banner-detik

lifestyle

Ingin Badan Tetap Ramping? Ini Tips Bakar Kalori Setelah Makan Malam!

seo-img-article

Jangan khawatir perut buncit setelah makan malam, yuk simak tips badan tetap ramping walau jajan di malam hari!

Siapa yang masih suka craving for food setelah jam 7 malam? Entah itu seblak atau martabak, makanan dengan kalori yang banyak tentu bikin pipi maupun perut jadi membengkak. Apalagi, makanan dengan kadar garam dalam MSG yang berlebihan juga bisa membuat pipi kamu menggembung. Nggak heran kalau makan ramyeon dan sejenisnya dilarang untuk K-Pop Idol yang mau melaksanakan promo ataupun tur konser, karena bisa mengganggu tampilan wajah dan tubuh mereka.

Tapi, buat kamu yang nggak punya kegiatan seperti K-Pop Idol, dan ingin mengupayakan tubuh tetap ramping walau gemar makan di malam hari, jangan khawatir! Ada beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan untuk membakar kalori setelah makan malam. Beberapa olahraga ini bisa kamu lakukan bersama bestie atau pasangan kamu, supaya makin bersemangat dan termotivasi!

Jalan kaki

Salah satu olahraga gratis yang bisa dilakukan setiap hari, bahkan nggak perlu dilakukan di luar rumah, adalah jalan kaki. Kamu tetap bisa melakukannya di dalam rumah, mondar-mandir dari ruangan A ke B lalu diulangi lagi. Bahkan kalau kamu punya tangga, jalan kaki dengan menaiki dan turun tangga bisa memangkas kalori di tubuhmu, lho.

Setidaknya berjalan sejauh 1,5 kilometer sehari dapat membantu bakar kalori sekitar 100 kalori. Kamu bisa berjalan kaki sekitar 10 menit setelah makan malam, hingga 30 menit per hari. Hal ini nggak perlu kamu paksakan jika kamu nggak terbiasa jalan kaki terlalu lama, karena akan menyebabkan ketegangan otot yang membuat tubuh kamu kelelahan dan nggak optimal untuk menjalani kegiatan sehari-hari kamu. Jadi, lebih baik bertahap saja ya. Awali dengan 10 menit per hari, lalu hari-hari selanjutnya ditambah jumlahnya.

Baca juga: Ini Dia Kebiasaan Pakai Skincare Refal Hady yang Bikin Dia Jadi Glowing!

Yoga

Kini, melakukan yoga juga nggak perlu keluar rumah. Buat kamu yang masih menjaga diri supaya nggak tertular virus Covid-19, kamu bisa melakukannya di rumah saja tanpa pergi ke studio yoga. Di internet, sekarang sudah banyak pilihan beberapa jenis olahraga yoga yang bisa kamu ikuti, mulai dari yoga ringan hingga yang berat mengeluarkan keringat. K

etika kamu melakukan yoga, kamu nggak uma memangkas kalori dalam tubuh, tapi kamu juga bisa mendapatkan ketenangan dengan gerakan yang dilakukan. Melansir dari beberapa sumber, satu sesi yoga sendiri dapat membakar sekitar 180-460 kalori, jauh lebih banyak dari jalan kaki selama 1,5 kilometer. Namun jumlah kalori tersebut tergantung dari gerakan yang diterapkan. Beberapa gerakan yoga yang dapat memangkas kalori, di antaranya adalah plank, chair, chaturanga dandasana, wheel, high lunge, sun salutations dan dolphin.

Baca juga: Contek Tips Berikut Biar Bentuk Tubuh Ideal Bisa Kamu Raih!

Lakukan satu jam setelah makan

Jangan langsung olahraga setelah makan, karena tubuhmu akan mengeluarkan kembali makanan yang telah masuk ke dalam perut. Untuk itu, penting mengukur waktu yang dilakukan ketika olahraga malam, yakni sekitar 30 – 60 menit setelah makan. Selain memperhitungkan waktu dari jam makan, juga kamu perlu memperhitungkan waktu sebelum tidur, yakni sekitar 60 – 90 menit setelah olahraga. Waktu ini diperlukan supaya tubuh kamu bisa memproses perasaan rileks yang dibutuhkan saat tidur. Jadi, memang sebaiknya ngemil malamnya jangan terlalu malam, biar kamu sempat olahraga dan tidurnya juga nggak terlalu larut.

Baca juga: Kolesterol Tinggi di Usia 20-an? Begini Cara Menurunkannya!

 

Itulah beberapa tips mudah olahraga ringan yang bisa kamu lakukan setelah ngemil di malam hari. Semoga bermanfaat!

 

Image : freepik.com, tvN

Slow Down

Please wait a moment to post another comment