banner-detik

lifestyle

5 Inspirasi Quality Time Bareng Si Kecil ala IKEA! Coba, Yuk!

seo-img-article

Selamat Hari Anak untuk semua anak-anak di Indonesia!

 

Perayaan Hari Anak Nasional yang jatuh pada Sabtu, 23 Juli 2022 lalu, punya tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Salah satu aspek penting yang perlu dilindungi dari anak-anak adalah tumbuh kembangnya, agar dapat memberikan dampak positif untuk masa depannya serta dapat memajukan bangsa.

Ada banyak hal yang dapat lakukan bersama anak-anak, agar membangun kedekatan seperti bermain dan melakukan berbagai kegiatan bersama. Anak yang bermain dan rutin berinteraksi dengan orang tua akan menjadi semakin terampil untuk berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, bergerak, dan bersosialisasi. Berikut adakah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama si kecil!

Memasak bersama untuk bangun rasa percaya diri

Memasak bersama anak tak hanya menyenangkan, namun dapat memberi sejumlah manfaat untuk anak, salah satunya adalah membangun rasa percaya diri. Ketika kamu melibatkan seorang anak kecil dalam memasak seperti membantu menyiapkan alat, bahan, dan ikut serta dalam proses pembuatannya, anak akan merasa bahwa dirinya dipercaya dan juga membangun rasa tanggung jawab.

Untuk melengkapi kegiatan memasak bersama anak, kamu bisa memberikan celemek TOPPKLOCKA dari IKEA, agar si kecil terlindung dari cipratan ketika memasak bersama dan membuat si kecil terlihat seperti seorang chef karena dilengkapi dengan topi koki. Lucu, kan? Usai memasak, jangan lupa untuk memuji mereka sebagai tanda bahwa kamu menghargai usahanya dan membuat mereka lebih percaya diri.

Baca juga:  5 Tips Bikin Area Dapur dan Ruang Makan Lebih Luas ala IKEA!

Mendongeng sebelum tidur untuk mengasah imajinasi

Siapa yang pernah kebingungan gimana caranya menidurkan anak atau ponakan yang aktif dan masih ingin bermain-main? Cara ini bisa kamu coba! Mendongeng kepada si kecil di malam hari selain dapat membantunya tidur dengan nyenyak, juga bermanfaat untuk mengasah imajinasi mereka. Melalui dongeng, anak kita akan membayangkan apa pun yang mungkin tidak ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Anak bisa membayangkan bagaimana hewan bisa berbicara, putri yang tinggal di istana, hingga tokoh dengan kekuatan super.

Ketika mendongeng, kamu bisa juga memeragakan dengan membuat shadow puppet dengan bantuan lampu dinding UPPLYST dari IKEA agar cerita yang lagi di dongengkan kepada si kecil terasa lebih seru! Semakin seru dan menarik ceritanya, semakin luas imajinasi anak dapat berkembang.

Baca juga: Tips Rumah Selalu Wangi Setiap Saat Seperti di Hotel Bintang 5

Roleplay bersama untuk mengasah keterampilan bersosialisasi

Seringkali kita mendapati anak mengajak kita untuk bermain dokter-dokteran, polisi-polisian, dan juga ibu-ibuan bersama dengan mainan dan boneka mereka. Nggak jarang juga para anak kecil sering mengajak tantenya atau ibunya untuk berimajinasi akan sesuatu. Ketika anak sudah memasuki tahap tersebut, beri saja ruang untuk bersosialisasi lebih baik.

Untuk memaksimalkan kegiatan ini, kamu bisa menggunakan mainan atau boneka untuk dijadikan seorang karakter ketika sedang bermain roleplay. Kamu dapat memberikan si kecil koleksi boneka DJUNGELSKOG dengan beragam karakter hewan, atau boneka jari TITTA DJUR dari IKEA. Semakin banyak boneka yang ada, maka anak akan lebih banyak menempatkan ‘peran’ dan menggunakan imajinasinya, sehingga kemampuan sosialisasi mereka pun meningkat.

Baca juga:  5 Tips Menikmati Quality Time Bareng Keluarga ala IKEA!

Membuat proyek seni bersama untuk mengeksplorasi kreativitas

Anak kecil kerap dipenuhi oleh rasa ingin tahu yang amat besar, sebagai orang yang lebih tua tentunya pernah dibombardir dengan seribu pertanyaan tentang bagaimana suatu hal terbentuk atau terjadi. Untuk memenuhi rasa keingintahuan mereka, orang tua dapat membuat sebuah proyek seni dengan mengombinasikan warna-warna yang ada menjadi warna yang baru ketika melukis dan menggambar. Proyek seni ini juga dapat menjadi sarana kita, sebagai orang yang lebih tua untuk memvisualisasikan jawaban untuk ribuan pertayaan si kecil.

Untuk membantu anak mengeksplorasi kreativitas mereka, dan juga memvisualisasikan suatu topik dan pembahasan baru kepada buah hati, rangkaian produk MÅLA dari IKEA yang lengkap dengan kapur, spidol, cat air warna serta kanvas mewarnai dijamin membantu mereka dalam mengeksplorasi dan menemukan warna baru.

Melakukan olahraga bersama untuk menjaga kesehatan

Selain melakukan kegiatan yang mengasah imajinasi, kreativitas dan juga membentuk tanggung jawab dan rasa percaya diri, penting juga untuk anak menjaga kesehatan mereka dengan berolahraga. Selain melakukan olahraga seperti sepakbola atau bulu tangkis, berjalan di pagi hari atau sore hari di taman kota juga cukup untuk mendorong anak kita untuk mengeluarkan energinya sambil mengeksplorasi dunia luar.

Jalan-jalan pagi atau sore hari sepertinya tidak lengkap tanpa membawa bekal untuk disantap di taman publik. Dengan botol minum IKEA 365+ anak dapat terus terhidrasi. Selain itu, tas FLADDRIG dari IKEA juga dapat memudahkan untuk membawa bekal yang sehat dan segar untuk disantap setelah jalan-jalan.

Itulah beberapa rekomendasi kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama anak. Kira-kira mana nih yang bakal langsung kamu coba?

Image : dok. IKEA Indonesia, Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment