banner-detik

sponsored post

Kenapa Sih Warna Kulit Manusia Berbeda-beda? Simak Penjelasannya! 

seo-img-article

Ternyata ada alasan di balik warna kulit manusia yang berbeda-beda, lho. Kira-kira apa ya?

Pernah penasaran nggak, kenapa sih warna kulit manusia berbeda-beda? Ada yang warnanya terang, hingga gelap. Bahkan, di setiap negara juga punya ciri khas kulit yang beragam. Seperti di beberapa negara Eropa yang dominan berkulit putih, Indonesia juga punya kulit yang khas seperti kuning langsat, sawo matang, dan lainnya. Nah, mau tahu kan apa sih penyebab beragamnya warna kulit setiap manusia?

Penyebab warna kulit berbeda-beda

Warna kulit manusia

Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa warna kulit manusia berbeda-beda. Diawali dengan faktor pertama, yaitu pigmen. Yup, pigmen dalam kulit setiap orang tentu berbeda-beda, sehingga menjadi salah satu penentunya. Lalu, apa sih sebenarnya yang membuat pigmen berperan dalam pembentukan warna pada kulit? Nah, pigmen pada kulit ini disebut juga melanin yang dihasilkan oleh melanosit. Kalau melanin di dalam kulit sudah diproduksi, maka akan menyebar ke sel-sel kulit terdekat. Sehingga, distribusi dan penyebaran melanin inilah yang menentukan apakah kulit akan berwarna gelap atau terang. Semakin banyak jumlah melanin yang diproduksi, maka kemungkinan kulit menjadi lebih gelap juga makin tinggi.

Baca juga: YSL All Hours Foundation Versi Lama vs Versi Baru, Mana yang Lebih Unggul?

Warna kulit berbeda

Nggak hanya pigmen saja, ras juga memengaruhi adanya perbedaan warna kulit. Jadi, tiap individu juga akan mewariskan kulit dari nenek moyang masing-masing. Selain kedua alasan tersebut, faktor lingkungan juga berpengaruh. Salah satu faktor lingkungan yang memengaruhinya adalah paparan sinar UV maupun paparan sinar matahari. Paparan sinar tersebut bisa menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak melanin yang akan berpengaruh ke warna kulit. Kalau kamu sering terpapar sinar matahari, maka melanin di kulitmu semakin banyak dan kulit tampak lebih gelap, dan bahkan kusam serta kering. Makanya, masyarakat di beberapa negara dengan cuaca dingin cenderung punya kulit yang lebih cerah dibandingkan negara tropis seperti Indonesia.

Baca juga: Mengandung Amino Acid, Body Care dan Hair Care Ini Wajib Masuk ke Dalam Routine Kamu!

Punya warna kulit berbeda itu nggak masalah kok!

Warna kulit berbeda

Pernah insecure karena punya kulit yang berbeda? Entah warnanya terlalu terang, gelap, maupun kuning langsat? Mulai saat ini, kamu nggak perlu insecure lagi karena setiap kulit itu spesial dan punya kelebihan masing-masing, kok. Bahkan, warna kulit juga nggak bisa dijadikan standar untuk mengukur value setiap orang. Jadi, kamu sebagai perempuan Indonesia harus bangga dengan apapun warna kulit yang dimiliki. Karena. semua warna kulit itu sama dan tentunya cantik! 

Tapi, kalau kamu masih suka insecure dan nggak percaya diri dengan warna kulitmu, sini saya bisikin sedikit cara yang bisa kamu lakukan supaya bisa tetap percaya diri!

Baca juga: Tengok 3 Body Wash Lokal Ini! Bikin Sensasi Mandi Lebih Rileks!

Simak cara seru buat tampil percaya diri!

Nggak perlu ribet, kamu tetap bisa tampil percaya diri dengan warna kulitmu dan melakukan beberapa cara ini. Pertama, mulailah untuk lebih memerhatikan penampilan seperti merawat diri, mulai dari pakai skincare, body care, hingga rutin berolahraga. Nggak cuma bikin penampilan makin oke, tetapi merawat diri juga bikin kamu lebih sehat dan jadi salah satu bentuk self love.

Citra Bengkoang Natural UV

Nah, pilihan body care yang wajib kamu pakai yaitu body lotion. Nggak cuma melembapkan saja, body lotion dengan ingredients khusus juga bikin kulit tampak makin cerah. Eitss, jangan salah kaprah dengan kata ‘cerah’ ya, cerah bukan berarti berkulit putih. Jadi, tetap memperlihatkan keunikan warna kulitmu. 

Citra Bengkoang Natural UV

Salah satu body care yang menarik dicoba yaitu Citra Bengkoang Natural Glow UV! Kenapa harus body lotion Citra? Karena body lotion ini pas banget untuk kulit perempuan Indonesia dan sudah ada sejak lama. Selain itu, mengandung bahan asli Indonesia yaitu 100% natural bengkoang essence yang baik untuk melindungi kulit dan mencerahkan karena kaya antioksidan dan tinggi vitamin C. Nggak cuma itu saja, ada pula kandungan 20x glowing serum dari niacinamide untuk mengatasi kulit yang kusam, memperkuat skin barrier, sekaligus menghidrasi kulitmu! Menarik banget untuk dicoba, kan?

Yup, itulah penjelasan tentang mengapa warna kulit tiap orang berbeda. Ternyata ada beberapa faktor penyebabnya, lho. Meski begitu, semua warna kulit itu sama saja dan tetap cantik walaupun berbeda! Gimana nih, kamu sudah percaya diri dengan warna kulitmu, belum? Comment di bawah, ya!

 

Images: Dok. Female Daily, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment