banner-detik

skin care

Kulit Kering dan Sensitif? Ini Dia 6 Kebiasaan Sepele yang Merusak Skin Barrier!

seo-img-article

Coba cek deh, apakah kamu melakukan kebiasaan yang bikin skin barrier kamu rusak selama ini?

Pembahasan perawatan kulit nggak akan sah kalau nggak menyebut soal skin barrier. Menjaga skin barrier merupakan salah satu kunci utama untuk mendapatkan kulit yang sehat karena berfungsi sebagai lapisan terluar yang melindungi kulit. Makanya, menjaga dan merawat kulit, sama saja dengan menjaga dan merawat skin barrier. Namun pada penerapannya, ternyata masih ada kebiasaan-kebiasaan sepele yang kita tidak sadari malah merusak skin barrier, lho! Baca selengkapnya di bawah ya!

Baca juga: 3 Tanda Skin Barrier Rusak yang Harus Diperhatikan

Eksfoliasi berlebihan

kulit kering merusak skin barrier

Karena skin barrier adalah lapisan terluar kulit, tentu eksfoliasi yang berlebihan akan membuat skin barrier semakin terkikis. Meski melakukan eksfoliasi itu baik untuk merangsang sel-sel baru tumbuh dan beregenarasi, terlalu berlebihan melakukan eksfoliasi justru akan membuat kulit semakin kering, meradang, dan menjadi semakin sensitif. Kulit yang menjadi terlalu sensitif juga termasuk salah satu ciri skin barrier yang rusak, lho.

Mencuci wajah terlalu sering

mencuci muka terlalu sering merusak skin barrier

Berapa kali kamu mencuci wajah dalam sehari? Kalau lebih dari 3 kali, wah berarti kamu sudah over washing! Mencuci muka diperlukan untuk membersihkan kotoran, minyak, debu-debu, polusi, bahkan menyapu sel kulit mati yang menempel di kulit seharian. Namun, bukan berarti kamu harus mencuci wajahmu terus menerus! Membersihkan wajah terlalu sering akan membuat kulit menjadi kering dan menghilangkan sel-sel kulit yang seharusnya melindungi kulit. Kamu cukup melakukannya dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. Jangan mencuci tiga kali sehari ya, kecuali wajahmu benar benar kotor, itupun harus segera diberi hidrasi ekstra setelahnya!

Menggunakan bahan-bahan yang terlalu keras

Ketika memilih produk perawatan, memperhatikan kandungan-kandungan di dalamnya menjadi sangat penting. Bukan hanya untuk mengetahui apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan, namun juga untuk mengetahui kandungan-kandungan yang harus kamu hindari! Kandungan tertentu meski bisa memberi hasil yang cepat, tanpa resep yang tepat, bisa membuat skin barrier justru rusak, meradang, dan worst-case, sampai membuat masalah kulit yang membutuhkan penanganan serius! Beberapa kandungan yang terlalu keras dan berbahaya untuk kulit adalah paraben, SLS, hydroquinone, alkohol, zat perwarna sintesis, parfum, triclosan, dan phthalates.

Baca juga: 6 Kandungan Skincare Ini Ampuh Menjaga Kekuatan Skin Barrier!

Tidak menggunakan sunscreen

Nggak habis-habis mengingatkan pentingnya sunscreen bagi kulit. Memangnya sepenting itu ya? Iya, sepenting itu. Sinar radiasi UVA dan UVB yang mengekspos kulit sedikit demi sedikit dapat menyebabkan penuaan, kulit terbakar, bahkan kanker kulit. Karena skin barrier menjadi pelindung terluar, maka sudah pasti akan menjadi yang pertama terekspos sinar ini. Meski tidak cepat terlihat, slow but sure, pasti lama-lama akan merusak skin barrier. Namun bukan hanya radiasi matahari saja lho yang bisa menyebabkan hal ini, sinar radiasi blue light dari gadget seperti smartphone dan laptop juga bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit. Nah, mulailah untuk memilih produk-produk sunscreen yang sudah bisa menangkal blue light, sekarang sudah ada juga lho produk sunscreen lokal yang bisa menangkal blue light!

Tidak menggunakan moisturizer

Basically, skin barrier is all about hydration. Moisturizer memiliki fungsi utama untuk menjaga dan memberi kelembapan pada kulit. Kulit yang sehat adalah kulit yang terlembapi dengan baik. Skin barrier sebenarnya terdiri dari berbagai layer yang memproduksi berbagai natural moisturizers yang sudah banyak kita kenal seperti ceramide, lemak, dan kolesterol. Semakin bertambahnya usia, produksinya akan semakin menurun, jadi perlu di-boost dengan hidrasi ekstra.

Baca juga: 5 Moisturizer Lokal Terbaru yang Bisa Menjaga Kekuatan Skin Barrier Kamu!

Kurang tidur

kurang tidur merusak skin barrier

How many of you gasp “that’s me” when you are reading this? Gaya hidup yang kurang baik seperti kurang tidur sebenarnya memberi pengaruh yang sangat besar pada kesehatan kulit dan skin barrier, lho. Bukan hanya tubuh saja yang beristirahat ketika tidur, ketika kulit beristirahat, kulit akan meregenerasi sel-selnya sekaligus memperbaiki dirinya dari kerusakan serta peradangan. Kurang tidur juga terbukti akan menurunkan kinerja skin barrier sehingga air dan kelembapan dari kulit akan hilang, alias, kurang tidur bisa membuat kulit kering. Makanya, ada beberapa produk yang dikhususnya untuk skin repairing saat malam hari, karena malam hari dan waktu istirahat begitu penting bagi kulit!

Itu tadi 6 kebiasaan sehari-hari yang mungkin sepele, namun bisa merusak skin barrier! Berapa banyak dari 6 kebiasaan ini yang mungkin kamu lakukan? Semoga bisa jadi pelajaran dan membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulit ya!

 

Images: freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment