. Sehingga perut kamu jadi kembung atau bloated. Inilah alasan kenapa sebaiknya kamu kurangi makanan asin dan MSG saat haid, supaya perutmu tetap terasa nyaman, terutama saat makan. 

Baca juga: Ingin Badan Tetap Ramping Walau Sering Ngemil? Ini Tipsnya!

Kafein 

kram perut

Gen Z dan Millenials nih biasanya sulit banget lepas dari minuman berkafein seperti kopi. Rasanya kalau nggak ngopi, nggak ada semangat kerja atau belajar, dan lifestyle pun jadi nggak lengkap. Sayang sekali, bagi kamu pencinta kopi, wajib menguranginya di masa haid, karena memiliki kafein yang bisa memengaruhi aliran darah dan memicu perut kembung dan kram. Alih-alih bikin kamu terjaga, konsumsi kopi berlebih saat haid bisa jadi malah bikin kamu jadi gampang lelah.

Baca juga: Kolesterol Tinggi di Usia 20-an? Ini Cara Mengatasinya!

Solusi Anti-kram

Nah, kalau kamu memang mudah merasakan kram saat haid, kamu bisa menggantikan konsumsi kopi dengan air mineral suhu ruangan atau yang hangat. Karena selain bisa bantu memenuhi cairan tubuh dan meningkatkan konsentrasi, minum air juga bisa bantu melemaskan otot sehingga bisa bantu menghindari kram pada perut dan memperlancar aliran darah.

Pastinya air mineral yang berkualitas dan mengandung mineral alami yang baik untuk tubuh seperti Le Minerale wajib jadi pilihan, supaya kram yang terjadi pada otot perut bisa diminimalisir dengan baik, jangan hanya asal memilih air mineral. Kandungan mineral esensial dalam Le Minerale dapat mendukung pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kamu. Le Minerale ini juga tersedia dalam bentuk galon, jadi bisa lebih mempermudah kamu saat ingin minum air hangat.

Bonusnya? Kalau kamu craving minuman manis, tapi harus menghindarinya, Le Minerale ini segarnya beda, karena mineral esensialnya terjaga. Makanya kamu akan bisa minum banyak, dan lupa akan keinginan kamu terhadap minum yang manis- manis.

Daging merah 

Kalau kamu beranggapan harus banyak makan daging-dagingan supaya selama haid jadi lebih kuat, sayangnya kamu salah. Ketika sedang haid, tubuh akan memproduksi hormon prostaglandin, yang membuat rahim akan berkontraksi dan juga mengeluarkan darah haid. Jika kadar prostaglandin tinggi, maka bisa berefek pada kram perut. Selain itu, menurut penelitan dari Fred Hutchinson Cancer Research Center, AS, konsumsi daging merah dua kali sehari bisa meningkatkan risiko gejala endometriosis sebesar 56%, di mana kondisi ini juga bisa memicu rasa sakit yang luar biasa saat kamu menstruasi.

Baca juga: Kulit Kering dan Sensitif? Ini 6 Kebiasaan Sepele yang Merusak Skin Barrier!

 

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu hindari ketika menstruasi, supaya kamu nggak  mengalami kram perut yang hebat yang bikin kamu nggak nyaman! Ada tips lainnya? Boleh share di kolom komentar ya!

 

Image : freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment