banner-detik

made in indonesia

Ini 3 Tips Bergaya dengan Kain Indonesia seperti Para Aktris Ternama!

seo-img-article

Gimana caranya tampil dengan kain Indonesia, tanpa terlihat kaku dan membosankan? Intip beberapa tips di bawah ini, yuk!

 

Kain merupakan salah satu warisan budaya yang harus terus dijaga citranya dan dilestarikan. Bukan hanya batik, beragam kain tradisional Indonesia punya ciri khas dan keunikannya masing-masing. Setiap warna dan motif bahkan punya arti tersendiri.

Menggunakan kain Indonesia sebagai bagian gaya sehari-hari, adalah salah satu cara menjaga kekayaan budaya yang bisa kita terapkan dengan mudah. Nggak perlu khawatir, kain nggak melulu memberikan kesan vintage atau formal, kok. Semuanya tergantung dari cara kamu dalam mix and match-nya! Sederet seleb Indonesia pun sudah banyak yang gayanya melekat dengan kain atau kebaya. Beberapa di antaranya adalah aktris ini, yang bisa banget kamu jadikan inspirasi. Intip yuk, tips memakai kain Indonesia dengan lebih seru dan stylish!

Kenakan statement shoes, seperti Dian Sastro

Dian terkenal kerap membagikan foto OOTD-nya di Instagram. Aktris yang akan membintangi film baru berjudul ‘Gadis Kretek’ ini sering terlihat memakai kain Indonesia, baik seorang diri maupun saat hang out bersama teman-temannya. Perempuan berusia 40 tahun ini juga lekat sekali dengan salah satu brand kain lokal, Sejauh Mata Memandang.

Apa yang membuat style berkain Dian lebih stand out? Ia sering memadupadankannya dengan statement shoes, mulai dari pointy flat shoes dengan elemen fringe, sneakers putih dengan sol tebal, ankle boots, hingga sepatu hitam dengan aksen buckles yang mencuri perhatian. Yup, kain nggak hanya cocok dengan selop girly saja, kan? Dian juga suka mengeksplor kain yang dipakainya, nggak hanya batik, ia juga pernah menampilkan kain songket Palembang yang anggun dengan atasan kebaya Kutubaru. Yellow looks great on her! Memilih kain atau atasan dalam warna yang kamu suka juga bisa menambah percaya diri, lho!

Baca juga: Teduhnya Koleksi ‘Daur’ dari Sejauh Mata Memandang!

Kasual dalam kain klasik, seperti Putri Marino

Kalau gayamu kasual dan santai, intip deh style Putri Marino. Ia sering menjadikan kain Indonesia sebagai daily outfit yang memberikan kesan laid back. Hanya dipadukan dengan t-shirt, sandal, sneakers, dan sling bag, bahkan tanpa full makeup. Bila diperhatikan, Putri menyukai kain dengan warna-warna dan motif yang klasik, seperti kain batik dari Lasem. Kadang, ia juga menggunakan berbagai rancangan Lulu Lutfi Labibi yang penuh twist dan drapery.

Tampilan Putri ini bisa banget kamu contek untuk gaya sehari-hari untuk ke mall atau ke kafe, atau ketika kamu sedang berlibur di kota-kota Indonesia, seperti Jogja, Solo, Semarang, sampai Cirebon. Kamu sekalian bisa hunting koleksi kain batik dari sana!

Baca juga: Yuk, Jadikan Kain Indonesia sebagai Pakaian Sehari-hari!

Bermain dengan warna pastel, seperti Hannah Al Rashid

Nah, yang ini cocok banget untuk kamu penyuka warna pastel yang lembut sekaligus playful. Kamu tetap bisa jadi “cewek kue” dengan beragam jenis kain Indonesia! Lihat deh gaya Hannah yang konsisten dengan konsep Pastel Princess-nya.

Kain-kain berwarna hijau mint, pink, dan biru muda kerap jadi pilihan aktris berdarah Bugis dan Prancis ini. Untuk paduannya, ia mengenakan kebaya Kutubaru yang simpel, kebaya encim yang tidak dikancing, bahkan cute tube top, yang semuanya juga dalam nuansa pastel. Manis dan fresh, bikin tampilan jadi lebih muda! Nggak hanya pakai kain saat di Indonesia, bintang film ‘Aruna dan Lidahnya’ ini juga kerap berkain saat ia tinggal di London, lho. Kalau kamu suka dengan pastel look ala Hannah, intip deh kain batik Cirebon, batik Pekalongan, atau tenun Bali yang memang punya ciri khas warna-warna cerah.

Baca juga: Patut Diapresiasi! Butet Manurung Terpilih Jadi Barbie Role Model 2022!

 

Nah, itu dia tips pakai kain Indonesia dengan cara yang lebih seru! Nggak perlu takut dengan kesan “tua” atau “terlalu serius” ketika mengenakan kain ya! Kamu juga bisa menambahkan aksesori seperti obi, bros, kalung, atau anting-anting supaya tampilanmu makin maksimal!

Siapa yang sudah sering berkain seperti 3 aktris di atas? Seperti apa signature style kamu? Share ceritamu di kolom komentar ya!

Image: Instagram @therealdisastr, @putrimarino, @hannahalrashid

Slow Down

Please wait a moment to post another comment