lifestyle

Kolesterol Tinggi di Usia 20-an? Begini Cara Menurunkannya!

seo-img-article

Sering pusing dan tegang di bagian belakang? Jangan abai kesehatan, segera cek kolesterol dan pahami cara menurunkannya yuk!

 

Nggak bisa dipungkiri, gaya hidup generasi Z dan generasi sebelumnya sangat berbeda total. Kalau dulu makan siang wajib 4 sehat 5 sempurna, sekarang kebanyakan anak muda lebih memilih makanan yang mudah dipesan melalui aplikasi. Namun, sayangnya makanan yang tersedia nggak semuanya bisa memenuhi nutrisi yang kamu butuhkan. Alih-alih membuat kamu kenyang, jutsru membuat kamu pusing atau jadi mudah mengantuk.

Walaupun usia kelihatan masih muda, bukan berarti kita nggak menjaga kesehatan sejak dini, karena kamu hidup nggak cuma untuk hari ini saja. Umumnya kolesterol total yang normal berada di bawah 200, sementara di atas 240 sudah tergolong tinggi. Bagi kamu yang masih muda namun sudah memiliki kolesterol, ada baiknya untuk menghindari beberapa makanan dan minuman ini ya!

Kurangi makan gorengan

Walaupun gorengan sudah jadi menu wajib ketika buka puasa maupun meeting di kantor. Tapi kali ini harus dihentikan dulu, atau minimal kurangi jumlah gorengan yang masuk ke tubuh kamu. Karena gorengan mengandung banyak lemak yang bisa membuat jumlah kolesterol kamu melonjak. Kalau kamu terus mengonsumsi gorengan tanpa henti, bisa membahayakan tubuh kamu nantinya.

Ganti makanan lemak jenuh dengan protein

Selain gorengan, kamu juga perlu menghindari makanan berlemak tinggi. Seperti santan, kue, kuning telur, butter, keju dan sejenisnya yang bisa bikin leher belakang kamu kencang. Ada baiknya untuk mengganti beberapa makanan lemak jenuh tersebut dengan makanan lain yang tinggi protein, seperti ikan ataupun ayam. Bahkan daging sapi pun kalau banyak lemaknya bisa menaikkan kolesterol kamu, lho.

Kurangi alkohol

Buat anak muda yang masih suka menghabiskan akhir pekannya di bar dan minum alkohol. Coba ganti dengan minuman yang lebih aman untuk tubuh kamu. Medicine Net, menghimbau untuk nggak mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Meski kamu mengonsumsi sedikit alkohol, jumlah trigliserid dalam tubuh bisa melonjak.

Batasi minuman manis

Supaya nggak semakin tinggi angka kolesterolnya, sebaiknya kamu menghindari minuman yang mengandung pemanis buatan. Selain itu makanan ringan mengandung pemanis juga sebaiknya dihindari. Hal ini supaya menghindari kamu dari penyakit berkelanjutan yang akan datang di hari tua nanti. Jadi lebih baik, perbanyak konsumsi air mineral supaya tubuh kamu tetap sehat.

Makanan yang bisa dikonsumsi

Memang sih, nggak semua orang suka dengan sayur dan buah, tapi demi kadar kolestrol nggak naik, coba deh pelan-pelan mulai rutin makan buah dan sayur. Misalnya seperti, brokoli, wortel, tomat, pisang, apel, melon, dan makanan yang nggak mengandung banyak lemak.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu ketahui jika memiliki kolesterol tinggi, yang paling penting adalah jangan lupa rajin olahraga! Karena untuk menurunkan kolesterol, selain mengurangi makan berlemak juga harus berkeringat.

 

Image : Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment