banner-detik

beauty school

Kulitmu Kering? Ini 3 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Ciptakan Kulit Sehat dan Lembap!

seo-img-article

Pernahkah kamu mendengar Virgin Coconut Oil (VCO) bisa dipakai untuk kulit? Yup, minyak kelapa murni ini ternyata nggak cuma untuk dimasak atau dikonsumsi langsung, lho! 

 

 

Virgin coconut oil (VCO) diperoleh dari kelapa tua yang masih segar, dan diproses secara alami, tanpa dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi dan tidak dicampurkan dengan zat-zat kimia. Biasanya, VCO dijumpai di pasaran untuk membuat makanan, atau dikonsumsi langsung.

Namun, banyak juga yang memanfaatkan VCO untuk perawatan kecantikan. Tapi, pastikan bedakan penggunaan VCO untuk produk di dapur dan di meja rias ya. Kalau untuk wajah, sebaiknya kamu menggunakan VCO yang memang diproduksi oleh brand kecantikan, bukan brand bahan makanan.  Nah, buat kamu yang penasaran apa saja sih manfaat VCO untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Berikut adalah beberapa yang bisa kamu simak! 

Sebagai makeup remover 

Sekali usap, segala noda terhempas. Kamu bisa menggunakan VCO untuk menghapus makeup yang kamu kenakan, terutama untuk menghapus riasan mata yang cukup tebal dan waterproof, karena akan lebih mudah dihapus menggunakan makeup remover yang berbahan dasar oil. Kamu bisa menjadikan minyak kelapa ini sebagai first cleanser ya, jangan lupa lanjutkan dengan facial wash (second cleanser) dan bilas sampai bersih. Kamu juga nggak perlu takut menggunakan VCO ini karena nggak menghilangkan minyak alami di wajah, sehingga kulitmu tetap lembut. 

Baca juga: 8 Kesalahan Memakai Facial Wash yang Sering Sekali Ditemui!

Melembapkan kulit 

Kunci utama dalam menciptakan kulit yang glowing adalah dengan memberikan hidrasi pada kulit supaya tetap lembap dan ternutrisi. Untuk mewujudkannya, kamu bisa menggunakan minyak kelapa ini ke kulit wajah maupun kulit tubuh untuk menjaganya tetap lembap dan terhidrasi. Sebuah penelitian dari NCBI mengungkapkan, bahwa efek minyak kelapa secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit yang sama efektifnya dengan minyak mineral. 

Selain itu, minyak kelapa juga dapat meningkatkan produksi kolagen, karena memiliki kandungan asam laurat yang bisa membantu menjaga kekenyalan kulit. VCO ini pas banget buat kamu yang punya extra dry skin. Kamu bisa juga menggunakannya secara rutin di tubuh, terutama malam sebelum tidur, agar kulit nggak kering dan “ketarik”. 

Baca juga: Kulit Ekstra Kering? 5 Body Care dengan Kandungan Olive Oil Ini Bisa Diandalkan!

Membantu menyembuhkan luka 

Biasanya, kamu yang sering masak di dapur sering kena percikan minyak di bagian lengan ataupun di wajah. Jangan sedih, karena kamu bisa mengatasi bekas luka kamu dengan virgin coconut oil. Penelitian dari Skin Pharmacology dan Physiology mengungkapkan, bahwa minyak kelapa murni dapat mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu penyembuhan luka. Nggak cuma itu, peran anti-mikroba di dalamnya juga bisa mencegah infeksi yang terjadi pada kulit. 

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun yang Bisa Dipakai dari Ujung Kepala hingga Ujung Kaki!

Jadi, itulah beberapa kegunaan dan manfaat dari virgin coconut oil. Serbaguna, ya? Meskipun natural dan aman, serta mudah didapat dan harganya terjangkau, tapi ada do’s and don’ts juga, nihSebagai catatan, coconut oil ini sifatnya thick dan comedogenic, jadi tidak disarankan diaplikasikan di kulit wajah berminyak dan berjerawat, untuk menghindari penyumbatan pori-pori. Coconut oil punya sifat oklusif seperti oil lainnya, jadi dia sangat baik dalam mencegah penguapan kadar air di dalam kulit, namun cenderung greasy dan berat. Sehingga, ini lebih cocok untuk kulit sangat kering dan flaky.

 

 

 

Image : Freepik.com 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment